Honor Play 3, Smartphone 2 Jutaan Rupiah Dengan Kamera 48 MP

22 views

Honor selaku sub brand dari Huawei kembali meluncurkan smartphone entry level di awal bulan September 2019 ini. Smartphone mid level terbaru dari Honor tersebut adalah Honor Play 3.

Meskipun masuk dalam kategori smartphone entry level, Honor Play 3 ini dibekali dengan spesifikasi yang tidak kalah dengan smartphone kelas menengah keatas. Bahkan kabarnya, Honor Play 3 ini sudah siap digunakan untuk tujuan gaming.

Lalu apakah benar bahwa Honor Play 3 yang dikatakan sebagai smartphone entry level ini memiliki spesifikasi yang OK? Bagi anda yang mau tau seperti apa spesifikasi dari Honor Play 3, anda bisa baca lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Display 6.39 Inch Tanpa Poni

Sebagai smartphone kelas entry level, tampilan dari Honor Play 3 memang bisa dikatakan TOP. Pasalnya, Honor Play 3 ini mengusung desain display tanpa poni seperti layaknya smartphone kelas menengah keatas.

Sebagai ganti desain poni, Honor Play 3 ini menggunakan display dengan lubang untuk mengakomodasi kamera di bagian depan. Dengan menggunakan desain display berlubang tersebut, Honor Play 3 ini memiliki rasio screen to bodi yang cukup besar yaitu 82.9%.

Ukuran display yang digunakan di Honor Play 3 ini juga terbilang cukup besar yaitu 6.39 inch dengan aspek rasio 19.5:9. Teknologi displaynya sendiri masih menggunakan IPS LCD dengan resolusi 720 piksel X 1560 piksel.

Untuk melindungi layarnya dari goresan, Honor Play 3 ini juga sudah dibalut dengan perlindungan kaca aluminosilikat.

Chipset HiSilicon Kirin 710F dan CPU Octa Core

Salah satu alasan kenapa Honor Play 3 ini dikatakan tidak kalah dengan smartphone kelas menengah keatas adalah karena dilihat dari hardware yang dibawanya.

Meskipun masuk kategori smartphone entry level, Honor Play 3 ini dibekali dengan chipset HiSilicon Kirin 710F yang difabrikasi menggunakan teknologi 12 nm.

Di dalam chipset HiSilicon 710F tersebut sudah terdapat CPU octa core kombinasi dari Cortex A73 dan Cortex A53. Konfigurasi CPU octa corenya sendiri terdiri dari 4 inti berkecepatan 2.2 Ghz dan 4 inti berkecepatan 1.7 Ghz.

Sedangkan pada GPUnya, chipset HiSilicon Kirin 710F yang digunakan di Honor Play 3 ini juga sudah dilengkapi dengan GPU Mali G51 MP4. Meskipun GPU tersebut termasuk GPU kelas entry level, namun sudah bisa mendukung gaming ringan.

Pada bagian sistem operasinya, Honor Play 3 menggunakan sistem operasi Android 9 dan EMUI 9.1.

Memori Internal dan RAM

Dari segi kapasitas memori internal serta RAM, Honor Play 3 hadir dengan beberapa macam pilihan seperti memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB, memori internal 64 GB dengan RAM 6 GB, dan memori internal 128 GB dengan RAM 4 GB.

Tak hanya itu saja, Honor Play 3 ini juga masih memiliki slot memori eksternal yang bisa diisi microSD hingga kapasitas maksimal 1 Terabyte.

Kamera Utama dan Kamera Sekunder

Berlanjut pada kameranya, Honor Play 3 ini juga sudah dibekali dengan 3 buah kamera di bagian belakang seperti mayoritas smartphone jaman sekarang.

3 buah kamera yang disematkan di bagian belakang terdiri dari lensa 48 MP wide, 8 MP ultra wide, dan 2 MP depth sensor. 3 buah kamera utama Honor Play 3 tersebut sudah bisa merekam video dengan kualitas 1080@30fps.

Sayangnya, Honor Play 3 ini hanya dibekali dengan 1 buah kamera selfie yang sensornya cukup kecil untuk jaman sekarang. Pada bagian depan hanya terdapat kamera selfie dengan lensa 8 MP saja.

Baterai 4000 mAh

Honor Play 3 memang disebutkan sebagai smartphone kelas entry. Namun meskipun jadi smartphone entry level, Honor Play 3 ini menggendong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas yang terbilang besar yaitu 4000 mAh.

Honor Play 3 ini juga masih dibekali dengan fitur battery charging 10W. Jadi proses pengisian daya baterai Honor Play 3 nanti bisa dilakukan lebih cepat yaitu sekitar 2 jam 10 menit.

Hanya saja, sayangnya Honor Play 3 ini masih menggunakan konektor micro USB 2.0. Namun untungnya, konektor micro USBnya sudah mendukung fitur USB On The Go.

Untuk masalah warna, Honor Play 3 ini tersedia dalam 3 buah pilihan warna yaitu aurora blue, charm red, dan juga magic night black.

Lalu berapa harga Honor Play 3 ini? Honor Play 3 ini dijual di pasar Cina dengan kisaran harga mulai 2 juta Rupiah untuk versi memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB. Untuk versi tertinggi yaitu memori internal 128 GB dan RAM 6 GB dijual dengan kisaran harga 2,6 juta Rupiah.

Honor Play 3 ini sudah mulai bisa dipesan sejak tanggal 10 September 2019 di Cina. Kabarnya, Honor Play 3 akan mulai dipasarkan secara global beberapa bulan kedepan.

Tags: #Fitur Honor Play 3 #Harga Honor Play 3 #Spesifikasi Honor Play 3