Ini Macam Fitur yang Sudah Dikonfirmasi Akan Ada di OS Android 11 Nanti

Sampai saat ini, memang belum semua smartphone Android bisa mencicipi seperti apa sistem operasi Android terbaru yaitu Android 10.

Namun meskipun demikian, Android sendiri sudah mengumumkan bahwa proses pembuatan sistem operasi Android terbaru yaitu Android 11 sudah berjalan.

Menurut informasinya, sistem operasi Android 11 akan siap diluncurkan kurang lebih di kuartal keempat tahun 2020 nanti.

Meskipun terbilang masih cukup lama, namun sudah ada beberapa fitur yang dikonfirmasi akan disematkan di dalam sistem operasi Android 11 nanti.

Seperti apa saja fitur-fitur yang akan disematkan di dalam sistem operasi Android terbaru tersebut? Bagi anda yang ingin tau macam-macam fitur yang akan dibawa sistem operasi Android 11, anda bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 4 Macam Fitur yang Sudah Dikonfirmasi Akan Hadir di Sistem Operasi Android 11

Seperti yang sudah disebutkan, Android memang sudah memulai proses pengembangan sistem operasi terbarunya yaitu Android 11.

Meskipun belum selesai diproses, namun setidaknya sudah mulai bermunculan beberapa fitur yang akan bisa dinikmati di sistem operasi Android 11 nanti.

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur yang sudah dikonfirmasi akan disematkan di dalam sistem operasi Android 11:

  1. Dukungan untuk merekam video dengan kualitas 4K 60 fps

Ada banyak hal yang membuat Android belum bisa menyaingi IOS. Salah satunya yang membuat sistem operasi Android masih kalah dengan IOS adalah karena belum mendukung proses perekaman video dengan kualitas sangat tinggi.

Namun menurut informasinya, sistem operasi Android 11 akan menjawab semua itu. Pasalnya, sistem operasi Android 11 dikabarkan akan mendukung proses perekaman video dengan kualitas 4K 60 fps.

Menurut informasinya, nantinya smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android 11 akan mampu merekam video kualitas 4K 60 fps dengan kapasitas lebih dari 4 GB.

Hal tersebut bisa dilakukan di smartphone dengan sistem operasi Android 11 karena kapasitas memori internal smartphone keluaran tahun 2020 nanti sudah pasti mencukupi untuk mendukung fitur ini.

  1. Adanya fokus mode

Selain sudah mendukung perekaman video 4K, sistem operasi Android 11 juga akan dilengkapi dengan satu fitur yang lebih baik dari fitur DND atau Do Not Disturb.

Fitur yang lebih baik dari fitur DND tersebut adalah fokus mode. Selain bisa mematikan semua notifikasi, fitur fokus mode ini memberikan kebebasan bagi pengguna untuk melakukan pause pada aplikasi tertentu dengan durasi yang bisa diatur.

Jadi bisa dikatakan, fitur fokus mode ini adalah peningkatan dari fitur DND yang sebelumnya sudah pernah ada di dalam sistem operasi Android.

  1. Adanya fitur airplane Bluetooth

Fitur lain yang juga dikonfirmasi akan tersedia di sistem operasi Android 11 adalah fitur airplane Bluetooth.

Dengan adanya fitur airplane Bluetooth tersebut, pengguna smartphone Android bisa mengaktifkan fitur Bluetooth meskipun smartphone masih dalam kondisi airplane mode.

Hal ini tentu akan mempermudah pengguna yang mau bisa tetap menggunakan teknologi Bluetooth meskipun smartphone harus tetap berada dalam kondisi airplane mode.

  1. Adanya fitur digital ID

Seperti yang sudah diprediksi, smartphone di tahun 2020 memang akan makin canggih saja. Hal tersebut terbukti ketika Android bersama dengan Qualcomm mengumumkan bahwa semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 11 nanti akan bisa menikmati fitur khusus yang disebut dengan digital ID.

Fitur digital ID adalah satu fitur khusus hasil kerjasama dari Android dengan Qualcomm. Dengan fitur digital ID tersebut, pengguna smartphone bisa menyimpan data digital dari kartu identitas fisik seperti KTP, SIM, passport, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya fitur digital ID tersebut, diharapkan pengguna yang lupa membawa kartu identitas fisiknya masih bisa dimudahkan dengan menggunakan digital ID.

Meskipun memang baru ada 4 fitur yang dikonfirmasi akan disematkan di dalam sistem operasi Android 11, namun dapat dipastikan bahwa akan ada lebih banyak fitur baru yang dimiliki sistem operasi Android 11 nanti.

Selain 4 fitur tersebut, kemungkinan besar sistem operasi Android 11 juga akan membawa fitur dark mode yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.