8 Macam Custom ROM Smartphone Android yang Paling Banyak Digunakan

165 views

Perkembangan teknologi smartphone memang semakin cepat. Hampir setiap tahun vendor-vendor besar selalu meluncurkan seri smartphone baru di pasaran. Menariknya, ternyata bukan hanya seri smartphone saja yang berkembang sangat pesat. Sistem operasi Android yang digunakan di smartphone juga mengalami perkembangan yang sangat cepat.

Saat ini, anda tidak hanya bisa menggunakan sistem operasi Android bawaan dari vendor smartphone yang anda gunakan. Sekarang anda juga bisa menggunakan custom ROM dari pihak ketiga.

Meskipun memang penggunaan custom ROM masih cukup berbahaya, terutama jika anda sama sekali tidak memahami masalah sistem operasi Android, namun sampai saat ini jumlah pengguna custom ROM semakin bertambah.

Salah satu alasan kenapa banyak orang yang sekarang lebih memilih menggunakan custom ROM dibandingkan sistem operasi Android bawaan dari vendor adalah karena tampilannya jauh lebih unik.

Ada banyak sekali jenis custom ROM yang bisa anda dapatkan secara gratis. Mau tau apa saja custom ROM yang paling banyak digunakan oleh pemilik smartphone? Berikut ini adalah 8 macam custom ROM yang paling banyak digunakan sampai saat ini:

1. Dirty Unicorn

Dirty Unicorn adalah custom ROM pertama yang paling sering digunakan untuk memodifikasi smartphone android.

Custom ROM ini terkenal dengan fitur khususnya yang disebut dengan Dirty Tweaks. Fitur khusus tersebut membuat pengguna mampu melakukan beberapa hal seperti double tap to lock, floating toolbar, tampilan yang lebih imersif.

Dirty Unicorn ini adalah custom ROM yang hampir bisa digunakan di semua smartphone yang sudah mendukung penggunaan OS Android Marshmallow.

2. Lineage OS

Lineage OS memang adalah custom ROM baru. Namun sebenarnya Lineage OS ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Cyanogen yang sudah tidak meneruskan pengembangan custom ROM lagi.

Lineage OS ini memiliki kelebihan dari segi fitur kamera dan juga pengaturan volume otomatis. Menariknya lagi, Lineage OS adalah custom ROM yang bahkan bisa digunakan di smartphone Android seri lama.

Pasalnya, custom ROM satu ini sama sekali tidak membebani memori internal maupun RAM smartphone.

3. Resurrection Remix

Bagi anda yang ingin menggunakan custom ROM yang benar-benar stabil, maka Resurrection Remix adalah yang paling cocok untuk anda.

Custom ROM ini adalah yang paling sering mendapatkan pembaruan. Kelebihan dari Resurrection Remix ini adalah anda bisa melakukan modifikasi pada hampir semua bagian tampilan smartphone anda.

Jika anda memiliki smartphone yang sudah menggunakan layar berteknologi AMOLED, maka andapun bisa menggunakan tema Resurrection Remix bernama pitch black untuk menghemat penggunaan baterai.

4. Pac Man

Sama seperti namanya, Pac Man adalah custom ROM yang melahap semua fitur-fitur unggulan dari custom ROM lain. Anda bisa menikmati berbagai fitur menarik dari Cyanogen, AOKP, dan juga Paranoid di smartphone anda.

Menariknya lagi, Pac Man ini juga termasuk sebagai salah satu custom ROM yang paling stabil. Sayangnya, Pac Man sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaruan lagi.

5. Slim ROMs

Jika anda menggunakan smartphone kelas entry level dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi, maka custom ROM yang paling cocok untuk anda gunakan adalah Slim ROM.

Slim ROM memang tidak memiliki fitur-fitur menarik yang menonjol seperti kebanyakan custom ROM. Slim ROM memang lebih unggul dari segi konsumsi RAM. Slim ROM memang merupakan custom ROM yang paling ringan.

Hal tersebut disebabkan karena mayoritas fitur-fitur yang tidak penting di dalam OS Android dipangkas habis.

6. Paranoid Android

Paranoid Android adalah custom ROM yang hampir mirip dengan Cyanogen yang sudah lama hiatus. Custom ROM ini memang memiliki tampilan layaknya OS Android stock.

Namun sebenarnya ada banyak sekali fitur menarik di dalamnya. Salah satu fitur menariknya disebut dengan pie control yang membuat pengguna lebih mudah melakukan navigasi.

Yang lebih menarik lagi, Paranoid Android tetap gesit ketika dipasang di smartphone dengan spesifikasi yang sangat terbatas. Jadi meskipun memiliki banyak fitur menarik, custom ROM ini tetap tidak membebani memori internal maupun RAM smartphone anda.

7. Mokee

Bagi anda yang suka dengan Cyanogen namun masih merasa custom ROM tersebut cukup berat jika dipasang di smartphone anda, maka anda bisa memilih Mokee.

Mokee ini dibuat menggunakan Cyanogen Engine. Hanya saja, Mokee ini lebih efisien dalam penggunaan RAM dan juga memori internal.

8. cRDROID

selama ini memang cukup sulit mencari custom ROM yang fokus meningkatkan kualitas suara smartphone Android. Bagi anda yang termasuk sebagai Audiophile, anda bisa mencoba menggunakan cRDROID.

cRDROID adalah custom ROM khusus yang sengaja dibuat untuk meningkatkan kualitas suara dari smartphone Android. Custom ROM satu ini menyematkan fitur dolby surround di dalam OS Android.

Bagaimana? Ada banyak sekali bukan custom ROM yang bisa anda gunakan di smartphone Android? Dari 8 macam custom ROM tersebut, manakah yang paling ingin anda pasang di smartphone anda?

Tags: #Custom ROM Android