Android P, Versi Terbaru OS Android yang Sedang Dalam Masa Pengembangan

156 views

Sistem operasi Android memang bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang menguasai pasar smartphone di tanah air maupun di internasional. Banyak sekali vendor smartphone yang meluncurkan produk dengan dibekali sistem operasi Android.

Berbicara mengenai sistem operasi Android, baru-baru ini Google merilis versi terbarunya. Sampai saat ini versi terbaru dari sistem operasi tersebut masih disebut dengan Android P. Google sendiri memang belum memberikan nama khusus pada versi sistem operasi Android terbaru tersebut.

Meskipun belum mendapatkan nama khusus seperti versi sebelumnya dan juga belum bisa digunakan secara masal, Android P terlihat memiliki lebih banyak fitur menggiurkan jika dibandingkan dengan sistem operasi Android versi sebelumnya.

Sambil menunggu tanggal peluncuran resmi Android P untuk digunakan secara masal, ada baiknya baca terlebih dahulu mengenai beragam fitur menarik yang kemungkinan besar dimiliki oleh Android P di artikel ini.

5 Macam Fitur Baru yang Akan Disematkan di Sistem Operasi Android P

Ya, meskipun sistem operasi Android P memang belum resmi diluncurkan untuk digunakan secara masal, namun Android P sudah mulai bisa digunakan oleh para developer dan juga vendor smartphone.

Menurut informasi dari developer dan juga vendor smartphone yang mendapatkan kesempatan mencicipi versi awal Android P, mereka menyebutkan bahwa ada cukup banyak fitur baru yang hadir di sistem operasi Android versi 9.0 tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang disematkan di dalam sistem operasi Android P:

1. Mendukung desain layar notch atau berponi ala Iphone X

Baru-baru ini, desain layar Iphone X sangat disukai oleh banyak pengguna smartphone. Oleh sebab itu, mulai banyak vendor smartphone yang mengadaptasi desain layar notch atau berponi tersebut.

Menariknya, Android P yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi Android juga akan mendukung penggunaan desain layar notch tersebut.

Smartphone yang dibekali dengan sistem operasi Android P dan memiliki desain layar notch akan lebih terasa seperti Iphone. Kenapa? Karena di bagian kanan dan kiri notch akan menampilkan berbagai informasi penting seperti baterai, tanggal, dan juga jam.

2. Fitur autofill

Selain mendukung sepenuhnya desain layar notch, sistem operasi Android P juga akan mendapatkan fitur tambahan autofill. Dengan adanya fitur autofill tersebut, pengguna tidak perlu repot-repot lagi memasukkan ID maupun Password di beberapa aplikasi atau website yang tidak mendukung autofill Google di sistem operasi Android versi sebelumnya.

3. Optimasi penggunaan baterai

Oreo memang merupakan versi sistem operasi Android yang dikatakan sudah menerapkan optimasi penggunaan baterai. Namun demikian, tampaknya Google sendiri masih belum cukup puas dengan hasilnya.

Oleh sebab itu, Android P dikatakan akan dibekali dengan berbagai fitur yang lebih baik untuk bisa meningkatkan efisiensi penggunaan baterai.

4. Fitur keamanan yang jauh lebih ketat

Selain meningkatkan performa smartphone, sistem operasi Android P juga akan memiliki fitur keamanan yang jauh lebih ketat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Fitur keamanan yang akan disematkan di Android P akan membatasi aplikasi dalam menggunakan beberapa hardware smartphone seperti microphone, kamera, dan bahkan sensor dari smartphone yang sedang dalam kondisi tidak digunakan.

5. Mendukung pengembangan kecerdasan buatan

Hal menarik terakhir yang akan dimiliki oleh Android P adalah adanya dukungan penuh untuk pengembangan kecerdasan buatan. Google menyematkan Neural Network API khusus yang akan memudahkan para pengembang membuat AI di dalam sistem operasi Android.

Ya, memang Neural Network API ini sudah ada di sistem operasi Android versi 8.1, namun fitur Neural Network API akan semakin ditingkatkan fungsinya di versi 9.0 ini.

Bagaimana? Sangat menarik bukan fitur-fitur baru yang akan dibawa oleh Android P? Mari tunggu bersama-sama kehadiran sistem operasi Android P secara resminya.

Tags: #Versi Android