Ini Ragam Fitur Smartphone Android yang Secara Tidak Sadar Sering Menguras Baterai

fitur penyebab baterai smartphone android boros 600x300 » Ini Ragam Fitur Smartphone Android yang Secara Tidak Sadar Sering Menguras Baterai

Dari sekian banyak hal di dalam smartphone Android, baterai adalah salah satu bagian yang paling penting. Tanpa adanya baterai, smartphone Android secanggih apapun juga tidak akan bisa digunakan.

Masalahnya, banyak sekali yang mengeluhkan masalah borosnya baterai smartphone Android. Padahal, smartphone Android sudah tidak digunakan untuk bermain game ataupun untuk nonton video.

Lalu sebenarnya apa yang jadi penyebab baterai smartphone Android menjadi boros ketika sudah tidak digunakan untuk bermain game ataupun nonton video? Ternyata, ada beberapa fitur yang secara tidak sadar memang dapat menguras kapasitas baterai smartphone Android.

Mau tau apa saja fitur-fitur yang secara tidak sadar sudah menguras baterai smartphone Android anda tersebut? Jika anda ingin tau, anda bisa cek informasinya lebih lengkap di dalam artikel ini.

Ini 4 Macam Fitur yang Secara Tidak Sadar Menguras Baterai Smartphone Android

Seperti yang sudah disebutkan, baterai smartphone Android bisa cepat habis meskipun tidak digunakan untuk streaming video ataupun bermain game.

Cepat habisnya baterai smartphone Android tersebut bisa terjadi karena ada beberapa fitur yang terus menerus berjalan di belakang layar. Dan menariknya, banyak sekali fitur yang selama ini sering digunakan termasuk sebagai fitur yang secara tidak sadar sudah menguras baterai smartphone Android.

fitur penyebab baterai smartphone android boros » Ini Ragam Fitur Smartphone Android yang Secara Tidak Sadar Sering Menguras Baterai

Berikut ini adalah beberapa fitur yang selama ini diaktifkan dan ternyata secara tidak sadar menguras baterai smartphone Android:

  1. Fitur push notifikasi

Fitur pertama yang pasti diaktifkan oleh sebagian besar pengguna smartphone Android itu adalah fitur push notifikasi.

Fitur push notifikasi ini memang adalah satu fitur yang sangat penting. Jika fitur ini tidak diaktifkan, maka anda tidak akan mengetahui jika ada yang mengirimkan pesan kepada anda.

Fitur push notifikasi ini dimiliki hampir pada semua aplikasi di smartphone Android. Oleh sebab itu, jika semua aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android menjalankan fitur push notifikasi, maka sudah pasti baterai smartphone Android akan lebih cepat habis.

Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah dengan mengaktifkan fitur push notifikasi hanya pada aplikasi-aplikasi inti saja seperti aplikasi Whatsapp dan Email.

Selain itu, matikan fitur push notifikasinya langsung dari pengaturan masing-masing aplikasinya.

Dengan begitu, secara otomatis smartphone Android yang anda miliki tidak bekerja berat untuk melakukan sinkronisasi untuk semua aplikasi yang terpasang di dalamnya.

  1. Fitur kamera depan

Selain fitur push notifikasi, banyak sekali kaum hawa yang juga memanfaatkan fitur kamera depan smartphone Android sebagai pengganti cermin.

Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa baterai smartphone Android anda jadi lebih cepat habis.

Kenapa? Karena setiap kali anda mengaktifkan fitur kamera, maka akan ada satu komponen lagi yang membutuhkan konsumsi daya. Oleh sebab itu, tidak heran jika daya baterai smartphone Android anda lebih cepat habis meskipun tidak digunakan untuk streaming video dan juga bermain game.

  1. Fitur GPS

Dengan maraknya penggunaan aplikasi ojek online, secara tidak langsung hal tersebut juga mempengaruhi konsumsi daya baterai smartphone Android.

Baterai smartphone Android jadi makin cepat habis meskipun tidak digunakan streaming video ataupun bermain game adalah karena fitur GPS terus menerus dihidupkan.

Pasalnya, fitur GPS sangat dibutuhkan untuk bisa mengakses aplikasi ojek online yang penggunaannya memang sangat marak di jaman sekarang.

Lalu bagaimana solusinya? Bagi anda yang memang ingin menghemat daya baterai smartphone Android namun tetap bisa menggunakan aplikasi ojek online, anda disarankan untuk hanya mengaktifkan fitur GPS saat akan menggunakan aplikasi ojek online saja.

Setelah itu, sebaiknya matikan fitur GPS agar daya baterai smartphone Android yang anda miliki tidak terkuras habis.

  1. Fitur auto update aplikasi

Fitur terakhir yang sedikit banyak juga membuat baterai smartphone Android makin cepat habis adalah karena fitur auto update aplikasi dalam kondisi menyala.

Ketika fitur auto update aplikasi menyala, maka smartphone Android akan langsung melakukan pengunduhan file aplikasi terbaru dengan menggunakan jaringan seadanya.

Jika jaringan smartphone Android anda tidak begitu kuat, maka smartphone Android dipaksa untuk bekerja lebih berat ketika melakukan update aplikasi. Oleh sebab itu, tidak heran jika baterai smartphone Android akan makin cepat habis.

Untuk lebih efektif, sebaiknya fitur auto update aplikasi di smartphone Android ini dimatikan. Jadi anda bisa update aplikasi secara manual ketika berada di tempat yang ada jaringan WIFI-nya.

Jadi bagaimana? Apakah selama ini anda juga menghidupkan 4 fitur tersebut? Jika anda mau menghemat daya baterai smartphone Android yang anda miliki, pastikan untuk matikan 4 fitur tersebut atau gunakan secara efisien.