Android 10, Seri OS Android Terbaru Dengan Sederet Fitur Memukau

22 views

September 2019 menjadi bulan dimana sistem operasi Android terbaru diluncurkan secara resmi. Namun demikian, memang belum banyak smartphone yang mendapatkan pembaruan untuk bisa menggunakan sistem operasi Android terbaru ini.

Untuk fase awal, smartphone yang langsung mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 10 sudah dipastikan adalah smartphone dari Google yaitu Google Pixel serta smartphone buatan bapak Android yang bermerek Essential.

Namun dari bocorannya, kabarnya akan ada banyak sekali smartphone yang mendapatkan pembaruan sistem operasi Android 10. Hanya saja, prosesnya memang tergantung dari produsen smartphone.

Bagaimana dengan smartphone yang anda miliki? Apakah smartphone anda sudah mendapatkan pembaruan untuk menggunakan sistem operasi Android terbaru? Jika belum, intip dulu apa saja fitur yang ada di dalam sistem operasi Android terbaru tersebut di dalam artikel ini.

7 Fitur Unggulan dari Sistem Operasi Android 10

OS Android 10 bukan hanya populer karena menjadi OS Android pertama yang menanggalkan penamaan dessert. Selain sudah tidak membawa nama-nama dessert, OS Android 10 ini juga populer karena fitur yang dibawanya.

Ada banyak sekali fitur baru yang bisa dikatakan membuat OS Android 10 ini bakal menjadi OS smartphone terbaik berikutnya. Lalu seperti apa saja fitur unggulan dari OS Android 10 tersebut? Berikut ini adalah beberapa fitur unggulannya:

  1. Full support untuk smartphone dengan layar lipat

Tahun 2019 ini memang menjadi tahun dimana mulai banyak produsen smartphone besar yang meluncurkan smartphone dengan layar lipat.

Sayangnya, sistem Android 9 atau Pie belum sepenuhnya bisa memaksimalkan fitur layar lipat pada smartphone. Oleh sebab itu, fitur pertama yang dibawa pada OS Android 10 adalah full support untuk smartphone layar lipat.

Dengan menggunakan OS Android 10, semua smartphone layar lipat bisa digunakan secara maksimal. Pasalnya, OS Android 10 sudah dibekali dengan fitur khusus yang bisa menjembatani fase ketika layar smartphone dibuka dan juga dilipat.

  1. Full support untuk teknologi jaringan 5G

Sama halnya seperti teknologi smartphone layar lipat, OS Android 9 atau lebih dikenal dengan OS Android Pie juga belum sepenuhnya support dengan teknologi jaringan 5G.

Oleh sebab itu, OS Android 10 dipastikan akan membawa fitur khusus untuk mendukung penggunaan jaringan 5G secara maksimal. Dengan begitu, mayoritas developer aplikasi bisa memberikan pengalaman yang lebih maksimal dengan menggunakan jaringan 5G.

  1. Fitur sound amplifier

Selain teknologi layar lipat dan juga jaringan 5G, OS Android 10 juga akan membawa fitur khusus untuk meningkatkan kualitas suara perangkat smartphone.

Sound amplifier adalah fitur khusus yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas audio smartphone, melakukan filter background noise, dan masih banyak lagi.

Intinya, anda bisa memilih lebih banyak pengaturan audio ketika menggunakan smartphone yang sudah menjalankan OS Android 10.

  1. Fitur gesture navigation

Sistem operasi Android 10 juga mengoptimalkan penggunaan fitur gesture navigation. Dengan adanya fitur tersebut, maka anda sudah tidak membutuhkan lagi tombol-tombol navigasi pada layar.

Pasalnya, semua tombol navigasi tersebut akan digantikan dengan gesture seperti swipe ke arah kiri untuk kembali, pull up untuk membuka homescreen, dan juga swipe up untuk melihat apa saja aplikasi yang sedang berjalan.

  1. Fitur dark mode

Seperti kebanyakan sistem antarmuka, OS Android sendiri juga akan memaksimalkan fitur dark mode di seri 10 ini.

Fitur dark mode yang dibawa di OS Android 10 ini dipastikan akan lebih maksimal karena sudah bisa berjalan hampir di semua aplikasi.

Selain bisa mengurangi rasa lelah pengguna smartphone, sedikit banyak fitur dark mode yang lebih optimal ini juga akan membuat baterai smartphone menjadi lebih irit.

  1. Fitur privasi yang jauh lebih lengkap

Fitur berikutnya yang juga menjadi fitur keunggulan dari OS Android 10 adalah pada fitur privasinya.

Jika dibandingkan dengan fitur privasi OS Android sebelumnya, memang fitur privasi OS Android 10 jauh lebih lengkap. Selain bisa memilih apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi yang terpasang di smartphone, andapun juga bisa memilih keluar dari iklan yang dijalankan dengan sistem retargeting.

Sebagai tambahan, OS Android 10 juga akan jauh lebih sering melakukan pembaruan pada sistem keamanannya jika dibandingkan dengan OS Android versi sebelumnya.

  1. Fitur family link

Fitur unggulan terakhir yang ada di OS Android 10 adalah fitur family link. Dengan adanya fitur family link tersebut, anda menjadi memiliki kontrol untuk membatasi apa saja yang bisa diakses dan dilihat oleh anak anda melalui smartphonenya tanpa anda harus menyentuh smartphone mereka.

Anda bisa dengan mudah mengatur screen time limit untuk membatasi berapa lama anak-anak diperbolehkan untuk menggunakan smartphone. Selain itu, anda juga bisa dengan mudah melihat dimana lokasi smartphone yang digunakan oleh anak-anak anda.

Jadi bagaimana? Sangat luar biasa bukan fitur-fitur yang ada di dalam OS Android 10 itu? Dari 7 fitur unggulan tersebut, manakah fitur yang paling anda sukai dari OS Android 10?

Tags: #OS Android 10