Ini Ragam Menu Setting Default Smartphone Android Baru yang Harus Segera Anda Ubah

Salah satu keunggulan memiliki smartphone Android itu adalah anda memiliki akses yang lebih banyak untuk melakukan personalisasi pada smartphone yang anda miliki.

Namun sayangnya, keunggulan smartphone Android ini jugalah yang membuat pengguna justru kebingungan dengan banyaknya menu pengaturan yang bisa dipersonalisasi.

Berbicara soal menu setting atau menu pengaturan, memang smartphone Android akan langsung menggunakan setting default ketika pertama kali dihidupkan.

Hanya saja, ternyata ada beberapa menu setting yang harus segera anda ubah jika mau lebih nyaman ketika menggunakan smartphone Android.

Apa saja menu setting default di smartphone Android yang disarankan untuk segera diubah tersebut? Baca lebih detailnya di dalam artikel ini.

Ini 3 Menu Setting Default yang Wajib Diubah di Smartphone Android Baru

Bagi anda yang baru saja membeli smartphone Android baru, ada beberapa menu setting default yang disarankan untuk segera anda ubah.

Berikut ini adalah beberapa menu setting default smartphone Android yang disarankan untuk segera anda ubah tersebut:

  1. Personalisasi iklan

Jika anda baru saja membeli smartphone Android baru, ada baiknya segera ubah menu personalisasi iklan.

Pada umumnya, fitur personalisasi iklan di smartphone Android ini akan diaktifkan secara default. Jika fitur personalisasi iklan ini aktif, maka Google akan melakukan tracking dari berbagai macam hal yang anda lakukan di dalam smartphone.

Hal tersebut dilakukan Google untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan apa yang paling sering anda lakukan di dalam smartphone.

Jika anda merasa terganggu dengan hal ini, ada baiknya matikan fitur personalisasi iklan tersebut.

Cara untuk mematikan fitur personalisasi iklan tersebut adalah melalui menu setting, kemudian masuk kedalam menu Google. Setelah itu cari menu ads. Di dalam menu ads, non aktifkan fitur opt out of ads personalization.

  1. Doze mode

Sistem operasi Android memang makin lama makin bisa memaksimalkan penggunaan baterai. Salah satu alasan kenapa sistem operasi Android bisa meningkatkan daya tahan baterai smartphone adalah karena adanya fitur doze mode.

Doze mode ini mulai muncul pada sistem operasi Android Marshmallow. Dengan adanya fitur doze mode ini, smartphone akan mematikan akses jaringan ketika smartphone dalam kondisi idle.

Sekilas memang fitur ini bisa memberikan banyak sekali manfaat, terutama dalam hal menghemat daya baterai. Namun sayangnya, dalam perjalanannya, fitur doze mode ini justru membuat banyak pengguna terlambat memberikan respon pada hal-hal penting yang dikirimkan melalui smartphonenya.

Kebanyakan pengguna terlambat membalas ataupun membaca email penting hanya karena fitur doze mode ini sudah aktif secara default.

Jika anda cukup sering menggunakan email dan aplikasi lain untuk berkomunikasi, ada baiknya matikan fitur doze mode ini dari smartphone Android anda.

Cara untuk mematikan fitur doze mode ini adalah dengan masuk kedalam menu setting. Setelah itu, masuk kedalam menu battery. Kemudian, masuk kedalam menu battery optimization dan matikan fitur doze mode.

Meskipun baterai smartphone jadi sedikit lebih boros, namun setelah anda mematikan fitur doze mode, anda bisa menerima email maupun notifikasi apapun meskipun smartphone dalam kondisi idle.

  1. Notifikasi di lock screen

Menu setting selanjutnya yang juga tidak kalah pentingnya untuk diubah ketika anda baru saja membeli smartphone Android baru adalah notifikasi di lock screen.

Fitur notifikasi di lock screen smartphone Android itu memang membuat pengguna jadi makin mudah melihat notifikasi apapun. Namun sayangnya, hal tersebut juga membuat siapapun bisa dengan mudah membaca notifikasi di dalam smartphone Android anda.

Oleh sebab itu, ketika baru membeli smartphone, pastikan untuk mengubah menu setting notifikasi di lock screen. Ubah agar smartphone Android tidak menampilkan notifikasi yang penting.

Cara mengubah menu setting tersebut adalah dengan masuk kedalam pengaturan, setelah itu masuk kedalam menu notifikasi.

Dari dalam menu notifikasi, tekan icon gerigi yang ada di pojok kanan atas layar. Setelah itu, pilih menu on the lock screen. Setelah itu, pilih hide sensitive notification content.

Dengan mengubah 3 menu setting default di smartphone Android tersebut, anda tidak hanya bisa meningkatkan privasi di dalam smartphone, namun andapun bisa menggunakan smartphone Android dengan lebih maksimal lagi.