Ini Ciri Smartphone Android yang Bisa Dipasangi Aplikasi Google Camera

tanda smartphone android dapat dipasangi aplikasi google camera 600x300 » Ini Ciri Smartphone Android yang Bisa Dipasangi Aplikasi Google Camera

Sebagai pengguna smartphone Android yang sering memanfaatkan kamera untuk mengabadikan foto maupun video, sudah pasti fitur kamera jadi fitur yang paling penting.

Namun sayangnya, tidak banyak smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur kamera yang mumpuni. Fitur-fitur kamera super lengkap biasanya memang hanya bisa dinikmati pada smartphone Android kelas flagship.

Untungnya, sekarang anda sudah bisa menggunakan fitur-fitur kamera super di smartphone Android biasa. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi Google Camera.

Namun memang masih ada sedikit hambatan untuk bisa menggunakan aplikasi Google Camera. Pasalnya, tidak semua smartphone Android bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Mau tau smartphone Android apa saja yang bisa mencicipi aplikasi Google Chrome tersebut? Bagi anda yang mau tau, anda bisa baca ciri-ciri smartphone Android yang bisa menggunakan aplikasi Google Camera di dalam artikel ini.

Apa Kelebihan Menggunakan Aplikasi Google Camera di Smartphone Android?

Sebelum membahas mengenai apa saja ciri smartphone Android yang bisa menggunakan aplikasi Google Camera, anda perlu tau terlebih dahulu mengenai apa kelebihan menggunakan aplikasi tersebut.

tanda smartphone android dapat dipasangi aplikasi google camera » Ini Ciri Smartphone Android yang Bisa Dipasangi Aplikasi Google Camera

Berikut ini adalah beberapa kelebihan smartphone Android yang bisa menggunakan aplikasi Google Camera:

  • Bisa menikmati berbagai macam fitur kamera khusus yang sebelumnya tidak pernah ada di dalam smartphone Android.
  • Bisa meningkatkan kualitas foto maupun video yang dihasilkan menggunakan kamera smartphone Android.
  • Membuat kamera smartphone Android hampir setara dengan kamera profesional.
  • Memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan modifikasi pada berbagai macam pengaturan di dalam kamera smartphone Android.
  • Membuat kamera smartphone Android murah bisa menghasilkan foto ataupun video dengan kualitas yang setara seperti kamera smartphone Android mahal.

Jadi secara singkatnya, aplikasi Google Camera ini mampu membuat kamera smartphone Android yang kurang bagus menjadi meningkat drastis.

Pasalnya, mayoritas kamera smartphone Android yang tidak mampu menghasilkan foto ataupun video yang berkualitas adalah karena keterbatasan fitur dari vendor smartphonenya saja.

2 Ciri Smartphone Android yang Bisa Menggunakan Aplikasi Google Camera

Aplikasi Google Camera memang bisa meningkatkan kualitas kamera smartphone Android murah setingkat dengan kamera smartphone Android yang harganya mahal.

Namun sekali lagi, tidak semua smartphone Android bisa menggunakan aplikasi Google Camera. Hal tersebut disebabkan karena tidak semua smartphone Android dibekali dengan sensor kamera yang berkualitas.

Lalu apakah smartphone Android yang saat ini anda miliki bisa menggunakan aplikasi Google Camera? Untuk memastikan hal tersebut, anda bisa ketahui dengan menggunakan 2 ciri berikut ini:

  1. Smartphone Android harus bisa menggunakan Camera2 API

Ciri pertama smartphone Android yang bisa menggunakan aplikasi Google Camera adalah yang bisa menggunakan Camera2 API terlebih dahulu.

Camera2 API ini adalah sebuah framework khusus yang dibuat untuk memberikan kemudahan bagi developer untuk mengakses berbagai macam fitur kamera inti seperti exposure, pengaturan ISO, dan juga focus.

Jika smartphone Android yang anda tidak mendukung penggunaan Camera2 API, maka sudah dapat dipastikan jika smartphone Android yang anda miliki juga tidak bisa menggunakan aplikasi Google Camera.

Pasalnya, aplikasi Google Camera membutuhkan framework Camera2 API tersebut untuk bisa berfungsi normal.

Lalu bagaimana caranya mengetahui jika smartphone Android yang anda miliki bisa menggunakan Camera2 API? Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memasang aplikasi Manual Camera Compatibility Test yang tersedia gratis di Playstore.

Setelah memasang aplikasi tersebut, anda hanya perlu cek saja kompatibilitas kamera di smartphone Android anda. Jika hasil pengecekan semua lolos, maka smartphone Android anda dinyatakan bisa menggunakan Camera2 API.

  1. Diutamakan smartphone Android yang menggunakan chipset buatan Qualcomm

Ciri kedua smartphone Android yang bisa menggunakan aplikasi Google Camera adalah smartphone Android yang menggunakan chipset Qualcomm.

Kenapa? Karena aplikasi Google Camera ini adalah aplikasi yang dibuat berdasarkan aplikasi kamera bawaan pada smartphone Google Pixel. Oleh sebab itu, smartphone Android yang benar-benar support dengan aplikasi Google Camera ini adalah yang menggunakan chipset Qualcomm.

Makin tinggi seri chipset Qualcomm juga menentukan kecepatan proses ketika menggunakan aplikasi Google Camera.

Jadi bagaimana? Apakah smartphone Android yang anda miliki bisa menggunakan aplikasi Google Camera? Jika memang sudah bisa mencoba menggunakan aplikasi tersebut, apakah hasilnya memang jauh lebih memuaskan dari aplikasi kamera bawaan sebelumnya?