Amankah Melakukan Overclocking Pada Smartphone?

28 views

Pemakaian smartphone memang makin lama makin banyak manfaatnya. Selain fungsi utama digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone juga mulai banyak digunakan sebagai media entertainment di era sekarang.

Ketika digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone memang tidak dituntut memiliki spesifikasi yang tinggi. Namun jika sudah berhubungan dengan media entertainment semisal untuk bermain gaming kelas berat, smartphone menjadi dituntut harus punya performa yang luar biasa.

Untuk bisa memberikan performa yang luar biasa, mau tidak mau spesifikasi smartphone harus memadai. Hanya saja, memang ada jalan pintas untuk bisa meningkatkan performa smartphone yang punya spesifikasi ala kadarnya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara overclocking. Lalu apakah melakukan overclock pada smartphone itu aman? Apakah ada efek negatif dari melakukan overclock pada smartphone?

Jika anda ingin tau lebih banyak mengenai untung ruginya melakukan overclocking pada smartphone, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Keuntungan dan Kerugian Melakukan Overclock Pada Smartphone

Sebelum membahas mengenai amankah melakukan overclock pada smartphone, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa untung ruginya melakukan overclock pada smartphone.

Berbicara mengenai keuntungan, memang melakukan overclock pada smartphone itu cukup banyak keuntungannya. Beberapa keuntungannya adalah seperti:

  • Tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli smartphone dengan spesifikasi tinggi karena anda bisa meningkatkan performa smartphone spesifikasi biasa menjadi luar biasa.
  • Bisa bebas mengotak atik performa smartphone yang anda miliki sepenuhnya.
  • Tidak perlu merasa terganggu dengan aplikasi bloatware yang dipasang oleh vendor smartphone lagi.

Namun demikian, meskipun overclock pada smartphone itu bisa memberikan banyak keuntungan, hal tersebut tetap punya beberapa kerugian. Berikut ini adalah beberapa kerugiannya:

  • Garansi resmi dari vendor smartphone bisa saja hilang ketika anda melakukan overclock pada smartphone yang anda miliki.
  • Ketahanan komponen smartphone akan mengalami penurunan lebih cepat dari seharusnya.
  • Smartphone jadi sangat mudah panas ketika digunakan dalam kondisi ter-overclock.
  • Harus siap ketika melihat smartphone rusak total.

Jika dilihat, memang melakukan overclock pada smartphone itu ada sisi positif dan negatifnya. Lalu apakah hal ini cukup aman untuk dilakukan?

Faktor yang Mempengaruhi Melakukan Overclock Pada Smartphone Itu Aman Atau Tidak

Ketika sudah berbicara mengenai aman tidaknya melakukan overclock pada smartphone, sebenarnya ada banyak sekali hal yang mempengaruhi mengenai aman tidaknya melakukan overclocking tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat mempengaruhi aman tidaknya melakukan overclock pada smartphone:

  • Apa tujuan anda melakukan overclock pada smartphone?

Faktor pertama yang menentukan aman tidaknya anda melakukan overclock pada smartphone adalah apa tujuan utama anda.

Jika tujuan utama anda melakukan overclock adalah untuk bermain game berat di smartphone yang spesifikasinya cukup rendah, maka hal tersebut cukup berbahaya.

Kenapa? Karena bermain game berat di smartphone yang spesifikasinya sangat rendah bisa membuat smartphone jadi lebih cepat panas.

Jika sudah terlalu panas, maka hal tersebut bisa menyebabkan baterai smartphone meledak.

Pasalnya, biasanya banyak orang lupa waktu ketika bermain game. Jadi risiko meningkatnya suhu smartphone akan jauh lebih tinggi.

  • Seberapa lama anda mau menggunakan smartphone dalam kondisi ter-overclock?

Seperti yang sudah disinggung di awal, selain masalah apa tujuan anda melakukan overclock, hal kedua yang juga mempengaruhi aman tidaknya melakukan overclock pada smartphone adalah masalah durasi penggunaannya.

Jika anda mau menggunakan smartphone dalam kondisi ter-overclock dalam durasi yang cukup lama, maka sudah pasti hal tersebut sangat tidak aman.

Pasalnya, smartphone yang dalam kondisi ter-overclock itu tidak bisa digunakan dalam durasi yang lama. Pasalnya, komponen akan mulai mengalami disfungsi ketika dipaksa bekerja melebihi batasnya dalam durasi yang lama.

  • Seberapa bagus kualitas pendingin di dalam smartphone anda?

Faktor yang ketiga yang mempengaruhi masalah aman tidaknya melakukan overclock pada smartphone adalah sebagus apa kualitas pendingin yang digunakan smartphone anda.

Jika smartphone yang anda miliki tidak dilengkapi dengan fitur pendingin ataupun ventilasi udara yang bagus, melakukan overclock di smartphone tersebut jelas akan sangat berbahaya.

Kenapa? Karena dipastikan suhu akan lebih cepat naik ketika smartphone yang tidak memiliki sistem pendingin yang bagus di-overclock.

Jadi sekarang sudah paham bukan bahwa sebenarnya overclock itu tidak dibuat untuk bisa digunakan dalam durasi yang lama? Jadi kalau mau main game menggunakan smartphone, ada baiknya jangan melakukan overclock ya demi bisa main game dengan lancar.

Pasalnya, melakukan overclock pada smartphone hanya untuk bisa bermain game berat dengan lancar itu justru dapat membahayakan kondisi anda sendiri.

Tags: #Overclocking Smartphone