Android Instant Apps, Fitur Spesial Membuat Pengguna Smartphone Android Kian Nyaman

Sistem operasi Android memang masih menyimpan cukup banyak fitur spesial. Salah satu fitur spesial yang bisa dinikmati di dalam smartphone yang menggunakan OS Android adalah fitur Android Instant Apps.

Android Instant Apps adalah satu fitur khusus yang memang dikembangkan oleh Google untuk bisa memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna smartphone Android, khususnya smartphone Android entry level yang punya keterbatasan spesifikasi.

Namun sayangnya, sampai saat ini fitur Android Instant Apps memang belum begitu banyak diketahui. Hal tersebut disebabkan karena fitur Android Instant Apps memang belum bisa digunakan di semua smartphone Android.

Sampai saat ini, baru ada beberapa merek smartphone Android yang sudah bisa mencicipi fitur Android Instant Apps tersebut.

Lalu sebenarnya apa fungsi dari fitur Android Instant Apps tersebut? Dan apa saja keuntungan bagi pengguna smartphone Android dengan adanya fitur tersebut? Jika anda ingin mengetahui jawabannya lebih detail, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Apa Fungsi Fitur Android Instant Apps di Smartphone Android?

Karena memang belum bisa digunakan di semua merek smarpthone Android, memang belum banyak yang mengetahui tentang apa fungsi sebenarnya dari fitur Android Instant Apps.

Fungsi utama dari fitur Android Instant Apps adalah membuat pengguna smartphone Android bisa mencoba menggunakan aplikasi yang ada di Playstore tanpa harus memasangnya terlebih dahulu di dalam memori smartphone Android.

Jadi nantinya, aplikasi yang ada di Playstore akan memiliki tombol open app ataupun try it now. Dengan menekan tombol tersebut, pengguna smartphone Android sudah bisa mencoba menggunakan aplikasinya tanpa harus mengunduh dan memasangnya di dalam smartphone.

Yang lebih menarik lagi, dikabarkan juga bahwa fitur Android Instant Apps juga bisa berjalan dengan menggunakan platform website. Jadi nanti aplikasi bisa dijalankan langsung melalui Playstore ataupun melalui link khusus yang diberikan oleh developer aplikasi di Playstore.

Ini 4 Keuntungan Adanya Fitur Android Instant Apps Bagi Pengguna Smartphone Android

Lalu apakah fitur Android Instant Apps memang benar-benar bisa memberikan banyak keuntungan bagi pengguna smartphone Android?

Ternyata, dengan adanya fitur Android Instant Apps, pengguna smartphone Android memang bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari adanya fitur Android Instant Apps:

  1. Pengguna smartphone Android jadi lebih mudah mencoba aplikasi

Jumlah aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan di Playstore itu ada banyak sekali. Dan tidak semua aplikasi yang tersedia di Playstore itu benar-benar bagus.

Dengan adanya fitur Android Instant Apps, tentunya pengguna smartphone Android jadi lebih mudah mencoba dan menentukan mana aplikasi yang cocok untuk mereka gunakan tanpa harus memasang aplikasi tersebut terlebih dahulu di dalam smartphone.

  1. Lebih efektif untuk mencegah masuknya malware di dalam smartphone Android

Dengan adanya fitur Android Instant Apps, secara otomatis pengguna smartphone Android juga bisa lebih mudah mencegah masukkan malware di dalam smartphone Android yang dimiliki.

Kenapa? Karena sebelum memasang aplikasi, pengguna smartphone Android bisa terlebih dahulu mencoba menggunakannya dengan fitur Android Instant Apps.

Jika memang dirasa aplikasinya aman dari file malware karena tidak meminta akses ke hal-hal yang tidak dibutuhkan, pengguna smartphone Android bisa memasang aplikasi tersebut sepenuhnya di dalam memori internal smartphone.

  1. Tidak harus sering uninstall aplikasi

Dengan adanya fitur Android Instant Apps nanti, pengguna smartphone Android juga menjadi bisa lebih jarang melakukan uninstall aplikasi.

Kenapa? Karena selama ini pengguna smartphone Android cukup sering harus memasang aplikasi yang sebenarnya hanya digunakan sekali atau dua kali saja.

Setelah itu, mau tidak mau pengguna smartphone Android harus uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi.

Jika ada fitur Android Instant Apps ini, sudah pasti pengguna smartphone jadi tidak perlu repot-repot install dan uninstall aplikasi.

  1. Menghemat kapasitas memori internal smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan, keuntungan utama dari adanya fitur Android Instant Apps akan dirasakan pada smartphone Android entry level.

Kenapa? Karena dengan adanya fitur Android Instant Apps ini, smartphone Android entry level tidak harus mengalami masalah seperti kapasitas memori internal yang terbatas.

Pasalnya, pengguna smartphone Android entry level sekalipun tetap bisa menggunakan aplikasi dengan lancar meskipun kapasitas memori internalnya sudah sangat terbatas dengan adanya fitur Android Instant Apps.

Fitur Android Instant Apps ini memang bisa memberikan pengalaman baru bagi pengguna smartphone Android. Namun sayangnya, kemungkinan besar pengguna smartphone Android harus sedikit bersabar untuk bisa segera menikmati fitur tersebut.

Pasalnya, sampai saat ini hanya ada beberapa merek smartphone Android saja yang baru bisa menikmati fitur tersebut. Dan lagi, belum semua developer aplikasi di Playstore siap dengan adanya fitur Android Instant Apps tersebut.