IOS 13.1 Resmi Diluncurkan, Ini Beberapa Fitur Barunya

24 views

Setelah mulai banyak digunakan selama beberapa bulan, akhirnya IOS 13 mendapatkan pembaruan ke versi 13.1. Menurut kabarnya, pembaruan sistem operasi milik Apple tersebut dilakukan untuk mengatasi beberapa bug serta penambahan beberapa fitur.

Lalu apa saja fitur-fitur yang dibawa pada pembaruan IOS versi 13.1 tersebut? Baca lebih lanjut macam-macam fitur baru yang bisa anda nikmati dari IOS 13.1 di dalam artikel ini.

7 Macam Fitur Baru yang Hadir di IOS 13.1

Seperti yang sudah disebutkan IOS 13.1 memang tidak hanya membawa solusi pada beberapa bug yang muncul di IOS 13. Selain mengatasi beberapa macam bug, IOS 13.1 juga memberikan cukup banyak fitur baru.

Berikut ini adalah beberapa contoh fitur baru yang bisa anda nikmati setelah perangkat anda sudah menggunakan IOS 13.1:

  1. Membagikan ETA (estimated Time of Arrival)

Ketika anda bepergian, anda bisa membagikan ETA kepada teman ataupun keluarga anda yang juga menggunakan perangkat Apple.

Apa manfaatnya membagikan ETA tersebut? Dengan bisa membagikan ETA dari perangkat anda yang terhubung dengan GPS, maka anda bisa dengan mudah memberikan informasi kepada orang lain yang sedang menunggu anda mengenai dimana lokasi anda saat ini secara real time.

Dengan begitu, mereka yang sedang menantikan kehadiran andapun tidak akan merasa was-was. Pasalnya, mereka bisa dengan mudah mengetahui dimana anda saat ini berada.

  1. Wallpaper dinamis kembali muncul

Ketika resmi diluncurkan, IOS 13 memang tidak dibekali dengan wallpaper dinamis yang ada pada versi IOS 13 beta.

Namun hal tersebut kembali muncul pada pembaruan IOS 13.1. Menariknya, wallpaper dinamis yang ada di IOS 13.1 memiliki bentuk yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain tampil lebih dalam background layar yang lebih gelap, pilihan gelembung warna di wallpaper dinamis versi IOS 13.1 juga jauh lebih banyak dari versi betanya.

  1. Fitur konfirmasi saat menghapus data di Apple Maps

Ada banyak sekali pembaruan yang disukai pengguna di IOS 13.1. Salah satu pembaruan yang disukai tersebut adalah fitur konfirmasi saat menghapus data di dalam Apple Maps.

Dengan adanya konfirmasi saat menghapus data di Apple Maps, pengguna bisa meminimalisir ketidaksengajaan dalam menghapus fitur koleksi yang disimpan di dalam Apple Maps.

  1. Munculnya penanda untuk aplikasi dalam versi beta

Fitur lain yang juga ditambahkan dalam IOS 13.1 adalah adanya penanda untuk aplikasi yang masih dalam versi beta.

Setelah anda mengunduh dan memasang pembaruan IOS 13.1, secara otomatis anda akan melihat adanya lingkaran kecil berwarna kuning di dekat icon aplikasi.

Jika di dekat icon aplikasi yang anda pasang terdapat lingkaran berwarna kuning, maka itu artinya aplikasi tersebut masih dalam versi beta. Sedangkan jika di dekat icon aplikasi terdapat lingkaran berwarna biru, maka itu artinya aplikasi tersebut sudah bukan dalam versi beta lagi.

  1. Ikon volume yang jauh lebih detail lagi

Pada IOS 13, anda akan melihat ikon speaker saja ketika menaikkan ataupun menurunkan volume perangkat.

Namun setelah perangkat mendapatkan pembaruan IOS 13.1, ikon volume yang ditampilkan akan disesuaikan dengan jenis indikatornya sendiri.

Ada 3 macam indikator volume di IOS 13.1 yaitu indikator volume AirPods, PowerBeats, dan juga HomePod.

  1. Proses mengunduh font yang lebih praktis

Setelah perangkat anda mendapatkan pembaruan IOS 13.1, maka setiap kali perangkat tidak bisa menampilkan font tertentu, secara otomatis perangkat akan memberikan link App Store untuk mengunduh file font tersebut.

Dengan begitu, anda bisa lebih mudah serta lebih aman dalam mengunduh font yang dibutuhkan di dalam perangkat anda.

  1. Dukungan penggunaan gamepad wireless Xbox One dan PS4

Pembaruan terakhir pada IOS 13.1 adalah adanya dukungan pada penggunaan gamepad wireless dari Xbox One dan PS4.

Ketika dihubungkan melalui wireless, perangkat yang menggunakan IOS 13.1 akan menampilkan icon gamepad di bagian notifikasi bar. Selain itu, fungsi gamepad wireless Xbox One dan PS4 benar-benar bisa digunakan secara maksimal ketika dihubungkan dengan perangkat yang menggunakan IOS 13.1.

Jadi bagaimana? Apakah anda masih enggan untuk memperbarui versi IOS yang saat ini digunakan di perangkat anda setelah melihat banyaknya pembaruan di IOS 13.1 tersebut?

Tags: #Apple IOS 13.1