Ini Kelebihan Menggunakan Custom ROM di Smartphone Android Anda

keuntungan custom rom di smartphone android 600x300 » Ini Kelebihan Menggunakan Custom ROM di Smartphone Android Anda

Dari sekian banyak pengguna smartphone Android, ada beberapa yang memang lebih suka “mengoprek” smartphone yang dimilikinya.

Salah satu bagian yang paling sering “dioprek” oleh pengguna smartphone Android itu adalah sistem operasinya. Sistem operasi Android biasanya “dioprek” dengan menggunakan custom ROM.

Lalu apa sebenarnya custom ROM itu? Yang dimaksud dengan custom ROM itu adalah sistem operasi Android yang sudah dimodifikasi.

Lalu apa sebenarnya kelebihan smartphone Android yang sudah menggunakan custom ROM tersebut? Jika anda ingin mengetahui apa saja kelebihan smartphone Android yang sudah “dioprek” menggunakan custom ROM, anda bisa baca hal tersebut melalui artikel ini.

Ini 5 Macam Kelebihan yang Bisa Dirasakan pada Smartphone Android yang Menggunakan Custom ROM

Masih banyak yang bertanya sebenarnya apa kelebihan menggunakan custom ROM pada sebuah smartphone Android.

keuntungan custom rom di smartphone android » Ini Kelebihan Menggunakan Custom ROM di Smartphone Android Anda

Jika berbicara soal kelebihan, ada banyak sekali kelebihan yang bisa dirasakan pada smartphone Android yang sudah menggunakan custom ROM. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  1. Bisa menggunakan sistem operasi Android versi terbaru sekalipun di smartphone seri lama

Kelebihan pertama menggunakan custom ROM pada smartphone Android itu sudah pasti adalah keleluasaan anda dalam menggunakan sistem operasi Android versi terbaru sekalipun pada smartphone seri lama.

Jika anda hanya menantikan pembaruan sistem operasi Android dari vendor smartphone, kemungkinan besar anda hanya akan mendapatkan pembaruan selama 3 tahun saja.

Setelah itu, smartphone Android anda tidak akan lagi mendapatkan pembaruan. Namun jika anda menggunakan custom ROM, anda tetap bisa terus menggunakan sistem operasi Android versi terbaru.

  1. Bisa meningkatkan performa smartphone Android sampai tahap maksimal

Selain bisa selalu menikmati sistem operasi Android versi terbaru, menggunakan custom ROM di smartphone Android juga bisa membuat anda menikmati performa sebenarnya dari smartphone tersebut.

Kenapa? Karena dengan menggunakan custom ROM, anda bisa melakukan proses tweaking yang jauh lebih kompleks lagi.

Bahkan dengan menggunakan custom ROM tertentu, anda bisa melakukan over clock baik pada CPU maupun GPU di dalam smartphone Android anda.

Hal ini benar-benar tidak akan bisa anda lakukan jika anda masih menggunakan sistem operasi Android bawaan dari pabrikan vendor smartphone.

  1. Bisa melakukan berbagai macam personalisasi pada smartphone Android

Selain bisa meningkatkan performa dan juga bisa terus menggunakan versi Android terbaru, anda yang menggunakan custom ROM juga menjadi bisa melakukan berbagai macam personalisasi pada smartphone Android anda.

Kenapa? Karena dengan menggunakan custom ROM, anda bisa menggunakan fitur khusus seperti UI mixer yang digunakan untuk merombak tampilan visual smartphone Android anda secara 100%.

  1. Bisa lebih mudah melakukan partisi pada memori internal smartphone Android

Bagi anda yang sering mengalami gagal memasang aplikasi karena kapasitas memori internal penuh padahal sebenarnya masih banyak kapasitas memori internal yang kosong, anda juga bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah ketika sudah menggunakan custom ROM di dalam smartphone Android anda.

Kenapa? Karena dengan menggunakan custom ROM, anda juga bisa sekaligus melakukan partisi ulang pada memori internal smartphone.

Dengan begitu, maka partisi memori internal smartphone Android anda akan bisa menampung lebih banyak aplikasi dibandingkan dengan file foto dan juga video.

  1. Bebas dari berbagai macam aplikasi bloatware

Kelebihan terakhir menggunakan custom ROM pada smartphone Android adalah anda bisa benar-benar bebas dari bloatware.

Yang dimaksud dengan bloatware ini adalah aplikasi yang biasanya dipasang oleh vendor. Dan biasanya aplikasi bloatware ini bukanlah aplikasi yang biasa digunakan oleh pengguna.

Dengan adanya bloatware, maka kapasitas memori internal benar-benar tidak bisa dimaksimalkan karena mau tidak mau akan ada sedikit kapasitas memori internal yang digunakan untuk menyimpan aplikasi serta cachenya.

Hal tersebut tidak akan anda temukan di smartphone Android yang sudah menggunakan custom ROM. Pasalnya, custom ROM sama sekali tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan apapun.

Namun meskipun memang ada banyak sekali kelebihan, menggunakan custom ROM di smartphone Android itu juga cukup berbahaya.

Kenapa? Karena smartphone Android yang anda miliki benar-benar sangat rawan untuk disusupi virus maupun malware jika anda tidak berhati-hati baik dalam memasang aplikasi ataupun membuka link-link di halaman website yang tidak jelas kredibilitasnya.