Ini Beberapa Tanda Anda Sudah Waktunya Ganti Smartphone Baru

35 views

Hampir semua orang memang berharap bisa menggunakan barang-barang yang dimilikinya seumur hidup. Namun hal tersebut hampir tidak mungkin terjadi. Pasalnya, sebuah barang pasti memiliki usia pakai atau lifetime.

Berbicara soal usia pakai, hal tersebut juga berlaku pada smartphone. Meskipun smartphone kondisi fisiknya masih sangat bagus dan bisa dikatakan 99% seperti baru, namun faktanya banyak sekali smartphone seperti itu yang sebenarnya sudah tidak layak pakai.

Masalahnya, kebanyakan orang memang menentukan mengganti smartphone yang digunakannya melalui kondisi fisiknya. Padahal, kondisi fisik tidak bisa dijadikan sebagai acuan.

Lalu apa tanda-tanda yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk segera ganti smartphone baru? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa simak penjelasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 4 Tanda Kalau Anda Harus Siap-Siap Ganti Smartphone Baru

Bagi anda yang selama ini menganggap bahwa ganti smartphone itu kalau kondisi fisiknya sudah mulai rusak, ada baiknya anda mulai rubah pola pikir tersebut.

Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa jadi acuan yang lebih baik untuk mengetahui kapan saatnya anda harus mengganti smartphone yang anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa dijadikan acuan untuk siap-siap ganti smartphone baru:

  1. Baterai smartphone mulai cepat habis

Hal pertama yang jadi acuan atau tanda untuk siap-siap ganti smartphone baru adalah jika baterai smartphone yang anda miliki saat ini sudah mulai cepat habis.

Yang dimaksud mulai cepat habis disini adalah dalam kondisi penggunaan yang sama. Jadi jika penggunaannya sama namun baterainya terasa lebih cepat habis, ada baiknya anda mulai siap-siap untuk mencari smartphone baru.

Kenapa? Karena hal tersebut adalah tanda-tanda bahwa sel baterai smartphone anda sudah mengalami kerusakan. Selain itu, hal tersebut juga bisa jadi indikasi bahwa spesifikasi smartphone yang anda gunakan sudah tidak sesuai dengan kebutuhan saat ini.

Pasalnya, ketika spesifikasi smartphone anda sudah tidak sesuai dengan kebutuhan saat ini, maka secara otomatis komponen smartphone akan terus menerus bekerja keras untuk bisa menjalankan aplikasi terbaru.

Hal tersebut tentunya akan berdampak langsung pada penggunaan baterai. Jadi jangan heran jika tiba-tiba smartphone anda terasa boros baterai setelah anda memperbarui beberapa aplikasi di smartphone anda.

  1. Smartphone jadi lebih cepat panas

Selain baterai yang cepat habis atau makin boros, tanda kedua anda harus siap-siap ganti smartphone baru adalah ketika smartphone yang saat ini anda gunakan sangat cepat panas.

Ada banyak sekali alasan kenapa smartphone bisa lebih cepat panas. Namun alasan yang paling umum adalah karena cooling pad di dalam smartphone yang anda gunakan sudah tidak bisa berfungsi secara optimal lagi.

Hal tersebut bisa terjadi karena spesifikasi smartphone anda memang sudah tidak sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi saat ini.

Karena kinerjanya terus dipacu, maka cepat atau lambat cooling pad akan mengalami kerusakan dan membuat smartphone jadi lebih cepat panas.

Jika sudah mengalami hal tersebut, ada baiknya segera ganti smartphone anda dengan yang baru. Pasalnya, suhu yang tinggi bisa menyebabkan baterai smartphone meledak.

  1. Sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem operasi maupun sistem keamanan lagi

Vendor smartphone besar memang memberikan jaminan akan memperbarui baik sistem operasi maupun sistem keamanan smartphone besutannya.

Namun hal tersebut biasanya hanya dilakukan selama 3 tahun saja. Setelah itu, vendor smartphone biasanya akan berhenti memberikan pembaruan sistem operasi maupun sistem keamanan.

Jika anda sering menggunakan smartphone untuk urusan penting, ada baiknya segera ganti smartphone anda dengan yang baru jika smartphone lama anda sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem operasi maupun sistem keamanan.

Pasalnya, smartphone yang sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem itu sangat rentan diserang virus dan juga malware.

  1. Sudah mulai tidak bisa memperbarui aplikasi

Selain ganti smartphone anda ketika sudah tidak mendapatkan pembaruan sistem dari vendor, ada baiknya segera ganti gunakan smartphone yang baru jika smartphone yang saat ini anda gunakan sudah tidak bisa menerima pembaruan aplikasi lagi.

Hal ini sudah jadi pertanda yang sangat jelas bahwa smartphone yang saat ini anda gunakan sudah benar-benar terlalu tua usianya. Pasalnya, smartphone yang usianya sudah terlalu tua memang tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi versi sekarang.

Selain 4 hal tersebut, sebenarnya anda juga bisa mulai mempertimbangkan untuk ganti smartphone baru ketika smartphone yang saat ini anda gunakan sudah mulai sering penuh memori internalnya.

Pasalnya, ketika memori internal smarpthone anda sudah terlalu penuh, maka ada beberapa aplikasi yang kemungkinan besar tidak bisa anda pakai. Kenapa? Karena ada beberapa aplikasi yang hanya bisa berjalan jika dipasang di memori internal smartphone saja.

Jadi bagaimana? Apakah smartphone yang saat ini anda gunakan menunjukkan beberapa tanda-tanda tersebut? Jika sudah mulai menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera siapkan dana ya untuk ganti dengan smartphone baru.

Tags: #Ganti Smartphone Baru