Ini Peningkatan Teknologi Bluetooth 5.1 yang Disematkan pada Smartphone Masa Kini

Bluetooth memang adalah salah satu jenis konektivitas yang selalu dimiliki smartphone. Meskipun sudah mulai jarang digunakan, ternyata mayoritas smartphone masa kini sudah dilengkapi dengan Bluetooth teknologi terbaru yaitu Bluetooth 5.1.

Karena bukan termasuk teknologi yang cukup sering digunakan, memang banyak sekali pengguna smartphone yang tidak begitu mengetahui apa peningkatan pada teknologi Bluetooth 5.1 tersebut.

Padahal, Bluetooth 5.1 membawa cukup banyak peningkatan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Penasaran ingin tau apa saja peningkatan pada teknologi Bluetooth 5.1 tersebut? Bagi anda yang ingin tau apa saja peningkatannya, anda bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Peningkatan Pada Teknologi Bluetooth 5.1 yang Disematkan di Smartphone Masa Kini

Seperti yang sudah dijelaskan, ternyata teknologi Bluetooth yang disematkan di smartphone masa kini itu juga mengalami peningkatan.

Berikut ini adalah beberapa hal peningkatan pada Bluetooth 5.1 yang saat ini jadi standard teknologi Bluetooth yang disematkan di smartphone keluaran tahun 2019:

  1. Jarak transmisi yang lebih jauh

Jika dibandingkan dengan teknologi Bluetooth 5, teknologi Bluetooth 5.1 ini mengalami peningkatan pertama kali di bagian jarak transmisinya.

Teknologi Bluetooth 5.1 ini memiliki jarak transmisi hingga 300 meter. Dengan jangkauan transmisi yang lebih jauh, maka teknologi Bluetooth 5.1 ini jelas akan jauh lebih bermanfaat digunakan untuk menghubungkan 2 perangkat yang jaraknya cukup jauh.

Selain itu, kualitas transmisi teknologi Bluetooth 5.1 ini juga sudah sangat bagus meskipun terhalang dengan tembok ataupun beton yang cukup tebal.

  1. Tidak boros dalam konsumsi daya

Selain mengalami peningkatan dari jarak transmisinya, teknologi Bluetooth 5.1 yang terpasang di smartphone masa kini juga terbukti mengalami peningkatan pada konsumsi dayanya.

Teknologi Bluetooth 5.1 ini dikatakan jauh lebih hemat dalam konsumsi daya. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan karena jarak transmisinya yang lebih jauh sehingga Bluetooth tidak perlu menggunakan daya lebih besar untuk mencari perangkat berulang kali.

Pasalnya, minimnya jarak jangkau Bluetooth di masa lalu memang mempengaruhi konsumsi dayanya.

  1. Kecepatan transfer data meningkat

Peningkatan teknologi Bluetooth 5.1 yang berikutnya adalah pada kecepatan transfernya. Smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi Bluetooth 5.1 sudah bisa melakukan transfer data dengan kecepatan 2 mbps.

Kecepatan transfer data pada teknologi Bluetooth 5.1 ini meningkat 2 kali lipat jika dibandingkan dengan kecepatan transfer teknologi Bluetooth versi sebelumnya.

Dengan mengalami peningkatan pada kecepatan transfernya tersebut, maka sebenarnya teknologi Bluetooth 5.1 ini bisa digunakan untuk transfer data dengan ukuran yang cukup besar antar smartphone dalam waktu singkat.

  1. Terdapat fitur direction finding

Selain jauh lebih cepat, lebih jauh, dan juga lebih hemat daya, teknologi Bluetooth 5.1 yang disematkan di smarpthone masa kini juga punya satu fitur unggulan yang disebut dengan direction finding.

Jadi di dalam teknologi Bluetooth 5.1 ini sudah dilengkapi dengan fitur direction finding yang bisa menggantikan peranan WiFi dalam menentukan lokasi device atau smartphone anda di GPS.

Jika dibandingkan dengan menggunakan jaringan WiFi, proses pencarian lokasi device atau smartphone dengan menggunakan teknologi Bluetooth 5.1 ini jauh lebih presisi.

Bahkan disebutkan bahwa tingkat presisi pencarian lokasi menggunakan teknologi Bluetooth 5.1 ini cukup tinggi, tingkat melesetnya hanya sekitar 1 hingga 10 meter saja.

  1. Dilengkapi dengan fitur GATT

Peningkatan terakhir pada teknologi Bluetooth 5.1 yang disematkan di smartphone masa kini adalah adanya fitur GATT atau generic attribute.

Dengan adanya fitur tersebut, teknologi Bluetooth 5.1 tidak akan membutuhkan waktu terlalu lama untuk melakukan pairing dengan perangkat lainnya.

Selain 5 hal tersebut, teknologi Bluetooth 5.1 juga sudah mendukung pairing dengan 2 device audio secara bersamaan. Jadi jika anda memiliki 2 buah speaker Bluetooth yang sudah menggunakan teknologi Bluetooth 5.1, anda bisa menghubungkannya secara bersamaan ke satu smartphone anda.

Setelah mengetahui apa saja peningkatan yang dibawa teknologi Bluetooth 5.1 tersebut, apakah anda mau mencoba menggunakan konektivitas Bluetooth lagi yang terdapat di dalam smartphone anda?

Tags: #Teknologi Bluetooth Smartphone