Ini Macam Fitur Multitasking yang Bisa Digunakan pada Smartphone Android

fitur multitasking smartphone android 600x300 » Ini Macam Fitur Multitasking yang Bisa Digunakan pada Smartphone Android

Salah satu kelebihan dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android adalah fleksibilitasnya. Ada banyak sekali fitur-fitur multitasking yang bisa membuat penggunaan smartphone Android makin efisien. Sayangnya, tidak banyak pengguna yang tau mengenai fitur-fitur multitasking tersebut.

Namun jika berbicara soal fitur multitasking, fitur ini memang paling banyak terdapat pada sistem operasi Android seri 7 keatas. Untuk sistem operasi Android seri 7 kebawah memang belum bisa menikmati terlalu banyak fitur multitasking.

Jika smartphone Android yang anda gunakan saat ini memiliki sistem operasi Android seri 7 keatas, anda bisa coba gunakan beberapa fitur multitasking yang dijabarkan di dalam artikel ini.

Ini 5 Macam Fitur Multitasking di Smartphone Android Versi 7 Keatas

Seperti yang sudah disebutkan, memang ada banyak sekali fitur multitasking yang bisa anda gunakan di smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android versi 7 keatas.

fitur multitasking smartphone android » Ini Macam Fitur Multitasking yang Bisa Digunakan pada Smartphone Android

Namun dari sekian banyak fitur multitasking, ada 5 yang memang benar-benar wajib anda coba. Berikut ini adalah 5 macam fitur multitasking di smartphone yang menggunakan sistem operasi Android versi 7 keatas:

  1. Split screen

Fitur multitasking pertama yang bisa anda gunakan di smartphone Android versi 7 keatas adalah split screen.

Dengan menggunakan fitur split screen ini, anda bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan di dalam satu buah smartphone Android.

Lalu bagaimana caranya mengaktifkan fitur split screen tersebut? Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol recent apps dalam beberapa detik.

Setelah itu, anda hanya perlu memilih aplikasi mana saja yang mau anda buka secara bersamaan di layar smartphone.

  1. Akses beberapa aplikasi yang sudah terbuka secara cepat

Selain split screen, anda juga bisa mengakses beberapa aplikasi yang sudah terbuka dengan lebih cepat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan memanfaatkan tombol recent apps lagi.

Kebanyakan pengguna smartphone Android memang sudah terbiasa menggunakan tombol recent apps untuk berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sudah dibuka sebelumnya.

Namun hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat. Caranya adalah dengan melakukan double tap saja di tombol recent apps. Dengan melakukan double tap, secara otomatis anda akan bisa berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang sudah pernah anda buka sebelumnya.

  1. Membuka side menu dengan cara yang berbeda

Pengguna smartphone Android pasti sudah sangat familiar bukan dengan menu yang dilambangkan dengan 3 garis vertikal?

Jika smartphone Android yang anda miliki sudah menggunakan OS Android versi 7 keatas, anda juga sudah bisa mengakses menu tersebut dengan cara yang berbeda.

Anda tidak perlu lagi harus repot-repot scroll layar hingga keatas hanya untuk bisa mengakses menu tersebut. Jika anda mau mengakses menu tersebut, anda hanya perlu membuka dengan melakukan swipe layar dari kiri ke kanan.

Dengan melakukan swipe di layar, anda secara otomatis sudah bisa mengakses side menu yang biasanya dilambangkan dengan 3 garis vertikal.

  1. Akses Quick Setting secara lengkap dengan lebih cepat

Sebagai pengguna smartphone Android, kemungkinan besar anda pasti sudah cukup sering bukan mengakses Quick Setting di smartphone anda?

Pada umumnya, kebanyakan pengguna smartphone Android harus melakukan 2 kali swipe kebawah pada layar untuk bisa mengakses Quick Setting secara lengkap.

Jika smartphone yang anda miliki sudah menggunakan sistem operasi Android versi 7 keatas, anda bisa mengakses Quick Setting secara lengkap dengan lebih cepat.

Caranya adalah dengan melakukan swipe layar kebawah dengan menggunakan 2 buah jari. Dengan melakukan swipe layar kebawah menggunakan 2 jari, secara otomatis Quick Setting akan ditampilkan secara lengkap.

  1. Cek notifikasi dengan cara yang lebih cepat

Ketika menerima chat di Whatsapp ataupun menerima email, biasanya mau tidak mau anda harus melakukan swipe layar kebawah bukan untuk bisa melihat isi notifikasinya?

Hal tersebut bisa anda lakukan dengan lebih cepat lagi di smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android versi 7 keatas.

Untuk bisa membaca notifikasi di smartphone Android versi 7 keatas, anda hanya perlu melakukan double tap saja di bagian status bar smartphone anda.

Dengan melakukan double tap di bagian status bar, maka secara otomatis seluruh notifikasi akan ditampilkan.

Jadi bagaimana? Cukup banyak bukan fitur-fitur multitasking smartphone Android yang menarik itu? Dari 5 fitur multitasking tersebut, manakah yang sudah pernah anda coba gunakan?