Begini Cara Menghapus Malware di Dalam Smartphone Android

Kalau berbicara soal malware, smartphone Android memang yang paling banyak mendapatkan serangan malware. Sampai saat ini, sudah tidak terhitung lagi berapa jenis malware yang sudah pernah menghebohkan pengguna smartphone Android.

Jika dilihat, memang smartphone Android yang sudah disusupi malware itu tampaknya tidak memberikan kerugian apapun. Namun ternyata, menggunakan smartphone Android yang sudah disusupi malware itu menyimpan kerugian yang luar biasa besar.

Beberapa kerugian yang berpotensi harus ditanggung oleh pengguna smartphone Android yang sudah disusupi malware adalah seperti berikut ini:

  • Data-data yang tersimpan di dalam smartphone Android sudah pasti bisa dicuri dengan mudah oleh pembuat dan penyebar malware.
  • Smartphone Android makin lama akan makin terasa lambat karena RAM bisa sepenuhnya digunakan untuk menjalankan malware.
  • Selain terasa lambat, daya tahan baterai smartphone Android yang sudah disusupi malware juga akan terasa lebih boros.

Lalu apakah tidak ada cara untuk menghapus malware yang sudah terlanjur menyusup kedalam smartphone Android? Ternyata, masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus malware yang menyusup kedalam smartphone Android.

Bagi anda yang mau tau bagaimana caranya menghapus malware yang menyusup kedalam smartphone Android, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 3 Macam Cara Untuk Menghapus Malware yang Menyusup Kedalam Smartphone Android

Jika smartphone Android yang anda miliki sudah positif disusupi malware, anda bisa mencoba menghapus file malware tersebut dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

  1. Hapus malware di dalam smartphone Android dengan memasang aplikasi malware detector

Cara menghapus file malware yang sudah terlanjur menyusup kedalam smartphone Android yang pertama adalah dengan memanfaatkan aplikasi malware detector.

Ada banyak sekali aplikasi malware detector yang bisa anda unduh secara gratis melalui Playstore. Namun jika memang mau hasil yang lebih maksimal, anda disarankan untuk menggunakan aplikasi malware detector yang berbayar.

Jika sudah diunduh dan juga dipasang di dalam smartphone Android, anda bisa mulai scan memori internal smartphone Android anda.

Pada umumnya, file malware akan menyusup kedalam file sistem Android. Oleh sebab itu, usahakan untuk scan file sistem terlebih dahulu.

Jika sudah ditemukan file malwarenya, hapus menggunakan aplikasi malware detector tersebut.

  1. Hapus malware yang menyusup kedalam smartphone Android dengan melakukan factory reset

Jika proses scan sama sekali tidak menunjukkan adanya file malware ada di dalam memori internal smartphone Android anda, maka bisa dikatakan bahwa malware yang menyusup kedalam smartphone Android anda sudah terlanjur menyusup kedalam file sistem.

Bila memang aplikasi malware detector sudah tidak mampu mendeteksi file malware, maka cara menghapus file malware berikutnya yang bisa anda gunakan adalah dengan melakukan factory reset pada smartphone Android yang anda miliki.

Dengan melakukan factory reset, anda tidak hanya bisa menghapus malware yang sudah menyusup kedalam sistem smartphone Android anda saja, namun andapun bisa mengembalikan semua pengaturan smartphone seperti ketika pertama kali dibeli.

  1. Hapus malware di dalam smartphone Android dengan melakukan flashing ROM

Jika malware yang menyusup di dalam smartphone Android anda cukup berbahaya, biasanya file malware tersebut juga bisa membatasi anda untuk melakukan factory reset.

Namun jika memang anda tidak bisa melakukan factory reset sekalipun, sebenarnya masih ada cara untuk benar-benar bisa menghapus malware yang bisa dikatakan sudah menguasai sistem Android di dalam smartphone anda tersebut.

Cara terakhir untuk menghapus file malware yang sudah terlanjur menguasai sistem Android di dalam smartphone anda adalah dengan melakukan flashing ROM.

Flashing ROM ini adalah memasang ulang sistem operasi Android menggunakan perangkat lain. Proses Flashing ROM ini membutuhkan file ROM original yang digunakan smartphone Android anda.

Selain itu, proses flashing ROM ini juga membutuhkan perangkat komputer ataupun laptop.

Jadi bagaimana? Dari 3 cara menghapus malware yang sudah terlanjur menyusup di dalam smartphone Android tersebut, manakah yang berhasil anda gunakan? Dan malware apa yang menyusupi smartphone Android anda?