Begini Caranya Mengaktifkan Fitur Parental Kontrol di Smartphone Android

panduan cara langkah mengaktifkan fitur parental kontrol smartphone android 600x300 » Begini Caranya Mengaktifkan Fitur Parental Kontrol di Smartphone Android

Semakin lama, semakin banyak saja jumlah orang tua yang mengeluhkan masalah putra putrinya yang lebih sering menghabiskan waktu bermain smartphone hingga lupa belajar.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk memarahi anak ataupun menyita smartphone agar putra putrinya tidak terus-terusan bermain smartphone.

Namun taukah anda bahwa sebenarnya ada solusi yang lebih baik tanpa harus marah-marah dengan putra putri kesayangan anda.

Salah satu cara membatasi penggunaan smartphone oleh putra putri anda adalah dengan memanfaatkan fitur parental kontrol. Semua smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

Sayangnya, belum banyak yang tau bagaimana cara mengaktifkan dan juga menggunakan fitur parental kontrol di smartphone Android tersebut.

panduan cara langkah mengaktifkan fitur parental kontrol smartphone android » Begini Caranya Mengaktifkan Fitur Parental Kontrol di Smartphone Android

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga belum tau bagaimana cara menggunakannya? Jika anda juga belum tau, anda bisa pelajari cara mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu di dalam artikel ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Parental Kontrol di Smartphone Android Dengan Membuat Profil Pengguna Baru

Memang benar, ada banyak cara untuk bisa mengaktifkan fitur parental kontrol di smartphone Android. Salah satunya adalah dengan cara membuat profil pengguna baru di dalam smartphone Android.

Nantinya, profil pengguna baru tersebut akan dibatasi dalam menggunakan beberapa aplikasinya.

Berikut ini adalah caranya membuat profil pengguna baru di smartphone Android:

  1. Masuk kedalam menu pengaturan smartphone (bukan menu pengaturan Google).
  2. Setelah masuk kedalam menu pengaturan, cari dan tekan menu penggguna atau user.
  3. Ketika sudah berhasil masuk kedalam menu user atau pengguna, pilih “add user or profile” atau “tambahkan pengguna atau profil”.
  4. Setelah itu akan muncul 2 pilihan yaitu “user” dan “restricted profile”. Untuk membuat profil baru yang bisa dibatasi penggunaannya, pilih “restricted profile”.
  5. Buat kode akses untuk mengganti profil. Hal ini wajib dilakukan agar putra putri anda tidak bisa dengan mudah mengganti profil smartphone ke profil user biasa lagi nanti.
  6. Jika sudah, selanjutnya anda hanya perlu memilih aplikasi apa saja yang bisa diakses sepenuhnya oleh “restricted profile”
  7. Kembali ke home dan coba gunakan “restricted profile” yang baru saja anda buat tadi.

Cara Mengaktifkan Fitur Parental Kontrol Smartphone Android Langsung dari Pengaturan Google Playstore

Bagi anda yang mungkin merasa bahwa cara mengaktifkan fitur parental kontrol di smartphone Android yang pertama itu terlalu rumit, maka anda bisa mencoba menggunakan cara berikutnya yaitu melalui pengaturan Google Playstore.

Berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan fitur parental kontrol smartphone Android melalui Google Playstore:

  1. Pertama-tama, masuk terlebih dahulu kedalam aplikasi Google Playstore.
  2. Setelah masuk kedalam Google Playstore, tekan 3 garis vertikal di dekat kolom pencarian.
  3. Kemudian, pilih setting atau pengaturan.
  4. Gulirkan layar ke bawah dan temukan menu parental control.
  5. Hidupkan fitur parental kontrol.
  6. Jika baru pertama kali mengaktifkan fitur parental kontrol, buat terlebih dahulu PIN untuk menonaktifkan dan juga mengaktifkan kembali fitur parental kontrol.
  7. Setelah berhasil membuat PIN, selanjutnya anda hanya perlu memilih aplikasi dengan rated usia berapa saja yang boleh diakses smartphone tersebut nantinya.
  8. Jika sudah, anda hanya perlu menekan tombol simpan saja di pojok kanan bawah.

Secara garis besar, memang pengaturan fitur parental kontrol di Google Playstore ini sudah bisa membatasi penggunaan serta konten-konten yang bisa diakses oleh putra putri anda dari smartphone.

Selain mengaktifkan fitur parental kontrol di smartphone Android, anda juga disarankan untuk mengaktifkan fitur autentifikasi ketika ada yang mau melakukan pembelian secara online melalui Google Playstore yang terpasang di dalam smartphone.

Dengan begitu, maka dapat dipastikan putra putri anda yang tersayang tidak bisa sembarangan dalam menggunakan smartphone Android hanya untuk bermain game ataupun untuk membeli berbagai in app item di game mobile sesuka hati.

Jadi bagaimana? Sangat mudah kan sebenarnya cara untuk melindungi putra putri anda yang tersayang agar tidak terus-terusan bermain menggunakan smartphone? Demi keamanan, segera aktifkan saja fitur parental kontrol di smartphone Android yang saat ini digunakan putra putri anda ya.