Benarkah Pakai MicroSD Bisa Bikin Smartphone jadi Lemot?

23 views

Meskipun mulai ditinggalkan, microSD sebenarnya masih sering digunakan, terutama di smartphone entry level.

Pasalnya, jika tidak menggunakan microSD, sudah dapat dipastikan kapasitas memori internal smartphone entry level tidak akan cukup menampung semua data penting milik penggunanya.

Namun terlepas dari hal tersebut, kabarnya memasang microSD di smartphone itu bisa membuat performanya jadi lambat atau lemot.

Sebenarnya apakah benar bahwa menggunakan microSD untuk menambah kapasitas memori untuk menyimpan data itu bisa membuat smartphone jadi lemot?

Untuk mengetahui jawabannya, anda bisa baca penjelasan lebih lengkap mengenai hal tersebut di dalam artikel ini.

Benar Tidaknya MicroSD Membuat Smartphone Jadi Lemot

Memang benar, tidak sedikit orang yang merasakan bahwa smartphone yang dipasangi dengan microSD itu lama kelamaan akan terasa makin lemot.

Hal tersebut memang tidak salah. Pasalnya memang ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

Namun sebenarnya, microSD tidak selalu membuat smartphone jadi makin lemot. Jika digunakan sesuai dengan cara yang benar, sebenarnya microSD justru bisa meringankan kinerja dari memori internal smartphone.

Ini 4 Penyebab Kenapa MicroSD Bisa Membuat Smartphone Jadi Makin Lemot

Seperti yang sudah disebutkan, memang penggunaan microSD yang salah itu bisa membuat smartphone jadi makin terasa lemot.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sering sekali jadi penyebab kenapa smartphone yang dipasangi microSD itu jadi makin terasa lemot:

  1. Memilih menggunakan microSD yang harganya murah

Kalau dilihat, microSD itu dijual dengan harga yang sangat murah sekali di jaman sekarang. Itulah sebenarnya penyebab pertama kenapa menggunakan microSD bisa membuat smartphone jadi makin lemot.

Penurunan performa smartphone setelah dipasangi microSD itu disebabkan karena microSD yang dipasang memiliki kelas yang sangat rendah.

Jadi kalau anda mau membeli microSD, sebaiknya jangan hanya melihat harga namun lihat juga berapa kelas microSD yang mau anda beli tersebut.

Jika mau performa smartphone anda tidak merosot setelah dipasangi dengan microSD, ada baiknya pasang microSD kelas 10 yang memiliki kecepatan baca tulis yang paling tinggi.

  1. Kapasitas microSD yang disematkan melebihi kemampuan

Kalau sudah menggunakan microSD yang kelas 10 tapi smartphone masih juga terasa lemot, kemungkinan besar hal tersebut disebabkan karena kapasitas microSD yang anda sematkan melebihi kemampuan smartphone yang anda miliki.

Perlu anda ketahui, masing-masing smartphone itu memiliki batas kemampuan baca microSD. Jadi jika smartphone yang hanya mampu menerima microSD berkapasitas 64 GB saja, jangan sampai anda isi dengan microSD berkapasitas 128 GB.

Jika hal tersebut anda lakukan, sudah pasti smartphone akan terasa lemot dan bahkan bisa sampai blank karena kemampuan bacanya tidak sesuai dengan kapasitas microSD yang terpasang.

  1. Kapasitas memori internal smartphone sudah terlalu penuh

Masalah lemotnya smartphone setelah dipasangi microSD juga bisa saja terjadi bukan karena microSDnya.

Lemotnya smartphone juga bisa terjadi karena kapasitas memori internal smartphone sendiri sudah terlalu penuh.

Ketika kapasitas memori internal sudah terlalu penuh, sebenarnya smartphone tanpa dipasangi microSD saja sudah pasti lemot, apalagi jika dipasangi dengan microSD.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin miliki sedikit ruang kosong di memori internal smartphone jika ingin performanya lancar dan tidak mudah lemot.

  1. MicroSD mengalami masalah fragmented

Penyebab terakhir kenapa smartphone yang dipasangi microSD justru terasa makin lemot bisa jadi karena microSD yang dipasang mengalami fragmented.

Yang dimaksud dengan fragmented ini adalah kerusakan pada sistem storage microSD. Masalah ini bisa diatasi dengan melakukan format ulang pada microSD.

Biasanya setelah diformat ulang, microSD yang mengalami masalah fragmented sudah bisa kembali seperti semula lagi.

Selain 4 hal tersebut, smartphone yang terasa lemot setelah dipasangi microSD juga bisa terjadi disebabkan karena microSD yang dipasang sudah rusak sehingga smartphone tidak bisa mendeteksinya dengan maksimal dan hal tersebut justru akan membuat smartphone bekerja lebih berat untuk mendeteksi microSD berulang kali.

Jadi sekarang sudah paham kan kalau sebenarnya memasang microSD itu tidak akan menyebabkan smartphone jadi lemot? Hal tersebut bisa terjadi kalau ada masalah dengan microSD yang dipasang di dalam smartphone.

Tags: #MicroSD Smartphone