Face Recognition VS Sensor Fingerprint, Mana Pengaman Smartphone Terbaik Masa Kini?

Jika berbicara mengenai teknologi keamanan yang disematkan di dalam smartphone, maka ada 2 macam teknologi yang paling sering digunakan.

2 teknologi pengaman smartphone tersebut adalah sensor pemindai sidik jari atau lebih dikenal dengan fingerprint dan juga face recognition.

Dari 2 teknologi tersebut, memang fingerprint adalah teknologi pengaman smartphone yang paling massive digunakan di zaman sekarang.

Hampir 90% smartphone yang dijual di pasaran sekarang itu sudah dibekali dengan fitur fingerprint. Dan bahkan, teknologi fingerprint yang disematkan di dalam sebuah smartphone juga terus berkembang.

Baru-baru ini, bahkan sudah mulai banyak smartphone yang dibekali dengan sensor fingerprint yang ditanam di bawah layar.

Namun apakah itu berarti fingerprint lebih baik dibandingkan dengan face recognition? Jika dibandingkan, manakah sebenarnya teknologi pengaman smartphone paling baik? Apakah fingerprint ataukah face recognition? Baca penjelasan selengkapnya mengenai teknologi pengaman smartphone tersebut di dalam artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Fingerprint Sebagai Pengaman Smartphone

Untuk mengetahui mana yang lebih baik antara fingerprint dan juga face recognition, cara yang paling mudah adalah dengan mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari teknologi fingerprint yang digunakan sebagai pengaman untuk smartphone:

  • Merupakan teknologi yang sudah sangat umum digunakan

Kelebihan pertama dari fingerprint ketika digunakan sebagai pengaman smartphone adalah karena teknologi tersebut sudah cukup umum digunakan.

Bahkan fingerprint ini juga sudah digunakan bukan hanya sebagai pengaman smartphone saja. Karena sudah cukup banyak digunakan, maka sudah tidak dibutuhkan edukasi lebih banyak mengenai teknologi tersebut.

  • Makin lama makin terjangkau harganya

Meskipun memang fingerprint membutuhkan komponen yang lebih banyak dari face recognition, namun semakin lama komponen fingerprint semakin terjangkau harganya.

Hal tersebut disebabkan karena makin banyak yang memproduksi teknologi tersebut sehingga harga jualnya makin murah.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak smartphone entry level di masa kini yang sudah dibekali dengan fitur fingerprint.

  • Teknologi fingerprint makin menarik

Seperti yang sudah disebutkan sekilas, teknologi fingerprint yang dibenamkan di dalam smartphone memang terus berkembang.

Saat ini, mulai banyak smartphone yang dibekali dengan fingerprint yang dibenamkan di bawah layar. Hal tersebut jelas makin menarik pengguna.

Pasalnya, smartphone jadi terasa makin canggih saja dari smartphone keluaran tahun-tahun sebelumnya.

Namun demikian, teknologi fingerprint memang juga punya beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangannya:

  • Mau tidak mau pengguna harus mengarahkan jari ke pemindai sidik jari

Karena menggunakan fingerprint, memang mau tidak mau pengguna harus mengarahkan jari ke sensor setiap kali mau menggunakan smartphone.

Berbeda halnya dengan smartphone yang memiliki fitur face recognition, pengguna hampir tidak perlu melakukan apapun selain diam menatap kamera depan yang disematkan di smartphone.

  • Orang yang lanjut usia berisiko tidak bisa menggunakan fingerprint

Fingerprint memang adalah teknologi pengaman yang cukup banyak digunakan di smartphone jaman sekarang. Namun hal tersebut kemungkinan besar tidak bisa digunakan oleh orang yang sudah lanjut usia.

Kenapa? Karena orang-orang yang usianya sudah lanjut biasanya punya masalah seperti kehilangan sidik jari. Jika sidik jarinya mulai memudar, maka sensor fingerprint jelas tidak bisa mendeteksinya lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Face Recognition di Smartphone

Jika dibandingkan dengan fingerprint, sebenarnya face recognition bisa dikatakan seperti sebuah fitur futuristik yang pertama kali digunakan oleh Apple pada perangkat IPhone X.

Semenjak itu, fitur face recognition makin lama makin populer. Namun memang, popularitasnya belum bisa mengalahkan fingerprint yang sebenarnya juga pertama kali digunakan oleh Apple pada tahun 2013.

Jika dilihat, sebenarnya face recognition punya satu kelebihan yang sangat besar jika dibandingkan dengan fingerprint. Kelebihan terbesarnya adalah face recognition ini sama sekali tidak membutuhkan komponen tambahan.

Jadi vendor smartphone sebenarnya sudah tidak perlu menggunakan komponen tambahan apapun seperti halnya fingerprint. Pasalnya, face recognition ini sebenarnya hanya menggunakan kamera depan saja untuk mendeteksi wajah pengguna.

Intinya, face recognition ini sebenarnya hanyalah sebuah software yang dibenamkan di dalam sistem keamanan smartphone.

Namun sayangnya, kelebihan terbesar dari teknologi face recognition tersebut juga masih jadi kekurangan terbesarnya hingga saat ini. Pasalnya, biaya untuk riset software face recognition sekelas yang digunakan pada IPhone X bisa menghabiskan biaya yang tidak murah.

Oleh sebab itu, banyak vendor smartphone yang masih lebih memilih menyematkan fingerprint dibandingkan dengan face recognition.

Hanya saja, kemungkinan besar beberapa tahun lagi sudah mulai banyak vendor smartphone yang siap mengeluarkan dana untuk membuat software face recognition yang mungkin bisa lebih baik dari yang saat ini dimiliki Apple.

Tags: #Face Recognition #Sensor Fingerprint