Apakah Kita Perlu Pasang Antivirus di Smartphone Android?

apakah perlu install antivirus di smartphone android 600x300 » Apakah Kita Perlu Pasang Antivirus di Smartphone Android?

Smartphone Android memang jadi smartphone yang paling banyak digunakan di era sekarang. Selain itu, sistem operasi Android juga jadi sistem operasi yang sudah bisa dikatakan mengalahkan sistem operasi Windows dari Microsoft.

Oleh sebab itu, maka tidak heran jika mulai banyak virus yang ditemukan menyerang sistem operasi Android. Melihat fakta tersebut, banyak orang yang menggunakan smartphone Android mulai mengambil langkah reaktif seperti memasang aplikasi antivirus di smartphonenya.

Lalu apakah memang memasang aplikasi antivirus di smartphone Android itu perlu dilakukan? Apakah aplikasi antivirus yang dipasang di smartphone Android itu memang benar-benar bisa membasmi virus-virus yang nakal? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa simak penjelasannya lebih lengkap di dalam artikel ini.

Kelemahan Memasang Aplikasi Antivirus di Smartphone Android

Jika berbicara mengenai apakah aplikasi antivirus benar-benar bisa melindungi smartphone Android dari serangan virus, sebenarnya hal tersebut belum bisa dipastikan.

apakah perlu install antivirus di smartphone android » Apakah Kita Perlu Pasang Antivirus di Smartphone Android?

Kenapa? Karena sebenarnya aplikasi antivirus di smartphone Android sendiri masih punya banyak kelemahan. Seperti apa saja kelemahan antivirus di smartphone Android itu? Berikut ini adalah beberapa kelemahannya:

  1. Masih lebih fokus pada aplikasi penghapus cache

Jika diperhatikan, sebenarnya mayoritas aplikasi antivirus yang bisa digunakan di smartphone Android itu belum benar-benar berfungsi mendeteksi dan melakukan karantina terhadap file yang diduga sebagai file virus.

Mayoritas aplikasi antivirus yang bisa dipasang di dalam smartphone Android masih fokus dalam menghapus cache di dalam memori internal smartphone.

Jika dilihat dari kegunaannya, sudah dapat dipastikan bahwa sebenarnya aplikasi antivirus masih memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi cleaner.

  1. Aplikasi antivirus sering memberatkan sistem Android sendiri

Selain belum benar-benar punya fungsi selayaknya antivirus, aplikasi antivirus di smartphone Android itu juga masih sering memberatkan kinerja sistem Android sendiri.

Oleh sebab itu, banyak sekali pengguna smartphone Android yang mengeluh smartphone yang dimilikinya mulai terasa lemot setelah dipasangi dengan aplikasi antivirus.

  1. Hanya menggunakan daftar hitam aplikasi dari Google Playstore saja

Kelemahan lain dari aplikasi antivirus di smartphone Android adalah hanya memanfaatkan daftar hitam aplikasi dari Google Playstore saja untuk mengamankan smartphone.

Jadi sebenarnya, tanpa anda memasang antivirus sekalipun, sebenarnya smartphone andapun tidak akan bisa diserang dari aplikasi yang masuk daftar hitam Playstore miliki Google.

Jadi bisa disimpulkan jika sampai saat ini, mayoritas aplikasi antivirus yang bisa digunakan di smartphone Android itu hampir tidak melakukan apapun untuk melindungi smartphone dari serangan virus.

Solusi Terbaik Untuk Mengurangi Serangan Virus Kedalam Smartphone Android

Karena memang mayoritas aplikasi antivirus yang bisa dipasang di smartphone Android itu belum bisa berfungsi secara maksimal, maka lebih baik anda tidak memasang aplikasi antivirus sama sekali.

Sebagai gantinya, anda bisa melakukan beberapa hal ini untuk memperkecil risiko smartphone Android anda terkena serangan virus:

  • Hanya unduh dan pasang aplikasi dari Playstore saja

Salah satu alasan kenapa smartphone Android bisa sampai terserang virus adalah karena anda memasang aplikasi yang diluar Playstore.

Aplikasi yang diunduh diluar Playstore itu sama sekali tidak bisa dijamin bebas dari file-file malware maupun virus.

Oleh sebab itu, pastikan hanya unduh dan pasang aplikasi dari Playstore saja. Pasalnya, Google sudah mempunya sistem khusus untuk mendeteksi developer aplikasi nakal yang menyisipkan file-file virus ataupun malware di dalam aplikasinya.

Jika memang ditemukan adanya file malware ataupun virus, maka Google akan secara otomatis menghapus aplikasi dari Playstore dan juga dari smartphone anda.

  • Batasi permission yang anda berikan pada aplikasi yang terpasang di smartphone Android anda

Yang terakhir, anda juga sebaiknya selalu cek masalah permission yang anda berikan pada masing-masing aplikasi yang anda pasang di dalam smartphone anda.

Sebisa mungkin, batasi permission aplikasinya untuk mengakses informasi penting di dalam smartphone anda seperti informasi kontak dan juga ruang penyimpanan atau storage.

Sebenarnya, jika anda melakukan 2 hal itu saja, smartphone Android yang anda miliki akan jauh lebih aman dari serangan virus ataupun malware meskipun tidak dipasangi dengan aplikasi antivirus sama sekali.