Ini Penyebab Kenapa Smartphone Android yang Anda Punya Belum Menerima Update Sistem

sebab smartphone android belum menerima update sistem 600x300 » Ini Penyebab Kenapa Smartphone Android yang Anda Punya Belum Menerima Update Sistem

Selain punya teknologi yang makin canggih, smartphone itu juga bisa dikatakan lebih baik dari segi sistem operasinya. Kenapa? Karena sistem operasi smartphone dalam hal ini adalah OS Android sudah bisa diperbarui secara otomatis.

Jadi keamanan data yang tersimpan di dalam smartphone sudah dapat dipastikan bisa terjaga dari ancaman virus maupun malware.

Namun sayangnya, tidak semua pengguna smartphone itu bisa menerima update sistem android terbaru untuk smartphonenya dengan lancar. Bahkan bisa dikatakan ada banyak sekali pengguna smartphone yang mengeluhkan soal smartphonenya yang tidak pernah menerima update sistem.

Lalu sebenarnya kenapa smartphone bisa sampai tidak menerima update sistem itu? Bagi anda yang selama ini juga merasa tidak pernah mendapatkan update sistem di smartphone yang anda gunakan, anda bisa pelajari apa saja penyebabnya di dalam artikel ini.

Ketahui 5 Faktor yang Jadi Penyebab Kenapa Smartphone Android Anda Tidak Menerima Update Sistem

Kalau berbicara soal kenapa sebuah smartphone android itu sampai tidak menerima update sistem, memang ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya.

sebab smartphone android belum menerima update sistem » Ini Penyebab Kenapa Smartphone Android yang Anda Punya Belum Menerima Update Sistem

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya:

  1. Jaringan internet yang anda gunakan tidak stabil atau kuota anda habis

Faktor pertama yang jadi penyebab kenapa smartphone android yang anda miliki belum juga mendapatkan update sistem mungkin karena jaringan internet yang anda gunakan.

Update sistem sebuah smartphone itu membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil. Dan bukan hanya itu saja, terkadang ada update yang mengharuskan smartphone anda terhubung dengan WiFi karena ukuran file update yang terlalu besar untuk diunduh menggunakan jaringan seluler.

Oleh sebab itu, kalau misalkan smartphone anda belum juga menerima update, coba cari jaringan WiFi dan hubungkan smartphone anda dengan jaringan tersebut.

Siapa tau masalahnya memang karena file update sistem smartphone anda memang butuh jaringan WiFi.

  1. Sistem operasi yang digunakan di smartphone anda sudah dimodifikasi

Selain karena masalah jaringan internetnya, smartphone android yang tidak menerima update sistem terbaru itu juga bisa disebabkan karena faktor sistem operasi yang digunakan saat ini sudah dimodifikasi. Yang dimaksud dimodifikasi di sini adalah dibuka proteksinya.

Ketika sistem operasi sebuah smartphone sudah dimodifikasi, maka secara otomatis smartphone tersebut akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan update sistem dari vendor.

Kenapa? Karena secara otomatis sistem operasi smartphone yang sudah dimodifikasi tidak akan terhubung lagi dengan vendor.

  1. Smartphone yang anda miliki keluaran dari vendor kecil

Jika bukan karena alasan jaringan internet dan juga modifikasi yang dilakukan pada sistem operasinya, smartphone android bisa saja tidak mendapatkan update sistem karena keluaran dari vendor kecil.

Pada umumnya, vendor smartphone yang tidak terlalu terkenal memang jarang sekali memberikan update sistem pada setiap smartphone besutannya.

Pasalnya, untuk bisa memberikan update sistem terus menerus itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan vendor smartphone kecil biasanya menjual produknya dengan harga yang sangat murah.

  1. Smartphone yang anda miliki bisa jadi supercopy

Kalau anda selalu terkoneksi dengan jaringan WiFi, tidak pernah melakukan modifikasi pada sistem operasi smartphone android yang anda miliki, dan smartphone yang anda miliki itu dari vendor besar, mungkin faktor penyebab kenapa smartphone yang anda miliki belum juga menerima update sistem adalah karena smartphone anda adalah smartphone supercopy.

Apa itu smartphone supercopy? Yang dimaksud dengan smartphone supercopy itu adalah smartphone ASPAL. Dari luar memang tampilannya serupa seperti yang asli. Namun sebenarnya smartphone tersebut hanya tiruan saja.

Karena merupakan smartphone supercopy, sudah pasti smartphone tersebut tidak akan mendapatkan update sistem apapun. Pasalnya, sistem operasinya sama sekali tidak sama dengan yang asli.

  1. File update sistem otomatis di dalam smartphone rusak

Faktor terakhir yang juga bisa menjadi penyebab kenapa smartphone android yang anda miliki tidak pernah mendapatkan update sistem satu kalipun sejak dibeli adalah karena ada kemungkinan file update sistem otomatisnya rusak.

Lalu bagaimana untuk memastikannya? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengembalikan pengaturan smartphone anda ke pengaturan pabrik saja.

Biasanya setelah dikembalikan ke pengaturan pabrik, file update sistem otomatis yang sebelumnya crash atau rusak sudah bisa berfungsi kembali.

Setelah membaca apa saja faktor yang bisa jadi penyebab kenapa smartphone android anda belum mendapatkan update sistem, kira-kira apa yang jadi penyebabnya di smartphone anda?