Tips dan Trik Kamera LG G4

6933 views

Tips dan Trik Kamera LG G4

Tips dan Trik Kamera LG G4

Tips dan trik kamera LG G4 – LG G4 merupakan salah satu ponsel Android terbaik yang ada saat ini dan kameranya juga menjadi bagian dari yang terbaik. Kamera smartphone andalan terbaru dari LG ini meliputi 16 megapixel sensor dengan OIS (Optical Image Stabilization) 3-axis, sensor warna spectrum  dan autofocus yang dibantu dengan laser. Dan di sisi perangkat lunak, G4 merupakan smartphone pertama kelas atas yang mempunyai kemampuan menghasilkan RAW image.

Hal itu merupakan teknologi kamera yang cukup hebat dalam sebuah smartphone yang sangat mengesankan, tapi yang terpenting adalah bagaimana cara Anda menggunakannya. Simak beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari kamera utama LG G4.

Tips dan Trik Kamera LG G4

  1. Jangan terlalu berpikir panjang

Tidak seperti kamera smartphone lain, tak perlu ada editan khusus untuk mendapatkan gambar yang bagus, hardware dan software G4 sudah bisa mengatasi hal tersebut. Jadi jangan terlalu memikirkan banyak hal, kebanyakan waktu Anda hanya akan habis untuk mencari objek yang menurut Anda menarik. Namun demikian ada beberapa dasar yang perlu Anda perhatikan.

Pelajari mode yang sederhana dan kontrol dari pengaturan kamera Anda. Secara default aplikasi kamera G4 mengatur pengambilan gambar saat Anda menyentuh layar. Kami sarankan jangan menggunakan mode otomatis, agar Anda lebih mengeksplorasi pengaturan kamera Anda.

Perhatikan indikator autofocus warna hijau yang muncul setelah gambar terfokus. Memang agak sedikit sulit, tapi layar akan memberi tahu apa yang difokuskan oleh kamera.

Sentuh pada layar untuk memfokuskan dan mengatur tingkat eksposur berdasarkan objek yang Anda bidik. Cukup pindahkan posisi kamera agar mengunci objek lain yang ingin Anda bidik.

Ambil lebih dari satu foto. Sebaiknya Anda melakukan pemotretan dua sampai tiga kali untuk memilih mana gambar yang paling maksimal hasilnya.

Jika Anda menggunakan microSD card, pastikan hasil foto LG G4 tersimpan di kartu memori agar tidak memenuhi memori internal. Memori internal G4 memang cukup besar untuk menyimpan banyak foto, apalagi jika ditambah memori ekternal. Dalam mode auto, sentuh ikon roda gigi dan perhatikan ikon yang muncul kemudian. Jika ada ikon panah mengarah ke telepon berarti foto akan tersimpan di memori internal dan jika mengarah ke SD card berarti tersimpan di memori eksternal.

  1. Saran pengaturan

Jika Anda cenderung jarang mengutak atik setting, pengaturan default G4 sudah cukup mumpuni. Tapi ada beberapa pengaturan dalam “auto” mode yang layak diperhatikan. Simak rekomendasi dibawah ini.

Aktifkan “guidelines” di dalam menu setting (ikon roda gigi). Hal ini akan membantu Anda menentukan bidikan berdasarkan garis tersebut (pelajari: “rule of the third”) – garis panduan yang membantu meningkatkan foto Anda.

Periksa pengaturan resolusi dan aspect ratio. LG G4 menggunakan aspek rasio widescreen (16:9), jadi atur aspek rasio sebesar 16:9 agar menangkap gambar sedetil mungkin. Jika Anda lebih suka hasil yang lebih kotak gunakan aspek rasio 4:3, atau yang lebih bersahabat dengan instagram gunakan aspek rasio 1:1, meskipun hal itu hanya memotong bagian samping foto agar terlihat lebih kotak.

Seperti pendahulunya, LG G4 bisa merekam video dengan kualitas 4K video (Ultra HD), meskipun hanya bisa merekam selama lima menit dalam sekali rekam. Secara default mode 4K masih disable, sebagai gantinya G4 merekam dengan kualitas 1080p.

Mode Auto HDR sangat bagus, jadi biarkan aktif. Pegaturan ini mendeteksi pemandangan yang membtuhkan HDR (High Dynamic Range), yang berarti bidikan meliputi area yang sangat terang dan sangat gelap.

Tombol pintas (Shortcut) sebenarnya berguna, tapi tidak untuk bidikan cepat (Quick Shot). Menekan dua kali volume turun saat ponsel dalam keadaan mati adalah cara cepat mengaktifkan fitur kamera. Tapi secara default kamera juga akan langsung mengambil gambar, sehingga kemungkinan gambar akan menjadi buram dan tidak fokus. Jadi sebaiknya matikan fitur “Quick Shot”.

Tips dan Trik Kamera LG G4

Tips dan Trik Kamera LG G4

  1. Menghasilkan gambar seperti menggunakan lensa makro

LG G4 menggunakan lensa dengan aperture f/1.8 yang dapat menghasilkan gambar jarak dekat yang sangat cantik dengan latar belakang yang lebih buram. Meskipun tak ada mode makro dalam aplikasi kamera tersebut, mode auto ataupun mode manual sudah lebih dari cukup untuk membidik gambar dengan objek yang sangat dekat.

Autofokus yang dibantu teknologi laser lebih baik dalam membidik subjek untuk menghasilkan gambar seperti menggunakan lensa makro daripada menyentuh layar agar fokus, jadi sedikit kesabaran cukup disarankan dalam mencari fokus objek dalam jarak dekat.

