Ini Kelebihan dan Kekurangan Kamera Selfie Smartphone dengan Mekanisme Motorik

Smartphone keluaran tahun 2019 memang makin lama makin banyak yang menggunakan desain display full view tanpa poni.

Sebagai gantinya, mulai ada beberapa produsen smartphone yang menggunakan mekanisme motorik untuk menyembunyikan dan juga mengeluarkan kamera selfie dari dalam bodi smartphone.

Penggunaan mekanisme motorik untuk kamera selfie di smartphone itu memang merupakan satu teknologi yang sangat disukai di tahun ini. Pasalnya, memang teknologi tersebut memberikan banyak sekali kelebihan pada smartphone.

Namun sayangnya, selain bisa memberikan cukup banyak kelebihan, smartphone yang menggunakan mekanisme mekanik di bagian kamera selfienya juga menjadi memiliki beberapa kekurangan.

Apa saja sebenarnya kelebihan dan juga kekurangan dari kamera selfie smartphone yang dibuat menggunakan mekanisme motorik itu? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa cek penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Kelebihan Smartphone yang Memiliki Kamera Selfie Dengan Mekanisme Motorik

Sebelum membahas mengenai apa kekurangannya, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan smartphone yang menggunakan kamera selfie dengan mekanisme motorik.

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Display makin luas

Dengan digunakannya mekanisme motorik untuk menyembunyikan dan juga mengeluarkan kamera selfie, secara otomatis smartphone akan memiliki display yang lebih luas.

Kenapa? Karena tidak ada lagi notch ataupun bezel yang mengganggu di bagian atas display. Dengan makin luasnya display sebuah smartphone, maka smartphone tersebut sudah pasti akan jauh lebih nyaman digunakan untu multimedia.

  • Jauh lebih terasa mewah

Kelebihan kedua dari smartphone yang sudah memiliki kamera selfie dengan mekansime motorik adalah terasa lebih mewah.

Kenapa smartphone yang punya kamera selfie dengan mekanisme mekanik itu bisa terasa mewah? Hal tersebut disebabkan karena memang sampai saat ini hanya smartphone dengan harga mahal saja yang baru bisa menggunakan teknologi tersebut.

Teknologi kamera selfie dengan mekanisme motorik sama sekali belum bisa digunakan di smartphone entry level. Oleh sebab itu, sangat wajar jika kamera selfie dengan mekanisme selfie bisa membuat sebuah smartphone terasa begitu mewah.

Kekurangan Smartphone Dengan Kamera Selfie yang Menggunakan Mekanisme Motorik

Memang benar, ada beberapa kelebihan dari smartphone yang sudah menggunakan mekanisme motorik untuk menyembunyikan dan juga mengeluarkan kamera selfienya.

Namun sebenarnya, teknologi tersebut juga masih punya banyak kekurangan. Berikut ini adalah beberapa contoh kekurangan dari kamera selfie smartphone yang menggunakan mekanisme motorik:

  • Menambah beban penggunaan daya baterai smartphone

Karena kamera selfie menggunakan mekanisme motorik, secara otomatis hal tersebut akan menambah beban penggunaan daya baterai smartphone.

Meskipun beban daya yang digunakan tidak terlalu besar, namun hal tersebut tetap perlu diperhitungkan. Pasalnya, anda kemungkinan tidak bisa melakukan selfie ketika baterai smartphone sudah sangat minim hanya karena adanya mekanisme motorik tersebut.

  • Sangat rawan kerusakan karena debu

Kekurangan berikutnya dari smartphone yang menggunakan kamera selfie dengan mekanisme motorik adalah sangat rawan mengalami kerusakan akibat debu.

Kenapa? Karena mekanisme motorik bisa dengan mudah mengalami kerusakan jika terkontaminasi dengan debu. Dan jika hal tersebut terjadi, kemungkinan besar kamera selfie smartphone sudah tidak bisa digunakan secara maksimal.

  • Membutuhkan waktu yang lebih lama

Kamera selfie smartphone yang menggunakan mekanisme motorik juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa digunakan untuk mengabadikan foto maupun video.

Kenapa? Karena kamera selfie harus dikeluarkan terlebih dahulu dari dalam bodi smartphone dengan menggunakan mekanisme motorik. Dan proses tersebut membutuhkan waktu.

  • Proses servis membutuhkan waktu dan biaya yang lebih besar

Kekurangan terakhir dari sebuah smartphone yang memiliki kamera selfie dengan mekanisme motorik adalah jika sampai rusak, mekanisme motorik tersebut dipastikan proses servisnya membutuhkan waktu dan juga biaya yang lebih besar.

Kenapa? Karena selain lebih sulit untuk dibongkar, smartphone dengan kamera selfie yang menggunakan mekanisme motorik juga membutuhkan spare part yang lebih banyak dari smartphone pada umumnya.

Jadi bagaimana? Apakah anda setuju jika smartphone yang kamera selfienya menggunakan mekanisme motorik itu jauh lebih merugikan pengguna atau justru kebalikannya?

Tags: #Kamera Selfie Smartphone