IPhone Garansi Distributor dan Resmi, Apa Bedanya?

51 views

IPhone garansi distributor memang jauh lebih disukai di Indonesia jika dibandingkan dengan yang garansi resmi. Hal tersebut disebabkan karena harga jual dari IPhone dengan garansi distributor dan garansi resmi itu terpaut cukup banyak.

Karena harganya jauh lebih murah, maka tidak heran jika banyak orang di Indonesia lebih memilih membeli IPhone garansi distributor.

Namun ketika ditanya, ternyata hanya ada sedikit orang yang paham mengenai apa bedanya antara IPhone yang garansinya resmi dan garansi distributor tersebut. Mayoritas pembeli hanya tahu bahwa garansi distributor itu jauh lebih murah.

Lalu sebenarnya apa yang membedakan antara IPhone yang garansi resmi dengan yang garansi distributor itu? Bagi anda yang mau tahu apa bedanya, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Macam-Macam Hal yang Membedakan IPhone Garansi Distributor Dengan Garansi Resmi

Seperti yang sudah dibahas secara singkat, memang ada 2 macam jenis IPhone yang dijual di Indonesia. Ada IPhone garansi distributor dan ada juga yang dijual dengan garansi resmi.

Meskipun tampaknya serupa, ternyata kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Berikut ini adalah perbedaan antara garansi distributor dan garansi resmi pada produk IPhone di Indonesia:

  • Legal tidaknya produk IPhone

Perbedaan pertama antara IPhone yang dijual dengan garansi resmi dan garansi distributor adalah pada bagian legal tidaknya produk tersebut.

Yang dimaksud dengan legal disini adalah terkait dari perijinan masuknya produk IPhone tersebut kedalam pasar Indonesia.

Pada IPhone yang dijual dengan garansi resmi, sudah dapat dipastikan bahwa IPhone tersebut adalah produk legal. Kenapa? Karena produk tersebut sudah tercatat di bea cukai Indonesia.

Sedangkan IPhone yang dijual dengan garansi distributor masih diragukan legalitasnya. Kenapa? Karena garansi distributor hanyalah garansi perorangan saja, bukan garansi dari pusat.

  • Dari harga IPhonenya

Selain dari segi legalitasnya, perbedaan antara IPhone garansi distributor dengan garansi resmi bisa dilihat cukup nyata pada harganya.

Jika anda lihat, harga jual IPhone yang lengkap dengan garansi resmi pasti jauh diatas harga jual IPhone dengan garansi distributor saja.

Kenapa? Hal tersebut kembali lagi pada perbedaan pertama dari IPhone garansi resmi dengan yang garansi distributor.

IPhone yang dijual dengan garansi distributor kemungkinan besar adalah produk illegal yang tidak membayar bea masuk seperti halnya IPhone dengan garansi resmi.

Oleh sebab itu, tidak heran jika penjualnya bisa menawarkan produknya dengan harga yang begitu murah.

  • Cakupan garansi yang konsumen dapatkan

Karena berbeda dari segi harga, sudah dapat dipastikan IPhone garansi distributor dan garansi resmi juga berbeda dari cakupan garansi yang didapatkan oleh konsumennya.

Jika anda membeli IPhone dengan garansi resmi, anda dipastikan akan mendapatkan garansi lengkap mulai dari hardware sampai dengan software. Anda bahkan mendapatkan garansi replace produk jika memang terdapat cacat produksi dalam jangka waktu tertentu.

Tak hanya itu saja, andapun bisa mendapatkan garansi servis hingga beberapa tahun setelah anda membeli sebuah IPhone dengan garansi resmi.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak mungkin anda dapatkan ketika anda memilih membeli IPhone dengan garansi distributor. Cakupan garansi yang anda dapatkan kemungkinan besar hanya sekedar replace produk dalam kurun waktu 1 minggu sampai 1 bulan saja. Setelah itu, andalah yang harus menanggung sendiri jika terjadi kerusakan pada IPhone yang anda beli.

  • Proses klaim garansi

Perbedaan lain yang bisa anda rasakan ketika membeli IPhone garansi distributor dengan yang garansi resmi adalah pada saat proses klaim garansinya.

Jika anda membeli IPhone dengan garansi resmi, anda tidak akan kesulitan ketika mau klaim garansi. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari toko yang ditunjuk sebagai penjual produk Apple resmi di kota anda maupun di seluruh dunia.

