Ini Kelebihan Smartphone yang Dilengkapi Lebih dari 2 Kamera Utama

keuntungan smartphone dengan lebih dari 2 kamera utama 600x300 » Ini Kelebihan Smartphone yang Dilengkapi Lebih dari 2 Kamera Utama

Di tahun 2018 lalu, memang penggunaan kamera utama yang jumlahnya lebih dari satu di smartphone mulai populer.

Semakin lama, ternyata semakin banyak jumlah kamera yang disematkan di bagian belakang smartphone. Awalnya, banyak orang beranggapan bahwa banyaknya kamera yang disematkan sebagai kamera utama sebuah smartphone itu tidak ada gunanya.

Banyak orang beranggapan bahwa hal tersebut dilakukan produsen hanya untuk meningkatkan harga jual produknya saja.

Namun ternyata, penggunaan kamera yang jumlahnya lebih dari satu di smartphone itu ternyata memang ada kelebihannya.

Sayangnya, belum banyak orang tau apa kelebihan smartphone yang membawa lebih dari 2 kamera itu. Jika anda mau tau apa saja kelebihan memiliki smartphone yang sudah dilengkapi kamera utama yang jumlahnya lebih dari 2, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 4 Kelebihan Smartphone yang Sudah Dilengkapi Dengan Lebih dari 2 Kamera Utama

keuntungan smartphone dengan lebih dari 2 kamera utama » Ini Kelebihan Smartphone yang Dilengkapi Lebih dari 2 Kamera Utama

Seperti yang sudah disebutkan, smartphone yang sudah membawa lebih dari 2 kamera utama memang punya banyak kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  1. Performa kamera utama jauh lebih baik dalam pengaturan high contrast

Kelebihan pertama smartphone yang sudah membawa lebih dari 2 kamera utama adalah hasil jepretan fotonya akan jauh lebih baik ketika menggunakan pengaturan high contrast.

Kenapa bisa lebih baik kualitasnya? Karena yang dipaksa untuk bekerja lebih berat bukan hanya satu buah atau dua buah kamera saja.

Jika dalam sebuah smartphone terdapat lebih dari 2 kamera utama, maka masing-masing kamera utamanya bisa dimaksimalkan dan bisa menghasilkan kualitas foto yang jauh lebih baik.

  1. Jauh lebih baik dalam urusan zoom atau close up

Seperti halnya ketika menggunakan pengaturan high contrast, smartphone yang sudah membawa lebih dari 2 kamera utama juga memiliki kelebihan pada bagian zoom atau close up.

Kenapa? Karena sebuah smartphone bisa mengkombinasikan beberapa pixel length dari masing-masing kamera yang disematkan di bagian belakang untuk mendapatkan optical zoom tertinggi.

  1. Bisa menciptakan efek bokeh yang sangat natural

Selain bisa meningkatkan kemampuan zoom dan juga high contrast, smartphone yang dilengkapi dengan lebih dari 2 kamera utama juga memiliki kelebihan dalam hal menciptakan efek bokeh.

Efek bokeh memang sudah bisa tercipta ketika melakukan pengambilan foto dengan menggunakan smartphone dengan 2 kamera utama atau bahkan hanya dengan 1 kamera utama saja.

Namun hasil foto bokeh smartphone yang punya lebih dari 2 kamera utama itu jauh lebih bagus. Kenapa? Karena hasil efek bokehnya bukan dari proses editing seperti pada smartphone dengan 1 ataupun 2 kamera utama.

Hasil foto bokeh yang diambil menggunakan smartphone dengan lebih dari 2 kamera utama benar-benar tercipta secara alami.

Pasalnya, efek bokeh tersebut tercipta karena sensor kamera smartphone bisa membedakan dan memisahkan mana subyek dan background dalam foto.

  1. Bisa digunakan untuk mengabadikan foto di kondisi minim pencahayaan

Kelebihan lain dari smartphone yang sudah dilengkapi dengan lebih dari 2 kamera utama adalah bisa mengabadikan foto dalam kondisi yang sangat minim pencahayaan.

Hal ini bisa terjadi karena masing-masing kamera smartphone akan ditugaskan untuk menangkap cahaya dan menggabungkan hasilnya menjadi satu.

Dengan begitu, maka smartphone masa kini yang memiliki kamera utama lebih dari 2 benar-benar tetap bisa mengabadikan foto meski dalam kondisi gelap. Dan yang lebih menariknya lagi, hasil foto tersebut juga sangat minim noise.

Namun meskipun punya beberapa kelebihan, smartphone yang dilengkapi dengan lebih dari 2 kamera utama juga punya beberapa kelemahan.

Beberapa kelemahan dari smartphone yang punya kamera lebih dari 2 adalah seperti lebih lama ketika mengabadikan foto. Kenapa? Karena sistem membutuhkan waktu tambahan untuk bisa memilih ataupun menggabungkan beberapa gambar yang dihasilkan oleh masing-masing kamera.

Selain masalah durasinya, smartphone yang memiliki lebih dari 2 kamera utama itu juga dipastikan lebih banyak membutuhkan memori penyimpanan data.

Kenapa? Karena hasil foto dari smartphone yang memiliki lebih dari 2 kamera utama itu biasanya ukuran filenya jauh lebih besar dari ukuran file foto yang diambil menggunakan smartphone dengan 2 kamera utama.

Hal tersebut disebabkan karena tingkat resolusi foto yang diambil dengan smartphone berkamera utama lebih dari 2 itu jauh lebih besar. Jadi tidak heran kalau ukuran filenya juga jadi lebih besar.