Ini Peningkatan Teknologi Pada Chipset Qualcomm Snapdragon 865

peningkatan fitur teknologi pada chipset qualcomm snapdragon 865 600x300 » Ini Peningkatan Teknologi Pada Chipset Qualcomm Snapdragon 865

Qualcomm secara resmi sudah mengumumkan bahwa chipset perangkat mobile yaitu Snapdragon 865 sudah siap untuk diproduksi secara masal. Oleh sebab itu, mulai banyak vendor smartphone yang menggunakan chipset Qualcomm seri tertinggi tersebut.

Samsung, Sony, Xiaomi, dan juga Oppo sudah memastikan akan meluncurkan smartphone barunya di quartal pertama tahun 2020 nanti dan semuanya menggunakan chipset Snapdragon 865 besutan Qualcomm.

Lalu apa saja yang mengalami peningkatan dari chipset Qualcomm Snapdragon 865 tersebut jika dibandingkan dengan chipset seri flagship sebelumnya? Ternyata, memang ada cukup banyak hal yang mengalami peningkatan teknologi pada chipset Snapdragon 865.

Bagi anda yang mau tau apa saja yang mengalami peningkatan pada chipset Snapdragon 865 dibandingkan dengan Snapdragon 855, anda bisa pelajari selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 6 Peningkatan Signifikan Pada Chipset Snapdragon 865 Dibandingkan Chipset Flagship Sebelumnya

Seperti yang sudah disebutkan, chipset Qualcomm Snapdragon 865 memang punya cukup banyak peningkatan jika mau dibandingkan dengan chipset flagship sebelumnya.

peningkatan fitur teknologi pada chipset qualcomm snapdragon 865 » Ini Peningkatan Teknologi Pada Chipset Qualcomm Snapdragon 865

Berikut ini adalah beberapa contoh peningkatannya:

  1. Kinerja CPU meningkat 20%

Di bagian CPU, Qualcomm Snapdragon 865 memang dinyatakan mengalami peningkatan hingga 20%.

Hal tersebut disebabkan karena Snapdragon 865 menggunakan konfigurasi 3 jenis core CPU yaitu 1 core Cortex A77 dengan kecepatan 2.84 Ghz, 3 core Cortex A77 dengan kecepatan 2.42 Ghz, dan juga 4 core Cortex A55 dengan kecepatan 1.8 Ghz.

  1. Kinerja GPU meningkat 17% sampai 20%

Bukan hanya CPU saja yang mengalami peningkatan, chipset Snapdragon 865 juga mengalami peningkatan pada bagian GPU.

Chipset Snapdragon 865 ini dilengkapi dengan GPU baru yaitu Adreno 650. Dan GPU Snapdragon 865 ini juga sudah berjalan di frekuensi 578 Mhz.

  1. Hadir dalam 2 pilihan jaringan 4G dan 5G

Tidak seperti Qualcomm Snapdragon 855, Qualcomm Snapdragon 865  tidak hanya tersedia dalam jaringan 4G saja namun juga sudah tersedia dalam dukungan jaringan 5G.

Jadi vendor smartphone yang memang mau menghadirkan smartphone dengan jaringan 5G bisa langsung memilih menggunakan chipset Snapdragon 865 yang sudah dibenamkan dengan modem X55.

Dengan begitu, akan lebih banyak ruang untuk menyematkan komponen lain di dalam smartphone.

  1. Sudah mendukung penggunaan RAM LPDDR5

Peningkatan selanjutnya pada chipset Qualcomm Snapdragon seri 865 jika dibandingkan dengan seri Qualcomm flagship sebelumnya adalah sudah mendukung penggunaan RAM berteknologi LPDDR5.

RAM LPDDR5 adalah teknologi RAM terbaru yang bisa digunakan di smartphone. Teknologi RAM LPDDR5 memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi RAM smartphone sebelumnya.

Selain lebih cepat, RAM LPDDR5 ini juga jauh lebih stabil ketika memproses berbagai macam data.

  1. Sudah mendukung HDR10+

Di tahun 2020 mendatang, diprediksi bahwa akan semakin banyak vendor smartphone yang menyematkan kamera dengan spesifikasi luar biasa.

Oleh sebab itu, untuk bisa memaksimalkan spesifikasi kamera dengan resolusi besar, maka dibutuhkan satu chipset yang sudah mendukung HDR10+.

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 adalah chipset pertama yang sudah mendukung fitur HDR10+. Jadi nantinya smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 865 ini benar-benar bisa menghasilkan kualitas foto yang seperti aslinya.

  1. Dibuat menggunakan teknologi 7 nm EUV

Chipset Qualcomm Snapdragon 865 tidak akan dibuat menggunakan teknologi 7 nm biasa. Chipset Qualcomm seri terbaru tersebut akan dibuat menggunakan teknologi 7 nm khusus yaitu EUV.

Nantinya, Samsung yang akan ditunjuk untuk memproduksi chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini. Pasalnya, Samsung sudah memiliki teknologi produksi chipset 7 nm EUV.

Dengan diproduksi menggunakan teknologi 7 nm EUV, chipset Qualcomm Snapdragon 865 tidak hanya bisa memiliki ukuran yang lebih kecil saja dari chipset sebelumnya.

Chipset yang dibuat menggunakan teknologi 7 nm EUV ini juga mengalami peningkatan kinerja yang cukup maksimal namun tidak membuat konsumsi dayannya meningkat.

Dengan diproduksi menggunakan teknologi 7 nm EUV dari Samsung tersebut, chipset Snapdragon 865 ini justru makin irit dalam konsumsi daya.

Menurut informasinya, Samsung kemungkinan besar akan menjadi vendor smartphone pertama yang nantinya akan menjual smartphone dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini.

Smartphone Samsung pertama yang akan menggunakan chipset Snapdragon 865 ini kemungkinan besar adalah Samsung Galaxy S11.