Begini Cara Menyiasati Memori Internal Smartphone Android yang Penuh

trik siasati memori internal smartphone android penuh 600x300 » Begini Cara Menyiasati Memori Internal Smartphone Android yang Penuh

Jika berbicara soal smartphone Android entry level ataupun seri lama, masalah yang paling sering dialami di 2 kategori smartphone Android tersebut adalah masalah minimnya kapasitas memori internalnya.

Ketika kapasitas memori internal sebuah smartphone Android itu sangat minim, maka dapat dipastikan jika tidak butuh waktu terlalu lama sampai smartphone Android tersebut tidak bisa lagi menyimpan file-file penting yang anda miliki.

Lalu apakah solusi untuk mengatasi masalah memori internal smartphone Android yang penuh tersebut hanyalah dengan membeli smartphone Android seri baru saja?

Sebenarnya, masalah memori internal smartphone Android yang penuh tersebut bisa diatasi tanpa harus membeli smartphone baru.

Mau tau bagaimana caranya menyiasati masalah memori internal smartphone Android yang penuh selain membeli smartphone baru? Bagi anda yang mau tau bagaimana caranya, anda bisa baca detailnya di artikel ini.

4 Cara Menyiasati Smartphone Android yang Memori Internalnya Terlalu Penuh

Jika memori internal smartphone Android yang anda miliki ternyata sudah terlalu penuh, anda tidak harus membeli smartphone baru.

trik siasati memori internal smartphone android penuh » Begini Cara Menyiasati Memori Internal Smartphone Android yang Penuh

Sebenarnya hal tersebut masih bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara mudah. Berikut ini adalah beberapa cara menyiasati smartphone Android yang memori internalnya sudah terlalu penuh tanpa harus membeli smartphone baru:

  1. Hapus terlebih dahulu cache di memori internal

Salah satu penyebab kenapa smartphone Android sampai kehabisan memori internal biasanya bukan karena file-file yang anda simpan di dalam memori internal.

Habisnya kapasitas memori internal smartphone Android itu lebih sering terjadi karena banyaknya file cache yang menumpuk.

Oleh sebab itu, hal pertama yang harus anda lakukan jika memori internal smartphone Android yang anda miliki sudah terlalu penuh adalah menghapus cache di memori internalnya.

Cara untuk menghapus cache di memori internal smartphone Android adalah dengan masuk kedalam menu pengaturan dan cari menu storage. Setelah itu, pilih memori internal dan cari cache. Hapus semua cache yang tersimpan di dalam smartphone anda.

Selain itu, anda juga bisa masuk kedalam masing-masing aplikasi yang cukup sering anda gunakan untuk menghapus cache aplikasi secara manual.

  1. Tambahkan microSD sebagai penyimpanan eksternal

Jika memang kapasitas memori internal smartphone Android yang anda miliki cukup kecil, maka jangan ragu untuk menambahkan microSD.

microSD memang bisa digunakan sebagai penyimpanan eksternal. Namun saat ini, anda juga sudah bisa menggunakan microSD untuk menyimpan data-data aplikasi yang anda gunakan di dalam smartphone Android.

Dengan memindahkan aplikasi kedalam microSD, maka secara otomatis kapasitas memori internal smartphone Android yang anda miliki tidak akan penuh.

Namun memang, untuk memastikan kinerja smartphone Android yang anda miliki tetap maksimal, anda harus memilih menggunakan microSD kelas 10 yang memiliki kecepatan baca tulis paling tinggi dan juga stabil.

  1. Manfaatkan fitur penyimpanan awan di dalam smartphone Android

Selain menggunakan microSD, anda yang memiliki smartphone Android dengan kapasitas memori internal yang cukup kecil juga disarankan untuk memanfaatkan fitur penyimpanan awan.

Selain bisa menghemat kapasitas memori internal smartphone Android anda, fitur penyimpanan awan juga membuat anda lebih mudah mengakses file-file penting dari berbagai perangkat secara bersamaan.

Dan bukan hanya itu saja, jika sewaktu-waktu anda mau ganti smartphone Android, anda sudah tidak perlu lagi melakukan backup data jika sudah menggunakan fitur penyimpanan awan.

Pasalnya, semua data yang anda miliki sudah tersimpan di dalam penyimpanan awan bukan di dalam memori internal smartphone Android anda.

  1. Gunakan aplikasi pengganti yang memiliki ukuran file lebih kecil

Cara menyiasati masalah memori internal smartphone Android yang sudah terlalu penuh tanpa perlu membeli smartphone baru yang terakhir adalah dengan mengganti aplikasi yang anda gunakan.

Cari aplikasi yang fungsinya sama namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Dengan menggunakan aplikasi yang ukuran filenya lebih kecil, secara otomatis akan ada lebih banyak ruang kosong di dalam memori internal smartphone Android yang anda miliki.

Jadi bagaimana? Ternyata benar bukan bahwa solusi memori internal smartphone Android yang terlalu penuh itu tidak harus membeli smartphone baru? Ternyata masih ada bukan cara murah untuk menyiasati masalah tersebut?