Android Oreo, Sistem Operasi Smartphone yang Punya Banyak Fitur Canggih

Android adalah salah satu sistem operasi yang digunakan di smartphone. Meskipun bukan satu-satunya jenis sistem operasi untuk smartphone, Android bisa dikatakan sebagai sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone.

Salah satu kelebihan dari sistem operasi Android adalah sangat sering mendapatkan peningkatan. Saat ini, sistem operasi Android sendiri sudah diperbarui hingga versi 8.0 yang lebih dikenal dengan Android Oreo.

Sudah ada cukup banyak smartphone yang dibekali dengan sistem operasi Android Oreo ini. Jika dibandingkan dengan smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi sebelumnya, jelas smartphone yang menggunakan sistem operasi Android Oreo jauh lebih baik.

Apakah anda sudah mengetahui tentang apa saja fitur-fitur baru yang ada di dalam sistem operasi Android Oreo? Jika anda belum mengetahui fitur canggih di dalam android versi 8.0 tersebut, anda bisa membaca penjelasannya lebih lanjut di artikel ini.

7 Fitur Baru yang Membuat Android Oreo Lebih Baik dari Versi Sebelumnya

Google memang benar-benar serius menggarap sistem operasi Android versi terbaru yang diberi nama Android Oreo. Buktinya, OS android versi 8.0 tersebut terbukti memiliki performa yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Performa smartphone yang menggunakan OS Android versi 8.0 bisa mengalami peningkatan karena adanya beberapa macam fitur luar biasa seperti:

1. Background limit

Bagi anda yang sudah cukup lama menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android, anda pasti sudah sangat paham bahwa OS Android itu memiliki background proses yang jumlahnya sangat banyak.

Karena ada banyak proses yang berjalan di background screen, jelas kapasitas RAM dan juga baterai smartphone akan terbebani. Oleh sebab itu, Google mencoba mengurangi jumlah proses yang berjalan di background screen di OS Android Oreo.

Dengan dipangkasnya banyak proses yang berjalan di balik background screen, secara otomatis smartphone yang menggunakan OS Android versi 8.0 atau lebih dikenal dengan sebutan Oreo menjadi lebih baik performanya baik dari segi kecepatan proses hingga efisiensi baterai smartphone.

2. Autofill

Pengguna smartphone dengan sistem operasi Android sering mengeluhkan mengenai sulitnya login ke beberapa aplikasi. Kebanyakan pengguna memang mau tidak mau harus mengetikka username dan juga password berulang kali ketika ingin login kedalam aplikasi.

Hal tersebut juga diatasi dengan baik oleh Google di sistem operasi Android Oreo. Dengan menggunakan smartphone yang sudah dibekali dengan OS Android versi 8.0, anda sudah tidak perlu repot-repot lagi mengetikkan username dan password berulang kali.

Kenapa? Karena Android Oreo sudah dilengkapi dengan fitur autofill. Semua data username dan juga password yang sudah pernah anda input akan disimpan dan akan digunakan secara otomatis setiap kali anda login kedalam aplikasi ataupun website.

3. Picture in Picture (PIP)

Selama ini memang smartphone dengan sistem operasi Android itu tidak memiliki fitur Window. Oleh sebab itu, pengguna mau tidak mau hanya bisa menggunakan aplikasi secara bergantian.

Namun pada smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android Oreo, anda sudah bisa menggunakan 2 aplikasi secara bersamaan. Hal tersebut disebabkan karena Android versi 8.0 sudah dilengkapi dengan fitur PIP atau Picture in Picture.

Dengan adanya fitur PIP, layar smartphone akan terbagi menjadi 2 untuk menampilkan 2 aplikasi secara bersamaan.

4. Dot notification

Sistem operasi Android Oreo juga menghadirkan fitur dot notification. Yang dimaksud dengan fitur dot notification adalah fitur yang menampilkan titik berwarna putih di pojok kanan atas icon aplikasi tertentu.

Dot notification ini sangat membantu terutama untuk mengetahui jika ada hal baru di aplikasi yang selama ini anda gunakan. Dot notification ini paling membantu memberikan informasi apakah ada chat baru di aplikasi messenger yang dipasang oleh pengguna di smartphonenya.

5. Android instant app

Selama ini pengguna smartphone dengan sistem operasi Android hanya bisa membaca review dari pengguna lain untuk memutuskan apakah akan memasang aplikasi tertentu di smartphonenya.

Sayangnya, review saja tidak membantu untuk mengetahui apakah memang anda menyukai aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh di Google Playstore. Oleh sebab itu, Android Oreo menghadirkan fitur Android instant app.

Fungsi dari Android instant app adalah untuk memudahkan pengguna mencoba terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang ada di Google Playstore sebelum mengunduhnya. Dengan adanya fitur tersebut, jelas anda tidak perlu repot-repot mengunduh, memasang, kemudian membuang aplikasi yang ternyata tidak sesuai dengan yang anda inginkan di smartphone anda.

6. Google play protect

Google tidak hanya fokus pada peningkatan performa smartphone saja pada pengembangan sistem operasi Android Oreo.

Google juga sangat peduli dengan sistem keamanan penggunanya. Oleh sebab itu, Android Oreo diberikan fitur tambahan yang disebut dengan Google Play Protect.

Dengan adanya fitur Google Play Protect tersebut, anda tidak perlu lagi khawatir mengenai keamanan mengunduh dan memasang aplikasi yang bisa anda dapatkan di Google Playstore.

Kenapa? Karena Google bisa secara otomatis menghapus aplikasi-aplikasi yang ternyata memiliki file berbahaya dari dalam smartphone anda.

7. Tombol accessibility

Smartphone yang dibekali dengan sistem operasi Android Oreo juga akan semakin mudah untuk digunakan karena dilengkapi dengan fitur tombol accessibility.

Pengguna akan semakin mudah mengakses berbagai macam fitur di smartphone menggunakan tombol accessibility dari panel navigasi.

Bagaimana? Banyak bukan perubahan yang bisa anda rasakan di sistem operasi Android Oreo jika dibandingkan dengan OS Android versi sebelumnya? Apakah smartphone yang saat ini anda gunakan sudah menggunakan sistem operasi Android Oreo terbaru?

Tags: #Android Oreo