Hati-Hati! Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Smartphone Menjadi Lebih Cepat Rusak

kebiasaan yang membuat smartphone menjadi lebih cepat rusak 600x300 » Hati-Hati! Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Smartphone Menjadi Lebih Cepat Rusak

Selain bisa disebabkan karena faktor usia atau umur ponsel pintar, awet tidaknya sebuah smartphone itu sebenarnya lebih dipengaruhi dari bagaimana kebiasaan anda menggunakannya.

Jika diperhatikan, kebanyakan smartphone yang mengalami kerusakan itu memang bukan karena adanya malfungsi di beberapa komponennya. Namun kebanyakan kerusakan smartphone itu memang disebabkan karena kesalahan dari penggunanya.

kebiasaan yang membuat smartphone menjadi lebih cepat rusak » Hati-Hati! Ini 6 Kebiasaan yang Membuat Smartphone Menjadi Lebih Cepat Rusak

Lalu apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan pengguna yang sebenarnya berpotensi merusak smartphone? Bagi anda yang mau tau apa saja kebiasaan yang bisa mempercepat kerusakan smartphone, berikut ini adalah 6 kebiasaan tersebut:

  1. Terlalu sering menggunakan baterai smartphone hingga benar-benar habis

Kebiasaan buruk pertama yang paling sering menyebabkan smartphone mengalami kerusakan adalah menghabiskan baterai sampai tidak ada sisa sama sekali.

Kebiasaan menghabiskan baterai hingga 0% dan baru melakukan pengisian ulang bisa menyebabkan baterai smartphone mengalami kerusakan.

Karena mayoritas smartphone masa kini menggunakan jenis baterai tanam, maka mau tidak mau anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengganti baterai smartphone yang rusak.

  1. Menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone

Kebiasaan berikutnya yang juga cukup sering menjadi penyebab kerusakan smartphone di masa kini adalah menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi smartphone.

Mayoritas pengguna smartphone memang jarang memperhatikan spesifikasi charger yang dianjurkan digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone miliknya.

Mayoritas pengguna smartphone hanya melihat jenis port apa yang digunakan di smartphone miliknya. Dan bukan hanya itu saja, ada banyak pengguna smartphone yang memaksa menggunakan charger fast charging untuk melakukan pengisian daya smartphone yang tidak didukung fitur fast charging.

Kebiasaan tersebut memang sekilas tampak tidak memicu masalah apapun. Namun jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, maka bukan hanya baterai smartphone saja yang bisa mengalami kerusakan.

Komponen penting di dalam smartphone seperti IC power juga sangat berpotensi mengalami kerusakan akibat kebiasaan tersebut.

  1. Menyambungkan smartphone dengan speaker aktif

Kebiasaan selanjutnya yang juga sangat berpotensi merusak smartphone adalah menghubungkan smartphone dengan speaker aktif melalui jack audio 3.5 mm.

Sekilas memang menghubungkan smartphone dengan speaker aktif itu terkesan tidak masalah. Namun sebenarnya, hal tersebut sangat membahayakan komponen penting di dalam smartphone.

Beberapa komponen inti seperti IC Power dan bahkan CPU smartphone bisa mengalami kerusakan akibat menerima aliran listrik yang melebihi batas normal dari speaker aktif.

Biasanya, smartphone yang terlalu sering dihubungkan dengan speaker aktif bisa mati total secara tiba-tiba. Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan CPU smartphone sudah mengalami kerusakan parah dan sudah sangat sulit untuk diperbaiki.

  1. Memenuhi memori internal smartphone

Hal selanjutnya yang juga bisa dikatakan sebagai kebiasaan buruk yang bisa merusak smartphone adalah memenuhi memori internal smartphone.

Kenapa smartphone yang memori internalnya terlalu penuh bisa mengalami kerusakan? Karena ketika memori internal smartphone sudah terlalu penuh, maka komponen memori internal akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membaca semua data yang tersimpan di dalamnya.

Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka cepat atau lambat memori internal smartphone akan mengalami kerusakan permanen. Dan hal tersebut akan menyebabkan smartphone mati total.

  1. Memaksakan smartphone untuk menjalankan aplikasi yang terlalu berat

Kebiasaan lain yang juga sering merusak sebuah smartphone adalah memaksa menjalankan aplikasi berat di smartphone yang spesifikasinya cukup terbatas.

Terkadang memang anda bisa memaksakan smartphone spesifikasi rendah untuk menjalankan aplikasi yang cukup berat, namun hal tersebut lama kelamaan akan merusak berbagai komponen penting di dalam smartphone.

Salah satu komponen penting yang bisa mengalami kerusakan ketika anda memaksa smartphone spesifikasi rendah untuk menjalankan aplikasi yang berat adalah komponen CPU.

Pasalnya, semakin dipaksa, CPU akan menghasilkan temperatur yang lebih tinggi dari biasanya. Jika hal tersebut terjadi terus menerus, maka CPU akan mengalami kerusakan permanen.

  1. Membawa smartphone kedalam kamar mandi

Kebiasaan terakhir yang juga cukup sering menjadi penyebab kerusakan smartphone adalah pengguna sering membawa smartphone kedalam kamar mandi.

Meskipun tidak terkena percikan air sekalipun, smartphone yang terlalu sering dibawa kedalam kamar mandi tetap berpotensi mengalami korosi.

Kenapa? Karena kondisi udara di dalam kamar mandi itu lebih sering lembab. Dan kelembaban udara tersebut sangat mudah menyebabkan korosi di komponen smartphone.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah paham bukan bahwa kerusakan smartphone itu bukan hanya karena malfungsi komponen saja? Dari 6 kebiasaan tersebut, apakah ada yang sering anda lakukan?