Beli HP untuk Fotografi? Pahami Hal yang Mempengaruhi Kualitas Kamera Smartphone

Kalau dilihat, smartphone masa kini itu memang lebih menonjol fitur kamera dibandingkan dengan fitur lainnya. Kamera sudah jadi fitur penting dan bisa dikatakan primer di dalam smartphone masa kini apalagi bagi Anda yang hendak membeli Ponsel Pintar untuk keperluan fotografi.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tau bagaimana menentukan sebuah smartphone itu memiliki kamera yang berkualitas atau biasa saja.

Kebanyakan orang masih memperhatikan angka megapiksel dari kamera smartphone. Padahal, besarnya megapiksel tidak begitu berpengaruh pada kualitas kamera.

Lalu apa saja sebenarnya hal-hal yang harusnya diperhatikan ketika mau mengetahui apakah suatu kamera smartphone itu berkualitas atau biasa saja? Bagi anda yang mau tau apa saja yang mempengaruhi kualitas kamera smartphone, anda bisa pelajari hal tersebut di dalam artikel ini.

Apa Kegunaan Megapiksel Pada Kamera Smartphone?

Sebelum membahas mengenai apa saja yang mempengaruhi kualitas kamera smartphone, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu tentang apa sebenarnya kegunaan dari angka megapiksel pada kamera smartphone.

Secara garis besar, angka megapiksel yang selalu dipertontonkan di setiap iklan smartphone baru itu hanya berpengaruh ketika hasil foto dicetak di kertas yang ukurannya besar.

Ketika foto diambil menggunakan kamera yang megapikselnya besar, maka foto tersebut biasanya tidak akan terlihat pecah ketika dicetak di ukuran kertas yang besar.

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya angka megapiksel pada kamera smartphone itu tidak ada efeknya lagi. Jadi kalau memang anda tidak berniat mencetak foto, lalu kenapa anda harus mencari smartphone dengan kamera yang angka megapikselnya besar?

Ini 4 Hal yang Semestinya Diperhatikan Ketika Memilih Kamera Smartphone yang Berkualitas

Daripada memperhatikan atau fokus hanya pada besaran angka megapikselnya, lebih baik anda memperhatikan beberapa hal berikut ini jika mau memilih kamera smartphone yang berkualitas:

  1. Sensornya

Hal pertama yang seharusnya diperhatikan ketika mau menentukan apakah kamera sebuah smartphone itu bagus atau biasa saja adalah bagian sensornya.

Ada 3 produsen sensor kamera smartphone yang sudah diakui kualitasnya. 3 produsen sensor kamera smartphone tersebut adalah Samsung, SONY, dan juga Leica.

Jika smartphone yang mau anda beli menggunakan sensor dari salah satu produsen tersebut, maka sudah dapat dipastikan kualitas fotonya tidak perlu diragukan lagi.

Namun jika memang tidak menggunakan sensor dari Leica, Samsung, ataupun SONY, anda bisa coba cari tau ukuran sensornya terlebih dahulu.

Jika ukuran sensornya cukup besar, biasanya kualitas fotonya masih bisa dikategorikan berkualitas. Namun jika ukurannya terlalu kecil, biasanya hasil fotonya akan cenderung lebih gelap karena sensor tidak bisa menangkap banyak cahaya.

  1. Lensa

Setelah sensor, anda juga perlu memperhatikan ukuran lensa yang dibenamkan di dalam kamera smartphone yang mau anda pilih.

Ukuran lensa ini juga mempengaruhi kualitas foto kamera smartphone. Pasalnya, ukuran lensa ini mempengaruhi sedikit banyaknya cahaya yang bisa ditangkap oleh sensor juga.

Makin besar ukuran lensa maka akan makin bagus kualitas fotonya. Hal ini penting untuk diperhatikan karena lensa kamera smartphone itu fixed atau tidak bisa diubah-ubah besarannya seperti kamera DSLR.

Oleh sebab itu, anda harus menentukan sejak awal mau membeli smartphone yang memiliki lensa kamera berukuran berapa.

Khusus untuk lensa, angka yang makin kecil justru menunjukkan bahwa lensanya lebih besar. Jadi misalkan dituliskan lensa f/2 dan f/1.4, yang lebih besar adalah lensa f/1.4. Jadi jangan sampai terbalik dalam melihat ukuran lensa kamera smartphone.

  1. Fitur ISP

Hal penting selanjutnya yang harus anda perhatikan ketika mau memilih kamera smartphone adalah fitur ISP yang dibawanya.

ISP adalah image signal processor. ISP ini letaknya berada pada CPU. Fungsi dari ISP ini sendiri cukup banyak dari mulai meningkatkan ketajaman warna, meningkatkan brightness, mengurangi noise, dan masih banyak lagi.

Karena punya banyak fungsi, biasanya masing-masing produsen smartphone memang melakukan modifikasi pada bagian ISP ini untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone besutannya.

Sayangnya, tidak mudah memang untuk memilih kamera smartphone berdasarkan fitur ISP yang dibawanya tanpa mencobanya langsung.

Pasalnya, fitur ISP ini baru bisa dilihat ketika anda mencoba mengabadikan foto menggunakan kamera smartphonenya secara langsung.

  1. Banyaknya jumlah kamera

Yang terakhir yang perlu anda perhatikan ketika mau memilih kamera smartphone yang berkualitas adalah dari banyaknya jumlah kamera yang disematkan.

Ketika sebuah smartphone memiliki kamera utama lebih dari 2, maka dapat dipastikan kualitas foto yang dihasilkan akan jauh lebih bagus dari yang hanya memiliki 1 atau 2 kamera saja.

Kenapa? Karena smartphone yang dilengkapi kamera utama yang jumlahnya lebih dari 2 itu sudah menggunakan teknologi AI untuk menyajikan foto paling maksimal.

Secara mudahnya, hasil foto yang ditampilkan di layar sudah melalui proses editing yang dilakukan secara otomatis oleh teknologi AI di dalam smartphone.

Oke, jadi bagaimana? Apakah setelah ini anda masih mau membeli smartphone hanya berdasarkan angka megapiksel kamera yang dibawanya?

Tags: #Kualitas Kamera Smartphone