10 Aplikasi Pengganti Google Play Terbaik

9287 views

Aplikasi pengganti Google Play – Industri telekomunikasi berbasis Android rupanya sedang berkembang dengan pesat. Betapa tidak, ratusan bahkan ribuan unit ponsel Android dilepas dan mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat penggila gadget.

Salah satu layanan yang pasti tidak bisa dipisahkan dari Android adalah Google Play Store. Aplikasi ini sendiri berfungsi selayaknya toko online yang menyediakan beragam kebutuhan aplikasi, buku, maupun file lain yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bermain gadget Anda.

Layanan resmi dari Google selaku pengembang Android ini memang cukup banyak menjadi andalan. Namun hal ini bukan berarti Play Store menjadi satu-satunya rujukan toko aplikasi pengguna gadget, sebab ternyata masih ada banyak aplikasi sejenis yang tak kalah menarik dan menawarkan pengalaman berbelanja terbaik.

Apa saja sih aplikasi pengganti Google Play yang sangat direkomendasikan? Yuk, simak informasi lengkap yang telah dihimpun oleh tim redaksi berikut ini:

Daftar Aplikasi Pengganti Google Play Store

  • Opera App Store
Appstore - Opera Mobile Store

Appstore - Opera Mobile Store

Salah satu aplikasi pengganti Google Play yang layak sobat coba adalah Opera App Store. Aplikasi ini merupakan browser berbasis toko aplikasi bagi pengguna telepon pintar yang dikembangkan oleh Opera Software ASA dan diluncurkan pada Maret 2011 lalu.

Toko aplikasi yang didukung oleh ratusan penyedia pihak ketiga ini pada akhirnya diakuisisi oleh Handster dan terus berkembang menjadi salah satu aplikasi pengganti Google Play terbaik dengan lebih dari 100.000 aplikasi. Layanan ini sendiri cukup dinikmati karena mampu mendukung sekitar 3000 model ponsel dengan platform berbeda, seperti Android, Java, BlackBerry OS, Symbian, iOS, hingga Windows Mobile.

  • AppBrain
Appstore - AppBrain

Appstore - AppBrain

AppBrain merupakan salah satu aplikasi pengganti Google Play yang bisa dinikmati oleh para pecinta gadget. Sobat yang ingin menjajal kemampuan toko online ini dapat langsung mengunjungi appbrain.com untuk melakukan proses pengunduhan dan instalasi aplikasi.

Sobat yang telah memasangnya dapat langsung menemukan aplikasi terbaik yang disusun melalui peringkat dan kategori. Jika tidak menemukannya, opsi search siap membantu kamu mencari aplikasi yang diinginkan. Beberapa aplikasi di tempat ini dapat dipasang secara gratis, namun banyak juga yang berbayar.

  • Good E-Reader App Store
Appstore - GoodEReader

Appstore - GoodEReader

Aplikasi pengganti Google Play satu ini memiliki tampilan antarmuka sangat sederhana yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitas maupun kemunculan. Salah satu hal yang cukup menarik dari layanan ini adalah adanya peringkat pengguna yang ditunjukkan tepat disebelah nama aplikasi. Hal ini tentunya sangat membantu user untuk memutuskan mengunduh atau tidak sebuah aplikasi.

  • F-droid
Appstore - F-Droid

Appstore - F-Droid

Apakah sobat menginginkan sebuah toko layanan aplikasi yang cukup menyenangkan dengan detail  yang jelas? Jika iya, maka kamu dapat mencoba menggunakan F-Droid yang berisi beragam aplikasi mudah diinstal tipe FOSS (Free and Open Source Software) terbaik.

Layanan ini selain memberikan ratusan aplikasi juga memberikan rincian beberapa versi aplikasi sesuai dengan tipe platform Android yang digunakan, seperti Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, hingga Marshmallow. Hal ini cukup menyenangkan bagi user karena dapat menginstal sesuai dengan aplikasi yang diinginkan.

  • AAOMarket
Appstore - AndAppOnline

Appstore - AndAppOnline

Sobat yang menginginkan toko aplikasi Android dengan layanan aplikasi gratis dapat memilih menggunakan AAOMarket yang berasal dari situs AndAppOnline.com. Layanan aplikasi pengganti Google Play satu ini diklaim tidak memiliki banyak penawaran aplikasi dibandingkan toko lainnya, namun terdapat garansi bahwa software yang ditawarkan memiliki fitur berkualitas.

Meski aplikasi pengganti Google Play Store ini cukup bisa diandalkan, namun tetap saja terdapat beberapa kelemahan. Salah satu yang paling terlihat adalah tidak adanya indikasi pengunduhan aplikasi sehingga pengguna tidak tahu estimasi waktu pengunduhan.

