Cara Reset Android Semua HP Seperti Baru

304 views

Cara Reset Android - Memiliki ponsel Android memang sangat menyenangkan, karena banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan saat menggunakan ponsel Android. Ponsel Android terkenal berkat kemudahan operasional dan kemudahan dalam melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Namun ada hal yang perlu diperhatikkan, ponsel Android yang mendapatkan terlalu banyak kustomisasi biasanya akan menjadi tidak stabil dan bisa saja sistem operasi menjadi rusak. Jika sudah terjadi seperti ini, biasanya banyak pengguna Android yang menjadi panik dan kebingungan.

Cara Reset Android Kembali Kepengaturan Awal

Selain masalah di atas, salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para pengguna Android adalah masalah lupa password. Baik lupa password untuk email Android, atau lupa password untuk membuka kunci yang biasannya berbentuk pola. Hal ini adalah sesuatu yang sangat menjengkelkan bagi banyak orang. Dan jika semua cara untuk membuka ponselmu masih belum juga berhasil, mungkin kamu harus melakukan factory reset agar ponsel Androidmu bisa digunakan lagi dengan normal.

Cara Reset Android Kembali Kepengaturan Awal

Factory Reset atau reset ulang adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ponsel Androidmu yang lupa password atau mengalami masalah lain. Jangan lakukan cara ini kecuali dalam keadaan mendesak. Hal ini dikarenakan ponsel yang melewati proses factory reset akan kehilangan semua datanya yang ada di memori penyimpanan internal. Jadi, harap waspada sebelum melakukan cara ini dan pastikan tidak ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain cara ini.

Berikut ini cara melakukan factory reset pada ponsel Android:

Jika ponsel Androidmu masih hidup dan kamu masih bisa menggunakannya untuk masuk ke menu Setting maka ikuti langkah berikut:

  1. Pertama pastikan posisi ponsel standby.
  2. Masuklah ke menu Settings.
  3. Setelah masuk di menu Settings pilihlah Privacy.
  4. Setelah itu masuk ke Factory Data Reset.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

 

Jika ponselmu dalam keadaan mati, bootloop, lupa password dan lain sebagainya sehingga kamu tidak bisa masuk ke dalam menu ponsel maka lakukan langkah berikut ini:

  1. Gunakanlah tombol hard reset atau factory reset pada ponsel.
  2. Kamu bisa melihat tombol hard reset ini pada buku manual pengguna ponsel.
  3. Secara umum tombol hard reset ini adalah kombinasi dari tombol volume bawah dan juga tombol power.
  4. Tekan secara bersamaan hingga ponsel menyala dan masuk ke dalam menu recovery.
  5. Pilihlah menu clear data untuk melakukan factory reset.
  6. Tunggu proses hingga selesai, jika sudah selesai biasanya ponsel bisa kamu gunakan secara normal seperti baru lagi.

 

Demikianlah informasi mengenai Cara Reset HP Android yang baik dan benar. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang sedang menghadapi masalah dengan ponsel Android milikmu.

Tags: #cara reset android advan #cara reset android lenovo #cara reset android smartfren #cara reset android sony xperia #cara reset android yang terkunci