Aplikasi Playstore Sering Crash atau Tidak Bisa Dibuka? Begini Solusinya

solusi aplikasi playstore sering crash atau tidak bisa dibuka 600x300 » Aplikasi Playstore Sering Crash atau Tidak Bisa Dibuka? Begini Solusinya

Untuk pengguna smartphone Android, Playstore jelas adalah aplikasi yang paling penting. Ini dikarenakan bahwa Playstore adalah aplikasi inti dimana pengguna smartphone Android bisa mengunduh dan memasang aplikasi resmi dari berbagai developer.

Namun aplikasi Playstore yang terpasang di smartphone Android itu terkadang juga bisa mengalami kendala. Jika sedang bermasalah, aplikasi Playstore yang terpasang di dalam smartphone Android ini bisa saja tidak bisa dibuka atau bahkan crash setiap kali dibuka.

Apakah anda saat ini juga mengalami masalah tersebut? Jika aplikasi Playstore yang terpasang di smartphone Android anda tidak bisa dibuka atau mengalami crash, anda bisa mencoba mengatasinya dengan menggunakan beberapa cara yang dijelaskan di dalam artikel ini.

Penyebab Aplikasi Playstore di Smartphone Android Bisa Sampai Mengalami Crash atau Tidak Bisa Dibuka

Sebelum membahas mengenai bagaimana caranya mengatasi masalah aplikasi Playstore yang crash atau tidak bisa dibuka di smartphone Android, pertama-tama anda harus tau terlebih dahulu apa saja yang bisa menyebabkan masalah tersebut.

solusi aplikasi playstore sering crash atau tidak bisa dibuka » Aplikasi Playstore Sering Crash atau Tidak Bisa Dibuka? Begini Solusinya

Berikut ini adalah beberapa hal yang cukup sering jadi penyebab aplikasi Playstore di smartphone Android tidak bisa dibuka atau mengalami crash:

  • Jaringan internet anda sangat lambat

Hal pertama yang paling sering jadi penyebab aplikasi Playstore tidak bisa dibuka adalah karena jaringan internet di smartphone Android anda sangat lambat.

Ketika jaringan internet smartphone Android anda sangat lambat, secara otomatis aplikasi Playstore tidak akan bisa terhubung ke server. Oleh sebab itu, tidak heran jika akhirnya aplikasi Playstore hanya menampilkan layar blank berwarna putih.

  • Sistem operasi Android sudah diroot

Selain karena masalah jaringan internet yang terlalu lambat, aplikasi Playstore di smartphone Android bisa mengalami crash atau tidak bisa dibuka juga karena alasan sistem operasi Android yang digunakan di smartphone sudah diroot.

Ketika sistem operasi Android sudah diroot, maka secara otomatis smartphone tersebut sudah tidak bisa mengakses aplikasi Playstore lagi.

  • Tanggal dan waktu di smartphone Android tidak sesuai

Aplikasi Playstore yang terpasang di dalam smartphone Android juga bisa mengalami crash ataupun tidak bisa dibuka karena pengaturan tanggal dan waktu di smartphone Android anda tidak sesuai.

Hal ini bisa terjadi karena berhubungan dengan keamanan pada sistem operasi Android. Jika pengaturan tanggal dan waktu di smartphone Android anda tidak sesuai, maka sistem akan mendeteksi adanya celah keamanan sehingga anda tidak akan bisa mengakses aplikasi inti seperti aplikasi Playstore.

Cara Mengatasi Aplikasi Playstore yang Tidak Bisa Dibuka atau Crash di Smartphone Android

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa jadi penyebab kenapa aplikasi Playstore tidak bisa dibuka atau crash di smartphone Android, anda bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Pastikan jaringan internet di smartphone Android lancar

Cara pertama mengatasi masalah aplikasi Playstore yang tidak bisa dibuka atau crash di smartphone Android adalah dengan memastikan bahwa jaringan internet di smartphone anda benar-benar lancar.

Jika memungkinkan, hubungkan smartphone Android dengan jaringan WiFi yang jauh lebih stabil jika dibandingkan dengan jaringan GSM.

  • Coba perbarui versi aplikasi Playstore

Jika jaringan internet di smartphone Android cukup lancar namun aplikasi Playstore masih saja crash setiap kali dibuka, maka anda bisa mencoba memperbarui versi aplikasi Playstore yang terpasang di smartphone Android anda.

Cara memperbarui versi aplikasi Playstore yang terpasang di dalam smartphone Android adalah dengan membuka aplikasi Playstore kemudian pilih menu pengaturan atau setting.

Setelah itu, scroll layar hingga pada menu about. Tekan menu yang menunjukkan versi aplikasi Playstore. Jika aplikasi Playstore di smartphone Android anda sudah paling baru, maka di layar akan muncul tulisan “Google Playstore is up to date”.

  • Paksa berhenti dan hapus cache aplikasi Playstore

Jika versi aplikasi Playstore di smartphone Android sudah paling baru namun tidak bisa dibuka atau crash, maka cara terakhir untuk mengatasinya adalah dengan menghentikan paksa aplikasi Playstore dan menghapus cache aplikasinya.

Cara menghentikan paksa dan menghapus cache aplikasi Playstore adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan smartphone. Setelah itu pilih menu apps.

Dari dalam menu apps, cari aplikasi Playstore. Masuk kedalam menu aplikasi Playstore. Setelah itu tekan tombol paksa berhenti dan hapus cache aplikasi Playstore.

Jika sudah melakukan hal tersebut, anda bisa coba buka aplikasi Playstore dan login dengan akun Google anda sekali lagi.

Bagaimana? Dari 3 cara mengatasi aplikasi Playstore yang tidak bisa dibuka atau crash di smartphone Android tersebut, manakah yang berhasil menormalkan kembali aplikasi Playstore di smartphone Android anda?