Apakah Fitur NFC Begitu Dibutuhkan di Smartphone Masa Kini dan Mendatang?

Kalau diperhatikan, smartphone yang diluncurkan di tahun 2019 ini sudah mulai banyak yang dilengkapi dengan fitur khusus yang disebut dengan NFC. Menurut prediksi, di beberapa tahun kedepan, semua smartphone akan memiliki fitur tersebut.

Lalu apakah memang fitur NFC ini begitu penting dan juga dibutuhkan sehingga masuk menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada di dalam smartphone masa depan?

Meskipun saat ini masih belum begitu banyak digunakan, ternyata memang fitur NFC itu akan sangat dibutuhkan di beberapa tahun kedepan.

Lalu untuk apa fitur NFC tersebut di beberapa tahun mendatang? Bagi anda yang memang masih belum begitu paham mengenai apa manfaat dari fitur NFC yang disematkan di dalam smartphone, anda bisa pelajari mengenai apa saja manfaat dari fitur tersebut di dalam artikel ini.

Apa NFC Itu?

Sebelum membahas mengenai apa saja manfaat fitur NFC yang disematkan di dalam smartphone di masa depan, anda perlu tau terlebih dahulu sebenarnya apa yang disebut dengan fitur NFC itu.

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication. Seperti singkatannya, fitur NFC ini adalah fitur yang membuat smartphone yang kita gunakan bisa berkomunikasi dengan perangkat lain tanpa menggunakan media fisik lagi.

Dengan menggunakan NFC, smartphone bisa berkomunikasi dengan perangkat lain yang memiliki fitur NFC juga dengan melalui gelombang frekuensi radio.

Yang pasti, dengan adanya fitur NFC ini, proses memindahkan data dari satu perangkat ke perangkat lain jadi makin mudah dan juga makin cepat.

Macam-Macam Penerapan Fitur NFC yang Ditanamkan di Dalam Smartphone di Masa Depan

Lalu apa saja manfaat fitur NFC tersebut sehingga kemungkinan besar akan menjadi fitur yang wajib ada di semua smartphone di masa depan?

Sebenarnya, fitur NFC ini bisa diterapkan di banyak hal. Berikut ini adalah beberapa penerapan fitur NFC yang akan makin memudahkan kehidupan manusia di masa depan:

  1. Melakukan pembayaran secara cashless

Penerapan fitur NFC yang disematkan di dalam smartphone yang pertama adalah untuk mempermudah melakukan pembayaran secara cashless.

Jadi jika mau membayar sesuatu, anda hanya perlu mendekatkan smartphone anda ke fitur NFC pasif yang nantinya tersedia di kasir.

Dengan adanya fitur NFC ini, kemungkinan besar smartphone juga akan menjadi dompet digital anda selama bepergian.

  1. Menggantikan fungsi dari karcis ataupun tiket fisik

Selain mempermudah proses pembayaran secara cashless, fitur NFC yang saat ini mulai dibenamkan di banyak smartphone juga nantinya akan bisa menggantikan fungsi dari karcis fisik.

Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa karcis ataupun tiket fisik ketika teknologi NFC sudah benar-benar diimplementasikan sepenuhnya di kehidupan.

Pasalnya, anda hanya perlu mendekatkan smartphone anda saja ke NFC pasif untuk menggantikan karcis ataupun tiket fisik.

Selain lebih praktis, penggunaan fitur NFC untuk menggantikan karcis maupun tiket fisik ini sekaligus dapat menghemat penggunaan kertas dan menyelamatkan berjuta-juta pohon yang harus ditebang untuk memproduksi kertas.

  1. Sebagai pengganti kunci fisik

Bukan hanya sekedar karcis atau tiket saja, fitur NFC yang ada di dalam smartphone juga bahkan bisa dijadikan sebagai pengganti kunci fisik.

Selain jauh lebih praktis karena anda tidak perlu lagi membawa kunci fisik kemanapun anda pergi, penggunaan fitur NFC sebagai pengganti kunci fisik juga dapat meningkatkan keamanan karena tidak ada lagi yang bisa menggandakan kunci rumah ataupun kunci brankas dimana anda menyimpan barang-barang berharga anda.

  1. Mempermudah bertukar kontak dengan orang lain

Penerapan fitur NFC di smartphone yang bisa saja dilakukan di masa depan adalah memudahkan anda dalam bertukar kontak dengan orang lain.

Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot mencatat dan memberikan nomor telepon anda kepada orang lain ataupun kartu nama anda. Yang perlu anda lakukan hanyalah mendekatkan saja smartphone anda ke smartphone orang lain. Dengan begitu, anda sudah bisa bertukar kontak dengan orang tersebut.

Sebenarnya, masih ada banyak sekali penerapan teknologi NFC yang saat ini sudah mulai disematkan di cukup banyak smartphone. Kemungkinan besar, di beberapa tahun kedepan fitur NFC akan makin banyak digunakan untuk mempermudah banyak hal.

Tags: #Fitur NFC Smartphone