Alcatel 1B, Smartphone Pertama Dengan OS Android 10 Go

Selain fokus mengembangkan smartphone yang menggunakan brandnya sendiri, TCL juga masih sangat aktif mengembangkan merek smartphone Alcatel yang juga sudah menjadi miliknya.

Di acara CES 2020, TCL dan Alcatel sama-sama memperkenalkan beberapa seri smartphone baru. Dari sekian banyak seri smartphone yang diperkenalkan, Alcatel 1B jadi salah satu yang paling menarik.

Yang membuat Alcatel 1B ini menarik salah satunya adalah karena smartphone ini adalah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android 10 Go.

Lalu bagaimana dengan spesifikasinya? Apakah spesifikasi dari Alcatel 1B itu juga cukup menarik? Bagi anda yang mau tau lebih detail mengenai Alcatel 1B, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Tampilan Layar Masih Full Dengan Bezel

Karena Alcatel 1B memang menyasar entry level, memang tampilan layar Alcatel 1B tidak seperti smartphone masa kini.

Desain layar yang dibawa Alcatel 1B masih dipenuhi dengan bezel yang cukup tebal baik di bagian atas bawah maupun kanan kiri layar

.

Untuk ukuran layarnya sendiri, Alcatel 1B ini hanya dibekali dengan layar 5.5 inci dengan panel yang tidak dijelaskan jenisnya. Namun yang pasti, panel yang digunakan Alcatel 1B ini sudah mendukung resolusi HD+.

Dapur Pacu Menggunakan Chipset Besutan Qualcomm

Meskipun hanya merupakan smartphone entry level, namun Alcatel 1B ini tetap mempertahankan menggunakan chipset buatan Qualcomm.

Namun memang, chipset besutan Qualcomm yang dibenamkan di dalam Alcatel 1B ini bukan seri tinggi. Chipset Qualcomm yang dibenamkan di dalam Alcatel 1B ini hanyalah Snapdragon 215.

Meskipun chipset yang digunakan terbilang sudah ketinggalan teknologinya, namun setidaknya performa Alcatel 1B masih bisa ditopang dengan ditambahkannya RAM berkapasitas 2 GB serta memori internal 16 GB.

Selain itu, Alcatel 1B ini juga masih dilengkapi dengan slot memori eksternal jika kapasitas memori internalnya dirasa kurang.

Performa Alcatel 1B ini tetap bisa berjalan secara maksimal juga dikarenakan smartphone ini dibekali dengan sistem operasi khusus yaitu sistem operasi Android 10 versi Go.

Selain lebih ringan, Alcatel 1B ini sudah bisa menggunakan berbagai macam fitur yang ada di dalam sistem operasi Android 10.

Hanya Membawa 1 Buah Kamera Utama dan Kamera Selfie

Di sektor kamera, Alcatel 1B ini juga tidak dibekali dengan kamera seperti kebanyakan smartphone. TCL hanya membekali Alcatel 1B ini dengan 1 buah kamera baik di bagian depan maupun di bagian belakang.

Untuk kamera selfie atau kamera di bagian depannya memiliki spesifikasi 5 MP dengan aperture f/2.2. Sedangkan untuk bagian utama, Alcatel 1B ini dibekali dengan kamera berspesifikasi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Namun meskipun hanya membawa satu buah kamera utama saja, Alcatel 1B ini terlihat seperti memiliki konfigurasi dual kamera. Hal tersebut disebabkan karena kamera utamanya diletakkan menjadi satu modul dengan LED flashnya.

Hanya Membawa Baterai Dengan Kapasitas Kecil

Dikarenakan hanya menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon seri 215 dan hanya memiliki 1 buah kamera utama dan kamera selfie saja, sudah dapat dipastikan jika Alcatel 1B ini juga tidak membutuhkan daya baterai yang terlalu banyak.

Oleh sebab itu, TCL memilih membenamkan baterai yang kapasitasnya cukup kecil di dalam Alcatel 1B ini. Kapasitas baterai yang dibawa Alcatel 1B ini hanya sebesar 3.000 mAh saja.

Dan lagi, smartphone Alcatel 1B ini juga tidak dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga proses pengisian dayanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Fitur Spesial yang Ada di Alcatel 1B

Meskipun masuk kategori smartphone entry level, Alcatel 1B membawa beberapa fitur spesial seperti:

  • Face key yang merupakan sebutan lain dari fitur face recognition.
  • Tombol khusus untuk mengaktifkan fitur Google Assistant.
  • Kamera utama sudah dilengkapi dengan fitur HDR.

Lalu berapakah harga Alcatel 1B ini? Menurut informasinya, Alcatel 1B ini akan dijual dengan kisaran harga 66 Dolar saja atau 900 ribuan Rupiah.

Alcatel 1B ini akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Prime Black dan juga Pine Green. Dari informasi di CES 2020, Alcatel 1B ini kemungkinan besar akan mulai dipasarkan beberapa minggu lagi.