Jika Anda masih kesulitan dalam mengambil gambar dalam jarak yang sangat dekat, mungkin Anda perlu merubahnya pada mode manual dan atur manual fokus pada tingkat paling rendah. Setelah itu Anda tinggal memajukan atau memundurkan ponsel untuk mendapatkan fokus dari objek yang Anda inginkan.

Dan yang terakhir, saat mengambil gambar makro diluar ruangan, terutama dengan latar belakang pemandangan, sering menyebabkan background terlihat terlalu terang. Anda bisa mengatur HDR dalam keadaan “Aktif’ bukan “Auto” untuk menangkap gambar yang latar belakangnya lebih kontras. Atau mengambil gambar dengan format RAW yang hasilnya bisa Anda sesuaikan dan memperbaiki semua area yang terlalu terang.

  1. Bereksperimen dengan mode manual

Mode manual dari kamera LG G4 bisa diakses melalui ikon tiga titik dipojok kiri atas. Deretan ikon disebelah atas menunjukkan settingan yang digunakan saat itu, dan untuk merubahnya menggunakan deretan ikon disebelah bawah. Dan ikon nomor dua sebelah atas dari kiri adalah histogram, sebuah grafik pencahayaan dari bidikan Anda.

White balance (WB) – Mengontrol warna apakah Anda ingin hasil jepretan lebih kebiruan atau kekuningan. Anda bisa mengaturnya pada mode otomatis. Sensor warna spectrum smartphone ini pada umumnya sudah sangat baik dalam mendeteksi keserasian warna pada semua pemandangan. Jika Anda tak ingin menyesuaikan white balance, anda bisa melihat nilai temperatur warna yang digunakan saat itu ditampilakan dalam hitungan Kelvin.

Manual Focus (MF) – Memudahkan Anda dalam memilih titik fokus dari objek yang Anda bidik dengan menggeser slider pada layar. sangat berguna jika ingin membidik objek dengan titik fokus seperti yang Anda inginkan tanpa harus bingung menggunakan autofocus yang kadang tak sesuai keinginan.

ISO – Menentukan tingkat sensitivitas yang digunakan untuk mengambil gambar. Sementara itu Shutter Speed (S) – mengontrol seberapa lama rana tersebut terbuka. Saat Anda mengubah salah satu fitur tersebut maka tombol AE-L (AutoExposure Lock) akan menyala menunjukkan bahwa Anda mengontrol ISO atau Shutter Speed secara manual. Nilai ISO rendah akan memberikan gambar yang tampak jelas minim dengan bintik-bintik noise, tapi membutuhkan cahaya lebih untuk mendapatkan gambar yang lebih terang, yang berarti shutter speed perlu terbuka agak lama. Shutter speed yang terbuka terlalu lama berpotensi mengakibatkan gambar menjadi blur/kabur. Jadi Anda harus menyeimbangkan semua itu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Dan yang terakhir adalah AE-L (AutoExposure Lock) yang telah disinggung tadi. Merupakan cara mudah untuk mengembalikan atau beralih ke mode otomatis dari pengaturan manual ISO dan Shutter Speed.

Cara terbaik untuk mempelajari kamera apapun adalah dengan mencoba-coba berbagai settingan yang ada dan melihat yang terbaik yang bisa Anda buat. Banyak teknik membuat foto, dengan menggunakan fitur tertentu seperti Light Painting, dengan mengatur Shutter Speed terbuka lebih lama.

Sebagus mode auto LG G4, mode manual mungkin terlalu berlebihan bagi kebanyakan pengguna. Tapi sebenarnya juga memberikan satu kemampuan unik yang takkan Anda temukan di kamera smartphone lain yaitu mode RAW. Dengan RAW, Anda bisa menyimpan file hasil gambar dengan format DNG (Digital Negative), yang memungkinkan Anda memproses foto hasil jepretan dengan aplikasi editor professional di komputer Anda. Format RAW bisa menangkap informasi lebih banyak dari pada format JPEG, memberikan fleksibilitas dalam merubah foto yang sebelumnya biasa-biasa saja menjadi hasil jepretan yang menakjubkan.

Tips dan Trik Kamera LG G4

Tips dan Trik Kamera LG G4

  1. Memproses hasil foto

Sebagian besar fotografer berpelangaman pasti tahu, mengambil gambar hanyalah sebagai permulaan. Awal dari proses menjadikan foto yang bagus menjadi luar biasa, menyelamatkan gambar yang mungkin saja akan Anda buang. Jika Anda memotret dalam mode RAW, Anda harus menghubungkan G4 Anda ke computer dan mengkopinya secara manual atau menggunakan aplikasi seperti Adobe Lightroom (berlangganan) dari Play Store untuk mengeditnya.

Ketika tiba saat mengolah gambar berformat JPEG, Anda juga punya beberapa pilihan editor gambar yang cukup bagus di Android. Editor foto yang dipilih adalah Snapsheet bikinan Google, yang memiliki pilihan pengeditan yang cukup lengkap. Memberikan detil pada bayangan, mencerahkan foto dan lain-lain. Aplikasi lain yang cukup bagus adalah Autodesk dari Pixlr, yamg menawarkan beberapa fungsi yang sama dengan trik kreatif yang menarik. Anda juga bisa menemukan kemampuan dasar foto editing pada aplikasi foto editing yang dibundling dengan Google+ jika tak mau repot.

Itulah tips dan trik yang bisa tim Gadget Anda berikan. Bagaimanapun juga hasil pemotretan dengan menggunakan LG G4 sudah cukup baik jika dipakai untuk mengabadikan momen berharga Anda. Semoga membantu.

Tags: #kamera lg g4 #kemera smartphone terbaik #kemera terbaik #tips trik kamera lg g4 #trik kamera smartphone