Ini Fitur yang Diprediksi Akan Dihilangkan di Smartphone Masa Depan

37 views

Dengan makin banyaknya teknologi yang akan dibenamkan di dalam smartphone masa depan, secara otomatis akan ada teknologi smartphone kuno yang harus dihilangkan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan ada cukup ruang di dalam bodi smartphone untuk menyematkan teknologi baru.

Masalahnya, apa saja teknologi atau fitur kuno yang kemungkinan besar akan dihilangkan di smartphone masa depan tersebut?

Jika anda penasaran mengenai hal tersebut, anda bisa pelajari lebih lanjut mengenai apa saja fitur smartphone yang diprediksi akan dihilangkan di smartphone masa depan melalui artikel ini.

Ini 7 Macam Fitur yang Kemungkinan Akan Dihilangkan di Smartphone Masa Depan

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan, untuk bisa mengakomodasi semua fitur baru yang akan disematkan di dalam smartphone masa depan, tentunya akan ada beberapa fitur lama yang harus dihilangkan.

Menurut prediksinya, berikut ini adalah beberapa macam fitur kuno yang kemungkinan besar akan hilang di smartphone masa depan:

  1. Jack audio 3.5 mm

Fitur yang pertama yang sudah pasti akan hilang di smartphone masa depan adalah jack audio 3.5 mm.

Pasalnya, sudah mulai ada beberapa seri smartphone yang meluncur di pasaran tanpa dibekali dengan jack audio 3.5 mm.

Hal tersebut disebabkan karena saat ini sudah ada banyak sekali earphone yang menggunakan koneksi wireless. Jadi, fitur jack audio 3.5 mm terasa tidak begitu bermanfaat lagi untuk terus ada di dalam smartphone masa depan.

  1. Sensor pemindai sidik jari

Sensor pemindai sidik jari juga menjadi fitur kuno yang akan segera hilang dari smartphone. Hal ini sebenarnya sudah mulai terjadi.

Jika diperhatikan, mulai banyak smartphone yang meluncur tanpa memiliki sensor pemindai sidik jari di bagian belakang ataupun di bagian samping lagi.

Kenapa? Karena sensor pemindai sidik jari di smartphone kedepannya akan ditanamkan langsung di bawah layar. Selain terlihat makin canggih, penanaman sensor pemindai sidik jari di bawah layar juga membuat aksesnya makin cepat.

  1. Slot memori eksternal

Fitur selanjutnya yang mau tidak mau harus dihilangkan dari smartphone masa depan tampaknya adalah fitur slot memori eksternal.

Jika dilihat dari besarnya kapasitas memori internal smartphone yang keluar di tahun 2019 ini, kemungkinan besar memang slot memori eksternal sudah tidak dibutuhkan lagi.

Pasalnya, kapasitas memori internal smartphone di beberapa tahun kedepan kemungkinan sudah sangat besar sehingga sudah tidak perlu lagi ditambahkan dengan memori eksternal.

Dan ini berarti kemungkinan juga jadi akhir dari pengembangan teknologi microSD. Pasalnya memang tidak bisa dipungkiri bahwa microSD paling banyak digunakan di perangkat smartphone.

  1. Slot SIM card

Beberapa tahun lalu, sudah ada beberapa vendor smartphone yang mulai melakukan riset untuk menggunakan teknologi eSIM.

Menurut informasinya, penggunaan teknologi eSIM akan memberikan lebih banyak ruang kosong di dalam bodi smartphone. Oleh sebab itu, vendor smartphone bisa membenamkan berbagai teknologi baru yang lebih bermanfaat lagi.

Melihat fakta tersebut, sudah tampak jelas bahwa ada kemungkinan di beberapa tahun kedepan slot SIM card juga akan dihilangkan dari dalam smartphone dan digantikan dengan eSIM.

  1. Port charger

Fitur berikutnya yang juga diisukan akan dihilangkan di smartphone masa depan adalah port charger.

Port charger smartphone yang kebanyakan sudah menggunakan USB tipe C saat ini kemungkinan akan dihilangkan.

Pasalnya, pengembangan teknologi pengisian baterai dengan teknologi wireless sudah makin bagus.

Jadi ada kemungkinan di masa depan, semua smartphone sudah menggunakan teknologi pengisian baterai wireless. Oleh sebab itu, port USB tipe C sudah tidak dibutuhkan lagi.

  1. Tombol volume

Tombol volume memang sebenarnya tidak bisa dikatakan sebuah fitur. Namun menurut prediksinya, tombol volume ini juga nantinya akan dihilangkan dari smartphone.

Meskipun tampaknya sudah cukup kecil, ternyata menghilangkan tombol volume juga bisa menambahkan ruang kosong di dalam bodi smartphone.

Jadi kemungkinan besar di masa depan pengaturan volume suara smartphone hanya bisa dilakukan melalui navigasi di layar smartphone saja.

  1. Komponen speaker

Yang terakhir, kemungkinan besar komponen speaker untuk berkomunikasi di dalam smartphone juga akan dihilangkan di masa depan.

Kenapa? Karena sudah ada beberapa vendor smartphone besar yang melakukan riset untuk menanamkan speaker di dalam display sekaligus.

Bahkan sudah ada vendor smartphone yang meluncurkan teknologi tersebut seperti di Vivo Nex yang disebut dengan teknologi SoundCasting.

Kalau semua fitur tersebut nantinya benar-benar dihilangkan dari smartphone, kira-kira teknologi baru seperti apa saja ya yang akan dibenamkan di smartphone masa depan?

Tags: #Fitur Smartphone