  • Mobo Market
Appstore - MoboMarket

Appstore - MoboMarket

Satu lagi aplikasi pengganti Google Play yang layak dijadikan pilihan untuk memenuhi gadget dengan software terbaik adalah Mobo Market. Toko aplikasi ini memiliki cukup banyak opsi penawaran bagi para pecinta gadget, mulai dari aplikasi, game, wallpaper, tema, dan lain sebagainya.

Mobo Market sebagai salah satu aplikasi pilihan terbaik juga memiliki forum diskusi yang bisa digunakan untuk bertanya dan berbagi dengan para pengguna lain. Kamu juga bisa melihat review sebuah software sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi. Mobo Market juga menyediakan manager built-in bagi pengguna yang ingin memantau unduhan yang sedang berlangsung atau melakukan instalasi dan mencopot aplikasi yang telah diunduh.

  • Amazon AppStore
Appstore - Amazon Appstore

Appstore - Amazon Appstore

Amazon AppStore adalah layanan pengganti Google Play terbaik yang dimunculkan pada 22 Maret 2011 dan telah berkembang cukup pesat hingga saat ini mampu menjangkau sekitar 200 negara. Toko layanan ini menyediakan ratusan aplikasi gratis maupun berbayar yang siap unduh kapanpun dan dimanapun sesuka hati.

Amazon AppStore juga menawarkan beberapa opsi menarik bagi para penggunanya. Aplikasi pengganti Google Play ini memiliki fitur “aplikasi gratis harian” yang memungkinkan sobat untuk mendapatkan penawaran aplikasi tertentu tanpa harus membayar sepeserpun. Pada peluncuran game Angry Bird Rio (Ad-Free) misalnya, Amazon menawarkan pengunduhan gratis pada para pengguna untuk merasakan sensasi bermain premium.

  • SlideMe
Appstore - SlideMe

Appstore - SlideMe

SlideMe juga bisa kamu jadikan sebagai opsi lain untuk mengunduh software tertentu. Aplikasi ini memilik tampilan antarmuka yang hampir sama dengan Google Play dengan desain sederhana dan navigasi mudah.

Kamu yang ingin mencoba kemudahan menggunakan aplikasi ini harus terlebih dahulu membuat akun yang ditawarkan secara gratis. Setelah itu, kamu dapat langsung menjelajah laman SlideMe untuk menemukan pilihan aplikasi terbaik. Oh iya, aplikasi ini memberikan pilihan pembatasan aplikasi per halaman dan jumlah screenshot yang ditampilkan untuk menghemat biaya data lho. Hmmm, cukup menarik ‘kan?

  • 1Mobile Market
Appstore - 1Mobile

Appstore - 1Mobile

Aplikasi pengganti Google Play ini menawarkan langkah paling mudah untuk menemukan dan mengunduh aplikasi maupun game terbaik secara gratis. Situs in memiliki ratusan pilihan software terbaik, seperti aplikasi, hame, Starter Kit, aplikasi edit foto, musik, dan lain sebagainya.

1Mobile Market disebut memiliki lebih dari 300.000 koleksi software gratis yang bisa diunduh kapanpun sesuka hati. Kamu bisa memanfaatkan layanan search untuk menemukan pilihan yang paling disukai.

  • Android Pit
Aplikasi pengganti Google Play - AndroidPit

Appstore - AndroidPit

Android Pit sebagai salah satu aplikasi Pengganti Google Play Store memiliki tampilan antarmuka sederhana yang tidak membingungkan para pengguna. Aplaikasi ini memungkinkan para pengguna gadget untuk mengunduh aplikasi secara langsung melalui PC maupun ponsel.

Baca juga Koleksi Aplikasi Edit Foto Android Terpopuler

Android Pit tidak hanya menjadi wadah menemukan aplikasi terbaik, namun juga menyediakan layanan “test” untuk kamu yang ingin memberikan ulasan sebuah aplikasi, melakukan screenshot, atau memberi peringkat. Hampir 50% aplikasi disini dapat diunduh secara langsung, sementara sisanya akan segera dialihkan ke Google Play Store.

Baca juga:

Ternyata terdapat cukup banyak aplikasi pengganti Google Play yang tersedia di pasaran ‘kan? Kini sobat tidak hanya dapat mengandalkan layanan resmi dari Google sebagai pengembang Android namun juga bisa memanfaatkan aplikasi  dari pihak ketiga. Dengan demikian, sobat bisa dapat memiliki pilihan lebih banyak untuk mendapatkan aplikasi yang paling diinginkan.

Jadi, manakah aplikasi pengganti Google Play Store yang paling kamu inginkan?

Tag:

    aplikasi pengganti google play service, aplikasi pengganti play store, aplikasi pengganti playstore, aplikasi pengganti google play, aplikasi pengganti playstore terbaik, pengganti playstore, apk pengganti play store, pengganti play store, aplikasi pengganti layanan google play, pengganti google play service

Tags: #aplikasi android terbaik #Aplikasi Pengganti Google Play