Cara Mudah Membedakan Aplikasi yang Asli dengan yang Palsu di Google Playstore

cara membedakan aplikasi asli vs palsu di playstore 600x300 » Cara Mudah Membedakan Aplikasi yang Asli dengan yang Palsu di Google Playstore

Karena menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di perangkat mobile, sudah pasti dukungan aplikasi di sistem operasi Android juga sangat banyak.

Jika dilihat, setiap hari selalu ada banyak aplikasi baru yang diunggah developer di Playstore milik Google. Namun sayangnya, tidak semua aplikasi yang diunggah ke Playstore itu merupakan aplikasi yang berkualitas.

Dari beberapa aplikasi yang ada di Playstore, ada sebagian yang bisa dikatakan sebagai aplikasi palsu. Aplikasi palsu ini sengaja dibuat oleh oknum developer aplikasi nakal untuk tujuan tertentu.

Ada oknum developer aplikasi Android yang memang mengincar keuntungan dari penayangan iklan di aplikasi palsu, dan ada juga yang ingin mengincar keuntungan yang lebih besar lagi yaitu dengan menanamkan malware di dalam smartphone Android pengguna.

Melihat fakta tersebut, sudah pasti anda yang menggunakan smartphone Android juga harus bisa membedakan mana aplikasi palsu dan mana aplikasi yang asli di Playstore. Bagi anda yang belum bisa membedakan aplikasi yang asli dan yang palsu di Playstore, anda bisa pelajari caranya melalui artikel ini.

4 Cara Mengetahui Asli Palsunya Sebuah Aplikasi di Playstore

Seperti yang sudah dijelaskan, sekarang memang ada cukup banyak aplikasi palsu yang diunggah di Playstore. Oleh sebab itu, sebagai pengguna, mau tidak mau anda harus lebih jeli dalam memilih aplikasi untuk dipasang di smartphone Android.

cara membedakan aplikasi asli vs palsu di playstore » Cara Mudah Membedakan Aplikasi yang Asli dengan yang Palsu di Google Playstore

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa anda gunakan untuk menentukan apakah sebuah aplikasi itu memang asli atau palsu:

  1. Dilihat dari nama developernya

Cara pertama untuk mengetahui asli palsunya sebuah aplikasi yang terdapat di Playstore adalah dengan melihat dari nama developernya.

Jika anda berpatokan pada nama aplikasinya saja, sudah pasti anda akan salah mengunduh aplikasi. Pasalnya, nama aplikasi terkenal di Playstore itu sudah pasti banyak tiruannya.

Dan lebih hebatnya lagi, nama aplikasi tiruan dari aplikasi yang cukup populer tersebut juga bisa dikatakan sangat mirip dengan nama aplikasi asli.

Oleh sebab itu, lebih mudah untuk memastikan asli tidaknya aplikasi yang ada di Playstore tersebut dengan melihat nama developernya. Pasalnya, nama developer jauh lebih sulit untuk ditiru.

  1. Dilihat dari berapa banyak yang sudah mengunduh aplikasi tersebut

Jika yang anda cari termasuk aplikasi yang cukup terkenal, maka anda bisa mengetahui asli palsunya sebuah aplikasi juga dari banyaknya jumlah yang sudah mengunduh aplikasi tersebut.

Sebuah aplikasi yang populer dan benar-benar asli biasanya sudah sangat banyak diunduh. Berbeda halnya dengan aplikasi palsu.

Jika anda menemukan ada 2 aplikasi yang namanya cukup mirip di Playstore, maka pilihlah aplikasi yang sudah diunduh lebih banyak. Karena aplikasi tersebut sudah pasti aplikasi yang asli.

  1. Dilihat dari akses apa saja yang diminta oleh aplikasi

Hal selanjutnya yang juga bisa digunakan untuk menentukan asli palsunya sebuah aplikasi di Playstore adalah dari akses apa saja yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui akses apa saja yang diminta oleh aplikasi di Playstore juga cukup mudah karena anda tidak perlu memasang aplikasinya terlebih dahulu.

Ketika anda menekan tombol install atau pasang, secara otomatis akan anda informasi mengenai akses apa saja yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Jika memang aplikasi tersebut meminta akses yang cukup mencurigakan dan tidak sesuai dengan fungsinya, maka anda tidak perlu melanjutkan proses pemasangannya.

Pasalnya, kemungkinan besar aplikasi tersebut memang termasuk aplikasi palsu yang hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan dari anda pengguna smartphone Android saja.

  1. Dilihat dari banyaknya dan isi review

Hal terakhir yang bisa anda gunakan untuk menentukan mana aplikasi yang asli dan yang palsu di Playstore adalah dari banyaknya jumlah dan isi review aplikasi tersebut.

Jika memang aplikasi yang mau anda pasang itu adalah aplikasi yang banyak digunakan orang, sudah dapat dipastikan review aplikasi tersebut pasti tinggi ratingnya.

Bila ternyata aplikasi yang anda temukan di Playstore memiliki rating yang rendah dan review yang sangat sedikit, bisa jadi aplikasi tersebut adalah aplikasi palsu.

Jadi sekarang sudah paham bukan apa bedanya aplikasi palsu dan yang asli di Playstore itu? Mulai sekarang, anda harus lebih teliti setiap kali mau memasang aplikasi dari Playstore. Cermati dulu 4 hal tersebut sebelum memasang aplikasinya ya.