Galaxy Z Flip, Smartphone Layar Lipat Kedua Besutan Samsung

review fitur harga spek samsung galaxy z flip 600x300 » Galaxy Z Flip, Smartphone Layar Lipat Kedua Besutan Samsung

Di kuartal pertama tahun 2020 ini, Samsung memang berencana untuk mengadakan satu event khusus. Event yang direncanakan akan diadakan pada bulan Februari 2020 tersebut dikabarkan akan digunakan untuk memperkenalkan seri smartphone flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S20.

Namun kabarnya, Samsung juga sekaligus akan memperkenalkan seri smartphone layar lipat keduanya yang sebelumnya lebih dikenal dengan kode Galaxy Bloom. Hanya saja, smartphone layar lipat kedua Samsung tersebut akhirnya akan menggunakan nama Galaxy Z Flip.

Seperti apakah desain layar lipat serta spesifikasi yang dibawa Galaxy Z Flip? Bagi anda yang mau tau detail spesifikasi Galaxy Z Flip, anda bisa baca informasinya di dalam artikel ini.

Layar Utama Menggunakan Desain Layar Lipat Vertikal

Galaxy Z Flip memang adalah smartphone layar lipat kedua besutan Samsung. Namun meskipun jadi smartphone layar lipat kedua, Galaxy Z Flip ini menggunakan desain layar lipat yang berbeda dari seri sebelumnya.

Galaxy Z Flip ini menggunakan desain layar yang dilipat kearah vertikal atau kearah atas. Jadi jika dilihat sekilas, Galaxy Z Flip ini akan memiliki bentuk seperti layaknya HP clam shell kuno. Oleh sebab itu, smartphone layar lipat Samsung kedua ini diberi nama Galaxy Z Flip. Pasalnya, HP clam shell dulu juga dikenal dengan sebutan HP flip.

review fitur harga spek samsung galaxy z flip » Galaxy Z Flip, Smartphone Layar Lipat Kedua Besutan Samsung

Untuk masalah ukuran layar, Galaxy Z Flip ini membawa layar berukuran 6.7 inci ketika dibuka. Panel yang digunakan adalah panel Super AMOLED Dynamic screen.

Karena menggunakan teknologi panel terbarunya, Galaxy Z Flip sudah dapat dipastikan mendukung resolusi FHD+. Dan bukan hanya itu saja, Galaxy Z Flip ini juga dilengkapi fitur unggulan seperti always on display dan juga HDR10+. Untuk layar utama Galaxy Z Flip ini juga sudah dilengkapi dengan pelindung dari Gorilla Glass 6.

Dilengkapi Layar Ganda Dengan Panel S-AMOLED

Selain layar berukuran 6.7 inci, Galaxy Z Flip juga masih dilengkapi dengan layar ganda di bagian depan. Fungsi layar ganda ini adalah menampilkan semua notifikasi penting ketika layar utama Galaxy Z Flip dalam kondisi ditutup.

Ukuran layar ganda Galaxy Z Flip ini adalah 1.06 inci. Meskipun ukuran layar gandanya cukup kecil, namun panel yang digunakan tetap berkualitas yaitu panel S-AMOLED. Dengan menggunakan panel S-AMOLED, layar ganda Galaxy Z Flip bisa menampilkan resolusi 300 X 116 piksel.

Dan bukan hanya itu saja, layar ganda Galaxy Z Flip ini juga sudah dilengkapi dengan fitur always on display seperti pada layar utamanya.

Ditenagai Chipset Qualcomm Snapdragon Seri 855+

Galaxy Z Flip memang sudah terlihat begitu mempesona dari bagian eksteriornya saja. Namun ternyata, Galaxy Z Flip ini juga menyimpan jeroan yang luar biasa.

Seperti halnya mayoritas smartphone flagship, Galaxy Z Flip ini juga akan menggunakan chipset besutan Qualcomm. Dan chipset yang dibenamkan di dalam Galaxy Z Flip ini bukanlah seri mid range namun justru chipset Qualcomm seri yang masih cukup tinggi saat ini yaitu Snapdragon 855+.

Selain menggendong chipset Qualcomm Snapdragon 855+, Galaxy Z Flip juga akan dibekali dengan RAM berkapasitas 8 GB serta memori internal 256 GB tipe UFS 3.0.

Sedangkan untuk sistem operasinya, Galaxy Z Flip menggunakan sistem operasi Android 10 dengan UI khusus dari Samsung yaitu One UI 2.0.

Dilengkapi Dengan Dual Kamera Utama

Sebagai smartphone layar lipat, Galaxy Z Flip juga masih dibekali dengan spesifikasi kamera yang cukup oke.

Untuk bagian belakang, Galaxy Z Flip dibekali dengan konfigurasi dual kamera yang terdiri dari kamera 12 MP sebagai kamera utama dan kamera 12 MP ultrawide sebagai pendamping. Sedangkan di bagian depan, Galaxy Z Flip ini dibekali dengan kamera selfie 10 MP.

Fitur Tambahan yang Dibenamkan di Dalam Galaxy Z Flip

Selain memiliki desain layar yang sangat unik dan juga dapur pacu yang luar biasa, Galaxy Z Flip juga masih dibekali dengan berbagai macam fitur tambahan.

Beberapa macam fitur tambahan yang akan membuat Galaxy Z Flip makin sempurna adalah:

  • Speaker yang sudah di-tuned secara khusus oleh AKG.
  • Dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos.
  • Memiliki fitur side facing fingerprint dan juga face recognition.
  • Dibekali dengan fitur keamanan khusus seperti Knox 3.4.1.

Selain itu, Galaxy Z Flip ini juga sudah mendukung jaringan 5G, memiliki jack 3.5 mm, sudah menggunakan Bluetooth 5.0, dilengkapi dengan NFC, dan memiliki port USB tipe C.

Menggendong 2 Baterai Terpisah

Karena menggunakan desain clam shell, secara otomatis Galaxy Z Flip tidak bisa menggendong baterai Li-Po dengan ukuran standard.

Oleh sebab itu, Galaxy Z Flip ini dibekali dengan baterai Li-Po dengan desain khusus yaitu terpisah menjadi 2 bagian. Total kapasitas 2 buah baterai yang digendong Galaxy Z Flip adalah sebesar 3.300 mAh.

Selain itu, Galaxy Z Flip ini juga sudah dilengkapi dengan fitur rapid charging 15W serta fitur wireless charging 9W.

Menurut kabarnya, Galaxy Z Flip ini mulai dijual pada tanggal 14 Februari 2020 nanti untuk Benua Eropa. Galaxy Z Flip ini akan dijual dengan harga 1.500 Euro atau 22 jutaan Rupiah. Galaxy Z Flip ini akan tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu ungu dan juga hitam.