Cara Mudah Uninstall Aplikasi Bloatware (Bawaan System)

32266 views

Cara Mudah Uninstall Aplikasi - Banyak dari para pengguna Android terkadang risih dengan aplikasi bloatware yang terdapat di smartphone. Sebelum kita bahas cara menghapusnya, sebaiknya kita perlu mengetahui apa bloatware itu. Bloatware adalah aplikasi pihak ke tiga yang sudah terpasang di dalam smartphone sejak awal pembelian. Misalnya Speed Booster, RAM Booster, anti virus, maps, Evernote, dan lain-lain.

Bagi pengguna smartphone yang memakai RAM di bawah 1 giga, sedikit banyak aplikasi-aplikasi tersebut akan terasa mengganggu. Karena setelah smartphone tersebut diinstal beberapa aplikasi yang kita inginkan maka akan mengurangi performa gadget itu sendiri. Sebabnya adalah aplikasi sosial media yang selalu online tidak semuanya bisa dipindah ke memory card, contohnya Facebook atau BBM yang sangat banyak memakan RAM. Meskipun sedikit, pasti akan terasa lag atau bahasa kerennya lemot.

Atau dalam kasus lain Anda tak menyukai aplikasi bawaan tersebut dan ingin menggantinya dengan aplikasi yang lebih sreg di hati Anda. Misalnya saja Google Chrome dan Anda ingin menggantinya dengan UC Browser atau Dolphin. Sampai di sini Anda mengerti apa yang dimaksud bloatware, ‘kan? Baiklah sekarang kita bahas cara menghapusnya.

Berjuta-juta macam aplikasi bisa kita unduh dari Playstore, seperti game, launcher, editor foto, dll. Untuk cara mudah uninstall aplikasi bloatware ini kita akan menggunakan aplikasi bernama “System App Remover”. Penggunaannya sangat mudah, tapi perlu digarisbawahi bahwa smartphone Anda harus sudah dalam keadaan root. Aplikasi ini bukan hanya untuk menguninstal saja tapi juga bisa digunakan untuk menginstal, memindah, mencari bahkan menggandakan APK dalam sekali klik.

Cara Mudah Uninstall Aplikasi Bloatware

Pertama-tama install System App Remover dari Playstore. Setelah selesai keluar dari Playstore dan cari ikon bernama Uninstall. Karena nama System App Manager akan berubah menjadi Uninstall setelah dipasang.

Cara Mudah Uninstall Aplikasi

Kemudian cari aplikasi bloatware yang sekirannya tidak terlalu penting dan ingin anda hapus. Misalnya File Commander, browser, Chrome, peta, dll. Centang aplikasi tersebut satu-persatu, kemudian klik Uninstall. Hanya untuk pengingat saja, berhati-hatilah dalam memilih aplikasi yang akan dihapus. Jangan sampai anda menghapus aplikasi yang benar-benar system android, karena akan menyebabkan system error bahkan bootlop.

Cara Mudah Uninstall Aplikasi

Proses tersebut akan memakan waktu yang agak lama, karena langsung menghapus beberapa aplikasi.

Setelah selesai Anda bisa lihat di Recycle bin. Aplikasi yang Anda hapus tadi masih belum terhapus secara permanen dan Anda masih bisa menginstalnya kembali.

Cara Mudah Uninstall Aplikasi

Di sini adalah pilihan ada pada Anda, apakah Anda ingin menghapusnya secara permanen atau dibiarkan saja di situ. Jika Anda benar-benar yakin aplikasi tersebut tidak berguna bagi Anda, silahkan Anda bersihkan recycle bin tersebut. Dan Voila… Smartphone Anda akan terasa lebih responsif dari sebelumnya.

Begitulah cara mudah uninstall aplikasi bloatware. Semoga artikel singkat ini membantu Anda mengatasi smartphone yang lemot karena terlalu banyak bloatware. Jika Ingin mencobanya silahkan gunakan tautan di bawah ini. Semoga Sukses.

Sytem App Remover (root)

Tag:

    cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi, cara hapus aplikasi bawaan xiaomi, menghapus aplikasi bawaan xiaomi, cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi redmi 3, cara menghapus aplikasi bawaan asus, hapus aplikasi bawaan xiaomi, cara menghapus aplikasi bawaan di xiaomi, cara menghapus app store xiaomi, cara uninstall aplikasi bawaan xiaomi, cara menghapus aplikasi bawaan hp xiaomi

Tags: #cara uninstall aplikasi bawaan android #menghapus aplikasi bawaan android #menghapus aplikasi bloatware android #uninstall aplikasi bawaan android tanpa root #uninstall aplikasi bawaan di android #uninstall aplikasi bloatware