IPhone Rekondisi dan Refurbish, Serupa Tapi Tak Sama

89 views

IPhone rekondisi dan refurbish itu memang seringkali dianggap serupa oleh orang-orang yang mau membeli IPhone kondisi bekas. Namun ternyata, IPhone yang disebut rekondisi dan refurbish itu tidak sama.

Oleh sebab itu, tidak heran jika terkadang harga jual IPhone refurbish dan rekondisi itu juga berbeda. Kebanyakan orang yang tidak tahu mengenai hal tersebut biasanya langsung menyalahkan penjualnya dan menganggapnya mengambil keuntungan terlalu besar. Padahal, memang keduanya tidak sama.

Lalu sebenarnya apa perbedaan IPhone rekondisi dengan refurbish itu? Bagaimana juga caranya membedakan mana IPhone yang statusnya rekondisi dan mana yang refurbish?

Jika anda mau tahu lebih lengkap mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa yang Jadi Pembeda Antara IPhone Rekondisi Dengan IPhone Refurbish?

Sekilas memang IPhone rekondisi dan IPhone refurbish itu tampak sama. Intinya, memang 2 jenis IPhone tersebut adalah IPhone yang awalnya rusak atau cacat kemudian diperbaiki dan dijual kembali.

Lalu apa yang membedakan antara rekondisi dan refurbish? Apakah yang membedakan hanyalah penggunaan istilah kerennya saja?

Ternyata, memang rekondisi dan refurbish itu berbeda jauh. Hal yang membedakan antara status rekondisi dan refurbish adalah pada siapa yang mengerjakannya.

Jika berbicara mengenai IPhone rekondisi, IPhone tersebut awalnya sama-sama dalam kondisi rusak atau tidak bisa berfungsi optimal. IPhone tersebut lalu diperbaiki dan dijual kembali.

Namun pada IPhone dengan status rekondisi, yang melakukan perbaikan adalah teknisi tidak resmi, atau bisa dikatakan bukan teknisi Apple. Sedangkan IPhone refurbish adalah IPhone cacat produksi atau rusak yang diperbaiki oleh teknisi resmi dari Apple.

Karena diperbaiki secara langsung oleh teknisi resmi dari Apple, jelas IPhone refurbish punya lebih banyak kelebihan jika dibandingkan dengan IPhone rekondisi.

Macam-Macam Kelebihan IPhone Refurbish Dibandingkan Dengan IPhone Rekondisi

Karena yang memperbaiki dianggap lebih “ahli”, jelas IPhone refurbish itu punya beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan IPhone rekondisi.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan IPhone dengan status refurbish dibandingkan dengan rekondisi:

  • Diperbaiki sesuai dengan SOP perusahaan Apple

Karena yang menangani adalah teknisi resmi, sudah dapat dipastikan IPhone refurbish ditangani sesuai dengan SOP dari perusahaan Apple.

Berbeda halnya dengan IPhone jenis rekondisi yang ditangani oleh orang-orang yang tidak dilatih langsung di perusahaan Apple.

  • Spare part yang digunakan dijamin keasliannya

Karena ditangani sesuai dengan SOP, maka sudah dapat dipastikan semua komponen yang ada di IPhone refurbish adalah komponen original atau asli seperti yang digunakan di semua IPhone seri yang sama.

Sedangkan pada IPhone dengan status rekondisi, belum ada jaminan bahwa komponen yang digunakan untuk memperbaiki adalah komponen original. Pasalnya, mayoritas teknisi lebih memilih menggunakan komponen hasil kanibalan dari perangkat sama yang sudah rusak.

Meskipun termasuk original, komponen hasil kanibalan sebenarnya punya dampak negatif karena kondisinya sudah tidak 100% lagi.

  • Digaransi langsung dari Apple

Karena dikerjakan oleh teknisi Apple, sudah dapat dipastikan bahwa semua IPhone refurbish juga akan mendapatkan garansi yang sama seperti halnya IPhone lain yang resmi dijual oleh Apple.

Jadi meskipun membeli IPhone refurbish, konsumen tidak perlu khawatir karena konsumen mendapatkan cakupan garansi yang sama besarnya seperti mereka yang membeli IPhone dengan kondisi normal.

Berbeda halnya dengan IPhone rekondisi. Anda yang membeli IPhone dengan status rekondisi harus cukup puas mendapatkan garansi penggunaan beberapa hari dari teknisinya atau penjualnya saja.

Jika setelah masa garansi tersebut IPhone yang anda beli rusak lagi, ya mau tidak mau anda harus keluar dana sendiri untuk memperbaikinya di tukang servis.

