2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Dalam 5 Menit

4628 views

Cara Mengembalikan File yang Terhapus - File adalah sesuatu yang sangat penting dan berharga. Terutama jika file tersebut merupakan file yang sulit untuk didapatkan seperti file foto ketika liburan dengan keluarga, file tugas, file skripsi dan lain sebagainya. Tentu saja kamu tidak mau kan hal yang buruk terjadi pada file-file penting tersebut? Namun, kita sebagai manusia kadang kala melakukan kesalahan dengan tidak sengaja, misalnya menghapus salah satu file penting tersebut.

Mengembalikan File yang Terhapus

Mengembalikan File yang Terhapus

Menghapus file adalah sebuah keteledoran yang sering kali menimpa banyak orang. Sebenarnya solusinya cukup mudah jika kamu menekan tombol Del (delete) saja karena kamu bisa mencari file yang terhapus tersebut di kotak recycle bin. Namun, apa jadinya jika tanpa sengaja kamu menekan tombol Shift + Del yang artinya menghapus secara permanen file tersebut. Tentu saja kamu akan panik dan bingung dalam menghadapi hal semacam ini. Jika hal ini menimpamu maka kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan file yang hilang tersebut.

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen Tanpa Software

  1. Pertama-tama bukalah direktori folder yang tadi tak sengaja terhapus. Sebagai contoh file yang terhapus ada di folder Picture drive D, berarti path datanya adalah D/Picture.
  2. Klik kanan pada folder Picture tersebut lalu pilihlah Restore Previous Versions. Setelah itu akan muncul jendela baru yang berisi berbagai tab. Pilih tab Previous Versions.
  3. Pilihlah folder yang tanggalnya sesuai dengan tanggal kamu menghapus file yang tadi tidak sengaja terhapus. Pilih restore.
  4. Setelah itu akan muncul sebuah pesan konfirmasi yang menanyakan apakah kamu benar-benar akan merestore folder tersebut.
  5. Tunggu proses pengembalian folder selesai dan setelah selesai kamu bisa mengakses file yang sudah terhapus tadi.

 

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Menggunakan Software

  1. Langkah pertama kamu harus mendownload aplikasi bernama PC Inspector File Recovery. Kemudian instal aplikasi ini agar bisa segera kamu gunakan.
  2. Jalankan aplikasi yang baru saja terinstal ini. Lalu tekanlah CTRL + O.
  3. Setelah itu akan muncul sebuah jendela baru. Pilihlah partisi yang akan kamu restore filenya. Setelah itu klik ikon centang berwarna hijau.
  4. Setelah itu akan muncul tampilan jendela baru. Klik pada bagian folder Deleted. Setelah itu semua file yang telah terhapus di partisi tersebut akan muncul.
  5. Setelah kamu menemukan file yang kamu inginkan maka klik kanan pada file tersebut. Pilihlah Save To. Lalu tentukan direktori penyimpanan.
  6. Buka direktori yang tadi kamu pilih, jika proses berjalan dengan benar maka file yang terhapus tadi akan kembali seperti semula.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengembalikan File yang Terhapus semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags: #mengembalikan file yang terhapus dari recycle bin #mengembalikan file yang terhapus di memory card #mengembalikan file yang terhapus permanen tanpa software