Namun bagaimana dengan IPhone yang dijual dengan garansi distributor? Jika yang anda beli adalah IPhone dengan garansi distributor, sudah dapat dipastikan anda akan kesulitan jika mau klaim garansinya.

Kenapa? Karena anda hanya bisa klaim garansi pada toko dimana anda membeli IPhone tersebut saja. Jadi jika toko dimana anda membeli IPhone tersebut tutup, maka anda sudah tidak bisa meminta klaim garansi kepada siapapun lagi.

  • Lamanya proses garansi

Perbedaan selanjutnya antara IPhone yang dibeli dengan garansi distributor dan yang garansi resmi adalah pada lamanya ketika anda mengajukan garansi.

Jika anda membeli IPhone dengan garansi resmi, sudah dapat dipastikan proses klaim garansinya tidak akan lama. Kenapa? Karena alur proses klaim sudah jelas. Jika IPhone yang anda miliki hanya mengalami kerusakan ringan, perangkat anda paling jauh akan diatasi oleh teknisi resmi di Indonesia saja.

Namun jika perangkat anda butuh penanganan khusus atau mungkin cacat produksi, maka perangkat anda akan dikirimkan ke pusat.

Hal tersebut tidak akan bisa terjadi pada IPhone dengan garansi distributor. IPhone dengan garansi distributor hanya punya satu alur klaim garansi yaitu dipercayakan ke tukang servis biasa.

Tips Jika Anda Terpaksa Harus Membeli IPhone Garansi Distributor

Lalu apakah sebaiknya anda harus membeli IPhone dengan garansi resmi saja? Jika ditanya, memang anda disarankan untuk membeli IPhone dengan garansi resmi saja.

Namun sayangnya, banyak orang mengeluhkan mengenai harga IPhone garansi resmi yang begitu mahal. Oleh sebab itu, Iphone dengan garansi distributorpun tak jadi masalah.

Hanya saja, jangan asal membeli IPhone garansi distributor. Anda juga tetap harus pilih-pilih jika mau membeli IPhone yang hanya dengan garansi distributor saja.

Bagi anda yang memang mau membeli IPhone dengan garansi distributor, anda bisa mengikuti tips berikut ini untuk mengurangi tingkat kerugian:

  1. Cek keaslian IPhone yang mau anda beli

Karena hanya mendapatkan garansi distributor saja, jangan langsung percaya bahwa IPhone yang mau anda beli adalah IPhone asli.

Sebelum bersalaman sebagai tanda jadi, lebih baik cek terlebih dahulu keaslian IPhone yang mau anda beli, terutama jika IPhone yang mau anda beli kondisinya adalah bekas.

Seperti yang sudah disebutkan, jika anda membeli IPhone dengan garansi resmi, anda tidak perlu ragu dengan keaslian IPhone tersebut.

Namun jika yang anda dapatkan hanya garansi distributor, masih ada kemungkinan yang anda beli bukanlah IPhone asli.

  1. Cek kredibilitas distributor

Karena nyawa IPhone dengan garansi distributor itu sepenuhnya terletak pada distributornya, maka sudah pasti anda harus cek terlebih dahulu kredibilitas distributornya.

Pastikan bahwa selama ini distributor penjual IPhone tersebut tidak pernah bermasalah dengan konsumennya. Jika perlu, minta referensi toko atau distributor dimana teman anda sudah pernah membeli IPhone dengan garansi distributor sebelumnya.

  1. Tanyakan cakupan garansinya

Hal terakhir yang perlu anda pastikan sebelum memutuskan untuk membeli IPhone garansi distributor adalah seberapa besar cakupan garansi yang bisa diberikan oleh distributor atau penjual tersebut kepada anda.

Daripada ribut di belakang, lebih baik pastikan terlebih dahulu mengenai apa saja yang bisa dicover oleh distributor jika terjadi kerusakan pada IPhone yang anda beli.

Memang benar sebisa mungkin anda disarankan untuk membeli IPhone dengan garansi resmi. Namun jika memang uang anda terbatas dan ingin mencicipi performa maksimal dari produk Apple di genggaman tangan, membeli IPhone garansi distributor masih bisa ditoleransi asalkan anda lebih teliti sebelum membeli.

Tags: #IPhone Garansi Distributor #IPhone Garansi Resmi