Cara Membedakan IPhone Rekondisi Dengan yang Refurbish

Ok, sekarang anda tentu sudah paham betul bukan bahwa IPhone rekondisi itu tidak sama dengan refurbish? Jika bicara mengenai kasta, IPhone refurbish itu kastnya masih lebih tinggi daripada yang rekondisi.

Oleh sebab itu, banyak sekali penjual nakal yang tidak mau menggunakan istilah rekondisi lagi ketika mereka menjual IPhone bekas. Banyak penjual yang lebih sering menggunakan istilah refurbish.

Padahal, IPhone bekas yang dijual sebenarnya adalah rekondisi karena hanya diperbaiki sendiri atau paling banter diperbaiki oleh teknisi yang cukup kondang di satu daerah.

Jika sudah seperti itu, bagaimana caranya agar anda yang mau membeli IPhone bekas bisa membedakan mana IPhone rekondisi dan mana yang refurbish?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membedakan mana IPhone yang statusnya adalah rekondisi dan mana yang refurbish:

  1. Cek apakah garansinya sudah terdaftar atau belum

Masih ingat bukan jika IPhone refurbish itu adalah IPhone cacat produksi atau rusak yang diperbaiki oleh Apple sendiri?

Karena diperbaiki dan dipasarkan kembali oleh Apple, maka sudah dapat dipastikan garansi IPhone refurbish sekalipun pasti belum terdaftar.

Kenapa? Karena secara legalnya, IPhone refurbish belum pernah dijual kepada konsumen atau sudah pernah dijual namun dikembalikan pada Apple karena ditemukan adanya cacat produksi.

Karena dikembalikan dan diservis sendiri oleh Apple, masa garansi IPhone refurbish pasti belum terdaftar jika anda cek dari https://checkcoverage.apple.com/id/in/.

  1. Dari kode nomor model

Jika kondisinya adalah refurbish namun bekas, memang cara pertama tidak bisa anda gunakan. Pasalnya, IPhone tersebut sudah didaftarkan oleh pembeli pertamanya.

Namun demikian, anda tetap bisa membedakan apakah IPhone tersebut termasuk IPhone rekondisi atau refurbish dengan sangat mudah.

Caranya adalah dengan melihat kode nomor modelnya. Jika IPhone adalah hasil refurbish, maka di nomor model akan tertulis huruf F.

Lalu bagaimana caranya melihat nomor model IPhone? Caranya adalah dengan membuka pengaturan atau settings, kemudian pilih umum atau general, dan selanjutnya pilih about atau tentang ponsel.

  1. Cek dari kemasannya

Selain cek langsung pada IPhone, anda juga bisa memastikan apakah sebuah IPhone itu termasuk rekondisi atau refurbish dengan melihat kemasannya.

Apple benar-benar memperhatikan hal ini sehingga membedakan kemasan dari IPhone yang statusnya sudah refurbish.

Pada IPhone refurbish, kemasan yang digunakan berwarna putih polos dengan tulisan IPhone diikuti dengan serinya. Selain itu, di bagian bawah tertulis informasi “Apple Certified Pre-Owned”.

Hal tersebut memberikan informasi secara tersirat kepada konsumen yang mau membeli IPhone bahwa sebelumnya IPhone tersebut sudah pernah dijual kepada konsumen lain.

Pada umumnya, IPhone refurbish dengan kemasan seperti itu adalah produk-produk IPhone yang mengalami cacat produksi.

  1. Cek dari fisik IPhonenya

Cara terakhir yang bisa juga anda gunakan untuk membedakan mana IPhone rekondisi dan mana yang refurbish adalah dengan memperhatikan dari kondisi fisiknya.

Karena ditangani langsung oleh teknisi resmi Apple, sudah dapat dipastikan IPhone refurbish tidak akan memiliki cacat fisik sama sekali.

Namun pada IPhone yang rekondisi, kemungkinan besar anda bisa saja menemukan adanya cacat fisik karena keteledoran teknisinya.

Pada umumnya, ciri fisik IPhone yang rekondisi bisa anda cek secara langsung pada bagian layar maupun pada bagian bodi. Pasalnya, pada bagian-bagian tersebut terdapat lem yang berbentuk seperti seal.

Jika ditangani oleh teknisi resmi, seal tersebut akan diganti dengan yang original sehingga IPhone tetap presisi seperti semula. Sedangkan pada IPhone rekondisi, kemungkinan besar bagian tersebut kurang presisi.

Sekarang anda sudah paham bukan bahwa sebenarnya IPhone refurbish itu sangatlah berbeda kastanya dengan IPhone rekondisi? Oleh sebab itu, Jika anda memang mau membeli IPhone bekas, usahakan untuk membeli yang refurbish.

Tags: #iPhone Refurbish #iphone Rekondisi