Cara Paling Gampang Membuat Aplikasi Android, Semua BISA!

1155 views

Cara Paling Gampang Membuat Aplikasi Android - Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa saat ini di play store Android terdapat beragam aplikasi gratis dan berbayar yang bisa didownload dan diinstall di perangkat yang berbasis Android. Manfaat sebuah aplikasi merupakan penyebab laris dan banyaknya aplikasi tersebut di download oleh para pengguna perangkat berbasis Android meskipun aplikasi tersebut berbayar. Hal  ini tentu merupakan peluang bisnis bagi orang yang mengetahui cara membuat aplikasi Android, dengan membuat beragam aplikasi berbayar yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pihak-pihak tertentu.

Cara Membuat Aplikasi Android

Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat aplikasi Android dengan mudah dan gampang menggunakan software gratisan yang bernama Android Studio. Sayangnya, software ini membutuhkan sedikit pengetahuan mengenai dasar pemograman, minimal program java.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Software Android Studio

Berikut ini langkah-langkah cara membuat aplikasi Android menggunakan software Android Studio”

Langkah Pertama : Instalasi

Langkah paling pertama pada cara membuat aplikasi Android adalah dengan mendownload atau mengunduh software Android Studio dengan mengelik link ini. Fungsi utama dari software tersebut adalah memudahkan Anda untuk membuat aplikasi Android melalui pc atau laptop.

Langkah Kedua : Membuat project baru

Setelah proses download selesai, selanjutnya Anda perlu membuka aplikasi tersebut dengan memilih menu “Quick Start” lalu memilih “Start a new Android Studio project”.

Selanjutnya akan muncul tab form “Application name” yang perlu diisi dengan nama aplikasi yang akan dibuat dan tab “Company Domain” yang diisi dengan nama (domain) perusahaan atau usaha Anda, lalu Anda tinggal memilih apakah akan mengisi atau mengosongkan tab “lokasi project”, lalu klik “Next”.

Selanjutnya centang “Phone and Tablet” lalu pilih minimum SDK (pastikan untuk menyesuaikan dengan perangkat Android Anda) yang tujuannya agar aplikasi tersebut sudah bisa langsung dicoba. Setelah itu klik “Next”, lalu pilih “Blank Activity”.  Pastikan untuk tetap membiarkan form tersetting default. Terakhir, klik “Finish” untuk menyelesaikan pembuatan project.

Langkah Ketiga : Melakukan editing “Welcome Message”

Langkah ketiga pada cara membuat aplikasi Android adalah masuk ke bagian activity_main.xml (Pastikan Design tab memang dibuka dengan tampilan activity_main.xml). Selanjutnya klik dan drag kalimat “Hello, world!” ke bagian tengah layar, lalu di bagian menu “project file system” pilih values folder. Selanjutnya klik dua kali “strings.xml”, lalu cari kata kalimat “Hello, world!” di dalam file tersebut. Anda juga bisa menambahkan ataupun mengganti kata apa saja yang Anda inginkan pada kata “world” dengan kata-kata sambutan lainnya. Setelah itu kembali ke tab “activity_main.xml” dan cek kembali kata-kata yang telah dibuat di bagian tengah layar.

Langkah Keempat : Menambah tombol

Langkah keempat pada cara membuat aplikasi Android adalah membuka Design tab pada tab “activity_main.xml”, lalu pada menu Paletter pilih opsi “Button”. Selanjutnya klik dan drag tombol tersebut dan letakkan di bagian bawah tulisan yang telah dibuat pada bagian tengah layar tadi. Pastikan sebelumnya kalau tombol tersebut masih terseleksi baru mengklik menu Properties, lalu pilih “text”. Tombol “New Button” tersebut bisa Anda ganti kata-katanya dengan kata-kata yang lebih tepat menurut Anda seperti kata “Lanjutkan”, “Mulai bermain”, dan sebagainya.

Langkah Kelima : Membuat second activity

Langkah kelima pada cara membuat aplikasi Android adalah dengan mengklik kanan menu “App”, lalu klik “New”, pilih “Activity”, lalu pilih “Blank Activity”. Anda bisa mengganti kata “activity” dengan kata-kata yang Anda inginkan, lalu klik “Finish”.

Selanjutnya Anda harus pastikan kalau Anda berada di Design tab ( activity_second.xml), lalu klik dan drag text box ke tengah layar. Selanjutnya cari “id text box” pada file, buka strings.xml. Jangan lupa untuk membuat line baru seperti “Selamat datang di halaman kedua” dibawah kata yang telah dibuat. Kemudian kembali ke tab “acitivity_second.xml” lalu  klik text box. Pada bagian panel Properties, silahkan mengklik “text”dan arahkan  ke [email protected]/second_page”.

Percobaan

Setelah menempuh lima langkah cara membuat aplikasi Android di atas, saatnya untuk mencoba membuka aplikasi tersebut dengan memilih atau mengklik tombol ikon play, lalu pilih device, lalu ceklis “launch emulator”, lalu pilih “OK”.

Selesai sudah langkah-langkah Cara Paling Gampang Membuat Aplikasi Android pada artikel kali ini. Mudah-mudah dengan membaca artikel ini Anda sudah bisa membuat aplikasi Android yang Anda inginkan. Semuanya tentu membutuhkan proses pembelajaran, tetapi jika Anda gigih dan pantang menyerah untuk melakukan trial dan error dalam membuat aplikasi Android, niscaya Anda akan berhasil nantinya. Ikuti terus updetan terbaru dari gadgetanda.com semoga berguna.

Tag:

    Cara buat Aplikasi musik, aplikasi apper, cara membuat aplikasi musik, cara membuat aplikasi musik android, cara membuat aplikasi pemutar musik menggunakan android, cara membuat kata sambutan di android, cara menggunakan apper, membuat aplikasi pemutar musik android dengan android studio, membuat aplikasi pemutar musik pada android studio

Tags: #cara membuat aplikasi android dengan android studio #cara membuat aplikasi android untuk pemula