Dynamic AMOLED, Teknologi Panel Display Smartphone Terbaru dari Samsung

Persaingan produsen smartphone di tahun 2019 ini memang bisa dikatakan sangat sengit. Karena begitu kompetitifnya, maka mulai banyak teknologi baru yang dihadirkan oleh vendor smartphone untuk membuat produknya terlihat berbeda dari smartphone merek lainnya.

Salah satu teknologi yang cukup jarang dijadikan senjata utama oleh produsen smartphone di tahun 2019 ini adalah teknologi panel display.

Oleh sebab itu, Samsung menyasar hal tersebut dan membuat beberapa seri smartphone besutannya benar-benar tampil beda dengan smartphone merek lainnya.

Pada smartphone generasi S10, Samsung sudah menggunakan display panel yang disebut dengan Dynamic AMOLED. Dynamic AMOLED ini memang masih masuk kedalam satu keluarga dengan Super AMOLED.

Hanya saja, memang Dynamic AMOLED ini punya lebih banyak keunggulannya jika dibandingkan dengan panel Super AMOLED yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh produsen smartphone lainnya.

Penasaran dengan apa saja kelebihan dari panel Dynamic AMOLED yang saat ini digunakan di semua generasi Samsung Galaxy S10? Jika anda mau tau apa keunggulannya dari panel Dynamic AMOLED, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa Bedanya Super AMOLED dengan Dynamic AMOLED?

Sebelum membahas apa saja kelebihan dari smartphone yang menggunakan panel Dynamic AMOLED, pertama-tama anda harus tau terlebih dahulu apa bedanya antara Dynamic AMOLED dengan Super AMOLED itu.

Jika dilihat sebenarnya panel Super AMOLED dan juga Dynamic AMOLED itu sama sekali tidak berbeda. Kenapa? Karena memang Dynamic AMOLED itu sebenarnya masih merupakan bagian dari Super AMOLED.

Yang membedakan kedua panel tersebut hanyalah pada adanya sertifikasi HDR10+ pada panel display Dynamic AMOLED. Dengan adanya fitur HDR10+ itulah, panel Dynamic AMOLED bisa memberikan lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan panel Super AMOLED.

Ini 4 Keunggulan Smartphone yang Menggunakan Panel Dynamic AMOLED

Meskipun memang hanya berbeda pada fitur HDR10+ saja, panel display Dynamic AMOLED itu memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan panel Super AMOLED.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan smartphone yang menggunakan panel Dynamic AMOLED:

  1. Lebih detail dalam menampilkan warna

Keunggulan pertama dari smartphone yang sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED adalah bisa menampilkan warna yang jauh lebih detail dari yang bisa ditampilkan pada panel Super AMOLED.

Pasalnya, panel Dynamic AMOLED ini sudah memiliki kontras warna dengan perbandingan 2.000.0000:1. Itu artinya, panel Dynamic AMOLED ini benar-benar bisa menampilkan warna putih yang seputih-putihnya dan juga warna hitam sehitam-hitamnya.

  1. Memiliki tingkat kecerahan hingga 1200 nits

Panel display Dynamic AMOLED tidak hanya unggul dari segi tampilan warnanya saja, panel ini juga unggul dari segi tingkat kecerahannya.

Panel Dynamic AMOLED ini sudah memiliki tingkat kecerahan hingga 1200 nits. Tingkat kecerahannya bahkan sudah mengalahkan tingkat kecerahan panel yang digunakan pada IPhone 11 terbaru.

Dengan memiliki tingkat kecerahan hingga 1200 nits, maka smartphone yang menggunakan panel Dynamic AMOLED ini akan sangat nyaman meskipun digunakan di bawah teriknya sinar matahari.

  1. Minim cahaya biru

Keunggulan berikutnya dari panel Dynamic AMOLED adalah adanya fitur yang membatasi cahaya berwarna biru.

Dengan minimnya kehadiran cahaya biru di dalam panel, maka smartphone yang sudah menggunakan panel Dynamic AMOLED ini dipastikan tidak akan membuat mata cepat lelah.

  1. Jauh lebih realistik dalam menampilkan video yang sudah mendukung teknologi HDR10

Keunggulan terakhir dari panel display Dynamic AMOLED adalah bisa memaksimalkan tampilan video-video yang sudah mendukung teknologi HDR10.

Ketika video yang sudah mendukung HDR10 diputar menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi panel Dynamic AMOLED, maka video akan tampak seperti nyata.

Hal tersebut bisa terjadi sebenarnya karena panel Dynamic AMOLED benar-benar bisa menampilkan warna yang senyata mungkin sehingga dapat mengelabui mata.

Karena bisa menampilkan warna yang sangat kontras, secara otomatis mata akan menyangka bahwa apa yang ditampilkan di dalam layar adalah benar-benar seperti ada di depan kita.

Melihat keunggulan dari panel Dynamic AMOLED tersebut, tidak heran bukan jika Samsung Galaxy S10 dikatakan jauh lebih oke dibandingkan dengan IPhone 11. Apakah anda setuju mengenai hal tersebut?

Tags: #Dynamic AMOLED #Panel Display Smartphone