8 Cara Mengatasi Android Lemot, Wajib Baca!

618 views

Cara Mengatasi Android Lemot - Ponsel Android memang sangat menyenangkan untuk dioprek secara mendalam, namun perhatikan pula kesehatan ponsel Androidmu. Jangan sampai menginstal aplikasi terlalu banyak pada ponsel Androidmu karena hal ini akan membuat ponsel Android lemot banget, terlebih jika kapasitas memori internal dan RAM pada ponselmu terbilang kecil. Selain memori yang penuh, ponsel Android menjadi lemot juga dipengaruhi oleh hal lain seperti OS yang tidak kompatibel. Perhatikanlah kesehatan ponselmu agar tetap nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Cara Mengatasi Android Lemot

Lemot yang melanda sebuah ponsel Android memang sangat menyebalkan. Terlebih jika ponsel yang sangat kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari berangsur-angsur menjadi lemot dan kinerjanya menjadi tidak optimal. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggumu, untuk itu silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat ponsel Androidmu menjadi normal seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Android Lemot Tanpa Root

Cara mengatasi Android yang lemot sebenarnya cukup banyak. Kamu bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini agar ponsel Androidmu terbebas dari lemot dan lag.

  1. Pertama bersihkan Home Screenmu dari berbagai widget yang menghiasinya. Pilihlah widget yang penting saja dan buanglah widget-widget yang kurang penting karena hal ini akan membuat kinerja ponselmu menjadi lambat.
  2. Uninstal aplikasi-aplikasi yang kurang dibutuhkan. Hal ini akan memberikan ruang yang cukup pada memori internal maupun pada RAM.
  3. Atur tampilan wallpapermu menjadi sederhana namun tetap menarik. Menggunakan launcher dan memasang wallpaper dinamis memang membuat ponsel terlihat semakin menarik, namun perlu diingat kalau hal tersebut juga membuat ponsel menjadi semakin lemot.
  4. Biasakan mematikan ponsel saat sedang melakukan charging atau mengisi baterai ponsel. Hal ini sangat penting untuk menjaga kinerja ponsel tetap stabil dan optimal.
  5. Aktifkan fitur Auto Kill yang akan mematikan secara paksa aplikasi yang dianggap memakan kapasitas RAM terlalu besar dan kurang dibutuhkan. Fitur ini akan bekerja pada background secara otomatis dan aman untuk ponselmu.
  6. Cara termudah dalam mengatasi ponsel Android yang lemot adalah dengan merestartnya. Ponsel yang bekerja terlalu berat akan kembali normal kinerjanya setelah dilakukan restart ponsel.
  7. Cara mengatasi android lemot dengan aplikasi bisa menggunakan bantuan Clean Master. Downloadlah aplikasi Clean Master. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan junk files, cache dan cookies yang akan membuat ponselmu menjadi lambat. Setiap kali kamu mengakses internet maka file cache dan cookies akan tersimpan di memori ponsel dan hal ini akan membuat kinerja ponsel menjadi sedikit terganggu. Dengan membersihkan file sampah ini maka kinerja ponselmu akan menjadi seperti sedia kala. Cara clear cache android dengan aplikasi ini cukup mudah dan cepat.
  8. Jangan instal antivirus karena ponsel Android pada dasarnya adalah sistem operasi Linux yang sulit ditembus virus. Jadi untuk sementara antivirus belum terlalu penting untuk ponsel Androidmu.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Android Lemot dan semoga informasi di atas bermanfaat.

Tags: #android lemot setelah di root #cara mempercepat android lemot banget #mengatasi android cepat panas dan lemot #mengatasi android lemot dengan aplikasi