Begini Cara Cek IMEI iPhone Kurang dari 1 Menit

41 views

Cara cek IMEI IPhone adalah hal pertama dan utama yang wajib anda ketahui sebelum anda membeli IPhone dalam kondisi bekas atau second. Kenapa anda harus tau terlebih dahulu tentang bagaimana caranya untuk cek IMEI IPhone sebelum membelinya? Hal tersebut disebabkan karena cek IMEI adalah salah satu cara termudah dan juga akurat untuk memastikan bahwa IPhone bekas yang mau anda beli memang benar-benar produk asli dari Apple.

Berbicara mengenai cara cek IMEI IPhone, caranya memang ada banyak. Namun dari sekian banyak cara untuk cek IMEI di perangkat IPhone, ada beberapa cara yang cukup mudah dan juga cepat. Baca lebih lanjut mengenai bagaimana caranya cek IMEI IPhone dengan cepat dan mudah kurang dari 1 menit di dalam artikel ini.

Cek IMEI IPhone dari Menu Pengaturan atau Settings

Cara cek IMEI IPhone yang pertama adalah dengan membuka langsung pada menu pengaturannya. Lalu bagaimana langkah-langkahnya? Berikut adalah langkah-langkah menemukan IMEI IPhone langsung dari menu pengaturan atau settings:

  1. Hidupkan terlebih dahulu IPhone yang mau anda cek IMEI-nya.
  2. Setelah itu, masuk kedalam menu pengaturan atau settings.
  3. Pilih menu general atau umum.
  4. Jika sudah, pilih lagi menu about atau mengenai.
  5. IMEI IPhone yang sedang anda gunakan tersebut adalah yang terulis pada kolom nomor seri di dalam menu about atau mengenai.

Cara cek berapa IMEI IPhone yang pertama ini memang bisa dikatakan cukup mudah dan juga cepat. Pasalnya, anda hanya perlu melihatnya langsung dari dalam sistem IPhonenya sendiri.

Namun demikian, bagaimana jika anda sama sekali tidak bisa masuk kedalam IOS? Bagaimana jika IPhone tersebut dalam kondisi bootloop? Jika memang demikian kondisinya, anda masih bisa menemukan IMEI IPhone dengan menggunakan cara lain.

Cek IMEI IPhone dari Perangkat Secara Langsung

Jika memang kondisi anda tidak memungkinkan untuk cek secara langsung IMEI IPhone dari sistemnya, bukan berarti tidak ada cara cek IMEI IPhone lain yang bisa anda gunakan.

Anda masih bisa cek IMEI IPhone secara langsung dari perangkatnya. Pasalnya, Apple memang menuliskan juga IMEI IPhone di beberapa bagian fisik perangkatnya.

Berikut ini adalah beberapa bagian fisik perangkat dimana anda bisa menemukan IMEI dari IPhone tersebut:

  • Di cover belakang

Pada IPhone seri 5 (IPhone 5, IPhone 5s, IPhone 5c), IPhone SE, dan juga IPhone 6 (IPhone 6 dan IPhone 6 Plus), anda bisa menemukan informasi IMEI di bagian cover belakang.

Anda bisa melihat IMEI di bawah tulisan IPhone yang terletak di bagian cover belakang. 14 digit pertama dari IMEI tersebut adalah MEID dari perangkat IPhone.

  • Di SIM Tray

Bagaimana jika cover bagian belakang IPhone sudah pernah diganti? Apakah sudah tidak ada lagi cara untuk mengetahui berapa IMEI-nya?

Ternyata, anda masih bisa cek berapa IMEI IPhone dari SIM Tray. Anda bisa melihat beberapa digit angka (antara 15 sampai 16 digit angka) terukir di SIM Tray IPhone. Angka-angka tersebut adalah IMEI dari IPhone tersebut.

Cek IMEI IPhone Dengan ITunes

Yang paling luar biasa dari semua produk buatan Apple itu adalah ekosistemnya. Jadi anda bisa dengan mudah menghubungkan semua perangkat buatan Apple untuk keperluan banyak hal.

Hal tersebut terbukti juga dalam hal cara cek IMEI IPhone. Untuk bisa mengetahui berapa IMEI dari IPhone, anda bisa dengan mudah menghubungkan perangkat ke aplikasi ITunes yang sudah anda pasang di komputer ataupun laptop.

Setelah IPhone terhubung dengan ITunes, anda hanya perlu masuk kedalam menu ringkasan. Dari dalam menu tersebut, anda sudah bisa melihat informasi lengkap seputar IPhone yang terhubung dengan aplikasi ITunes, termasuk informasi IMEI IPhone tersebut.

Selain bisa digunakan untuk cek IMEI IPhone, aplikasi ITunes ini juga seringkali digunakan untuk cek keaslian IPhone oleh orang-orang yang mau membeli IPhone dalam kondisi bekas atau second.

Pasalnya, hanya IPhone asli saja yang akan terdeteksi di dalam aplikasi ITunes ini. Jika bukan IPhone yang dihubungkan, aplikasi tidak akan mendeteksi perangkat tersebut.

Cara Cek Keaslian IMEI IPhone Sebelum Memutuskan Untuk Membelinya

Bagaimana? Anda sudah paham bukan bahwa ada banyak sekali cara cek IMEI IPhone yang tidak butuh waktu lebih dari 1 menit?

Namun masalahnya, bagaimana caranya anda tau bahwa IMEI IPhone tersebut benar-benar asli? Pasalnya, sekarang ini ada banyak sekali cara untuk memalsukan IMEI IPhone.

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara cek keaslian dari IMEI IPhone yang anda dapatkan setelah melakukan pengecekan, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Pastikan untuk cek IMEI IPhone menggunakan lebih dari 1 cara. Setelah itu, bandingkan apakah IMEI yang anda temukan memang sama.

Jika anda menemukan bahwa hasil pengecekan IMEI menggunakan cara satu dengan yang lain tidak sama, maka anda perlu waspada. Kemungkinan besar IPhone tersebut adalah IPhone BM.

  • Cek IMEI yang anda dapatkan langsung ke website resmi Apple. Di dalam website tersebut, anda bisa cek lebih lanjut mengenai asli tidaknya IMEI IPhone yang anda temukan setelah melakukan pengecekan baik pada sistem maupun pada fisik dari perangkatnya.

Jika IMEI perangkat IPhone memang asli, seharusnya anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar perangkat tersebut ketika anda memasukkan IMEI di website resmi dari Apple.

Bagaimana? Seharusnya sekarang anda sudah paham bukan bagaimana caranya membedakan antara IPhone Garansi Distributor dan Resmi setelah tau cara cek IMEI IPhone?

Jadi jika nanti memang anda berencana untuk membeli IPhone bekas atau second, jangan buru-buru beli ya. Cek dulu apakah IMEI IPhone tersebut tembus dan juga resmi ya.

Tags: #Cara Cek IMEI iPhone