Begini Tanda Baterai Smartphone Anda Sudah Saatnya untuk Diganti

Sebagus apapun spesifikasi sebuah smartphone, semua itu tidak akan bisa berfungsi jika baterai smartphone tersebut dalam kondisi yang sudah tidak layak pakai.

Oleh sebab itu, anda juga sangat disarankan untuk sering-sering memperhatikan seperti apa kondisi baterai smartphone yang setiap hari anda gunakan.

Jika memang kondisi baterai smartphone yang anda gunakan sudah mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan fungsi, ada baiknya segera ganti dengan baterai yang baru atau beli smartphone baru.

Lalu seperti apa sebenarnya tanda-tanda yang bisa menunjukkan bahwa baterai smartphone yang anda gunakan sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru? Bagi anda yang mau tau tanda-tanda bahwa baterai smartphone sudah tidak layak pakai lagi, anda bisa pelajari selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Tanda yang Menunjukkan Bahwa Baterai Smartphone Anda Sudah Tidak Layak Pakai Lagi

Kapan anda harus mengganti baterai smartphone? Untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai smartphone, anda bisa gunakan tanda-tanda berikut ini:

  1. Baterai sudah tidak bisa diisi hingga penuh

Jika anda sudah mengisi daya baterai smartphone cukup lama, namun ketika digunakan persentase baterai tidak bisa terisi hingga penuh, maka hal ini adalah tanda pertama bahwa anda harus siap-siap untuk mengganti baterai smartphone anda.

Kenapa? Karena tidak bisa diisi hingga penuh adalah salah satu tanda bahwa ada cell baterai yang memang mengalami kerusakan sehingga baterai sudah tidak bisa menampung daya 100% seperti yang tertulis di spesifikasinya.

  1. Persentase baterai cepat menurun padahal smartphone digunakan seperti biasa

Baterai yang bisa diisi ulang hingga penuh itu belum jaminan kondisinya prima. Ada banyak sekali baterai smartphone yang bisa diisi ulang hingga 100% namun ternyata kondisinya sudah layak ganti.

Hal tersebut disebabkan karena ketika digunakan, baterai jadi terasa makin boros. Padahal smartphone sama sekali tidak digunakan untuk tugas berat.

Jadi jika tiba-tiba baterai smartphone anda mulai terasa boros padahal hanya digunakan seperti biasa, maka anda harus siap-siap untuk mengganti baterainya dengan yang baru.

  1. Fisik baterai mulai melembung atau membengkak

Selain dilihat dari fungsinya dan ketahanannya ketika digunakan, kondisi baterai smartphone yang sudah layak untuk diganti juga bisa dilihat dari fisiknya.

Jika fisik baterai smartphone yang anda gunakan sudah tampak mulai melembung atau membengkak, ada baiknya segera ganti baterai tersebut dengan yang baru.

Pasalnya, baterai yang sudah sampai membengkak atau melembung itu sangat berbahaya. Jika dibiarkan dan tidak segera diganti bisa meledak ketika kemasannya pecah.

  1. Baterai sudah tidak bisa diisi ulang

Selain baterai kelihatan mulai membengkak, baterai smartphone sebaiknya secepatnya diganti jika baterai sudah tidak bisa diisi ulang lagi dengan menggunakan charger bawaan smartphone.

Jika baterai smartphone hanya bisa diisi ulang dengan menggunakan charger portable (untuk baterai smartphone yang bisa dilepas), maka hal tersebut sebenarnya sudah jadi pertanda bahwa kondisi baterai smartphone anda sudah tidak layak pakai lagi.

  1. Smartphone tiba-tiba mati total

Tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa anda harus mengganti baterai smartphone yang anda gunakan adalah ketika tiba-tiba smartphone mati total.

Smartphone yang mati total tanpa ada sebab yang jelas, misalnya terjatuh itu biasanya disebabkan karena kondisi baterai yang sudah tidak layak pakai.

Pada umumnya, smartphone yang mati total secara tiba-tiba itu sudah bisa hidup dan digunakan lagi secara normal setelah diganti baterainya dengan yang baru.

Selain secepatnya mengganti baterai smartphone anda ketika merasakan tanda-tanda tersebut, ada baiknya ganti baterai smartphone anda dengan baterai yang original.

Pasalnya, baterai original yang sesuai dengan merek smartphone yang anda gunakan itu jauh lebih aman untuk digunakan.

Jika mau lebih aman lagi, sebenarnya memang baterai smartphone itu sebaiknya diganti setelah digunakan selama 2 sampai 3 tahun. Pasalnya, setelah digunakan selama 2 sampai 3 tahun, biasanya cell baterai sudah mulai mengalami penurunan meskipun belum begitu terasa ketika digunakan untuk memberikan suplai daya pada smartphone anda.

Jadi sekarang sudah paham kan mengenai kapan anda seharusnya mengganti baterai smartphone anda? Jangan tunda lagi ya jika memang tanda-tanda tersebut mulai anda rasakan.