Begini Cara Factory Reset HP Xiaomi yang Terkunci Akun Mi Cloud

24 views

Cara factory reset HP Xiaomi itu memang sangat mudah. Anda memang hanya perlu mengakses setelan tambahan di dalam HP Xiaomi untuk melakukan factory reset.

Namun bagaimana jika kondisi HP Xiaomi tersebut terkunci dengan akun Mi Cloud? Jika kondisi HP Xiaomi masih terkunci akun Mi Cloud dan lebih parahnya lagi, anda tidak tau password akun Mi Cloudnya, maka anda tidak akan bisa melakukan factory reset pada HP Xiaomi tersebut.

Kenapa? Karena setiap kali mau melakukan factory reset, sistem akan meminta anda memasukkan password akun Mi Cloud terlebih dahulu sebagai tindakan pengamanan.

Memang benar, ada cara khusus untuk bisa membuka kembali akun Mi Cloud ketika anda tidak tau atau lupa dengan passwordnya. Namun sayangnya, prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bagaimana jika anda mau butuh melakukan factory reset sekarang juga karena mau menjual HP Xiaominya? Bagi anda yang memang butuh solusi yang cepat, anda bisa pelajari bagaimana cara factory reset HP Xiaomi yang terkunci akun Mi Cloud dengan cepat di dalam artikel ini.

Langkah-Langkah Non Aktifkan Akun Mi Cloud di HP Xiaomi

Satu-satunya cara factory reset HP Xiaomi yang terkunci dengan akun Mi Cloud adalah dengan non aktifkan terlebih dahulu akun tersebut dari HP Xiaomi anda.

Lalu bagaimana caranya non aktifkan akun Mi Cloud jika anda sendiri saja tidak tau passwordnya? Berikut ini adalah langkah-langkah non aktifkan akun Mi Cloud yang ada di dalam HP Xiaomi anda:

  1. Buka halaman resmi dari Mi Cloud dengan menggunakan browser di PC, laptop, ataupun HP lain.
  2. Setelah berhasil mengakses halaman resmi Mi Cloud, pilih menu “masuk dengan akun Mi”.
  3. Karena anda sama sekali tidak tau data login dari akun Mi Cloud di HP Xiaomi anda, maka pilih login dengan menggunakan QR. Caranya adalah tekan tombol QR yang berada pada pojok kanan atas halaman login akun Mi.
  4. Setelah muncul QR, masuk kedalam menu akun Mi di dalam HP Xiaomi yang mau anda factory reset. Pilih simbol 3 titik vertikal yang berada di pojok kanan atas menu Akun Mi HP Xiaomi anda.
  5. Jika anda menekan simbol 3 titik vertikal tersebut, maka HP Xiaomi anda akan secara otomatis mengaktifkan mode scan QR.
  6. Arahkan kamera untuk scan QR yang ditampilkan di halaman resmi Mi Cloud yang anda buka di browser PC, laptop, ataupun HP lain sebelumnya.
  7. Jika berhasil di scan, anda sudah bisa masuk kedalam akun Mi dari website.
  8. Setelah berhasil masuk kedalam akun Mi dari website resminya, mulai cari menu find my device. Pilih disable menu find my device.
  9. Jika anda sudah disable fitur find my device dari dalam akun Mi melalui website, restart HP Xiaomi anda.
  10. Setelah HP Xiaomi booting ke menu, cek apakah find my device di dalam menu Akun Mi sudah non aktif. Jika ternyata fitur find my device masih dalam kondisi On, coba lakukan langkah-langkahnya sekali lagi dari awal.

Jika fitur find my device di HP Xiaomi anda sudah non aktif, maka anda bisa mulai mencoba melakukan factory reset pada HP Xiaomi anda.

Langkah-Langkah Melakukan Factory Reset Setelah Non Aktifkan Akun Mi Cloud di HP Xiaomi

Jika anda sudah berhasil mematikan fitur find my device di dalam akun Mi Cloud yang terhubung dengan HP Xiaomi anda, maka anda sudah bisa mencoba melakukan factory reset.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan factory reset pada HP Xiaomi setelah anda non aktifkan akun Mi Cloud di dalamnya:

  1. Masuk kedalam menu pengaturan di dalam HP Xiaomi anda.
  2. Cari menu setelan tambahan.
  3. Pilih menu factory reset.

Jika anda sudah berhasil non aktifkan fitur find my device di dalam akun Mi Cloud, seharusnya anda tidak akan diminta memasukkan password akun Mi lagi ketika melakukan factory reset.

Selanjutnya, anda hanya perlu menunggu proses factory reset HP Xiaomi anda selesai. Pada umumnya, proses factory reset HP Xiaomi berlangsung kurang lebih selama 10 menit.

Note:

Ketika selesai melakukan factory reset pada HP Xiaomi, nantinya akun Mi yang sebelumnya tersinkronisasi dengan HP Xiaomi anda akan hilang. Jika anda masih mau menggunakan akun Mi untuk meningkatkan keamanan data di dalam HP Xiaomi yang anda miliki, anda disarankan untuk membuat akun Mi baru dan mencatat data login seperti email dan passwordnya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara factory reset HP Xiaomi yang terkunci dengan akun Mi itu? Jadi sekarang tak perlu pusing lagi bukan jika anda lupa dengan password akun Mi yang terhubung dengan HP Xiaomi anda?

Tags: #Factory Reset HP Xiaomi