Apakah Membersihkan RAM Smartphone Android Secara Manual Banyak Manfaatnya?

keuntungan kerugian membersihkan ram smartphone android secara manual 600x300 » Apakah Membersihkan RAM Smartphone Android Secara Manual Banyak Manfaatnya?

Salah satu hal atau kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh pengguna smartphone berbasis sistem operasi Android adalah membersihkan RAM secara manual.

Hal ini biasanya dilakukan setiap kali pengguna smartphone mau membuka aplikasi dan juga setelah selesai menggunakan aplikasi tertentu.

Menurut informasinya, membersihkan RAM secara manual di smartphone Android itu bisa mempercepat kinerja smartphone ketika membuka aplikasi baru.

Masalahnya, apakah sudah ada yang membuktikan bahwa dengan membersihkan RAM secara manual di smartphone Android itu memang banyak manfaatnya? Apakah hal tersebut bukan hanya sebuah mitos belaka saja?

Bagi anda yang mau tau fakta mengenai apakah membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu memang banyak manfaatnya atau hanya sekedar mitos, anda bisa pelajari lebih lengkap di dalam artikel ini.

Fakta Sebenarnya dari Membersihkan RAM Smartphone Android Secara Manual

Apakah membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu memang banyak manfaatnya? Faktanya, membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu tidak memberikan manfaat apapun.

Bahkan bisa dikatakan jika membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu justru dapat membuat smartphone bekerja lebih berat.

Kenapa? Karena mau tidak mau, sistem operasi Android harus menjalankan kembali semua aplikasi yang ditutup secara paksa ketika anda membersihkan RAM smartphone Android secara manual.

keuntungan kerugian membersihkan ram smartphone android secara manual » Apakah Membersihkan RAM Smartphone Android Secara Manual Banyak Manfaatnya?

Padahal, mayoritas RAM yang dibersihkan secara manual itu digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan juga sistem yang sebenarnya selalu berjalan di belakang layar.

Jadi dengan membersihkan RAM smartphone secara manual, sebenarnya pengguna smartphone Android itu sama sekali tidak mendapatkan manfaat apapun.

Bahkan bisa dikatakan kebiasaan yang anda lakukan tersebut justru hanya membuat smartphone jadi bertambah berat kinerjanya. Dan lagi, kebiasaan membersihkan RAM secara manual juga membuat smartphone menggunakan lebih banyak daya baterai.

Kenapa? Karena ketika harus menjalankan ulang beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar, maka chipset harus bekerja lebih berat dan itu artinya lebih banyak daya baterai yang dikonsumsi.

Apa yang Seharusnya Dilakukan Untuk Mempercepat Kinerja Smartphone Android?

Jika memang membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu tidak memberikan efek apapun dan bahkan bisa membuat smartphone bekerja lebih berat, lalu apa yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerja smartphone?

Daripada membersihkan RAM smartphone Android secara manual, anda yang mau bisa mempercepat kinerja smartphone Android lebih disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menghapus atau disable aplikasi yang memang tidak pernah anda gunakan

Daripada selalu membersihkan RAM smartphone Android secara manual, lebih baik mulai sekarang cek mana saja aplikasi yang tidak pernah anda gunakan di dalam smartphone anda.

Setelah itu, mulailah hapus satu per satu aplikasi tersebut dari smartphone anda. Jika memang aplikasinya tidak bisa dihapus karena merupakan bloatware, anda bisa disable saja aplikasi tersebut.

Kenapa anda harus mulai menghapus atau disable aplikasi yang jarang digunakan di smartphone Android anda? Karena dengan begitu, anda bisa mengurangi jumlah aplikasi yang menggunakan RAM smartphone anda dari sumbernya.

Daripada berulang kali membersihkan RAM, lebih baik kurangi langsung aplikasi yang tidak terpakai di smartphone anda.

  • Menghapus cache dan juga tracker yang tersimpan di dalam smartphone Android anda

Selain menghapus atau disable aplikasi yang tidak pernah anda gunakan di dalam smartphone Android, anda juga bisa mempercepat kinerja smartphone anda dengan rutin menghapus cache dan juga tracker yang terpasang di dalam smartphone anda.

Perlu anda ketahui, sebenarnya cache dan juga tracker inilah yang membebani kinerja smartphone anda. Pasalnya, setiap cache dan juga tracker itu bisa berjalan terus di belakang layar.

Jika jumlahnya ada ratusan atau ribuan, sudah pasti smartphone Android andapun akan terasa makin lemot. Dan membersihkan RAM secara manual jelas bukan solusinya.

Oleh sebab itu, sering-seringlah menghapus cache dan juga tracker yang biasanya terdapat di aplikasi yang paling sering anda gunakan, terutama aplikasi browser.

Sekarang sudah paham bukan bahwa membersihkan RAM smartphone Android secara manual itu cuma mitos saja? Mulai sekarang, coba bersih-bersih aplikasi yang tidak terpakai, cache dan juga tracker saja ya.