Jailbreak iPhone, Apa Kelebihan dan Risikonya?

36 views

Jailbreak IPhone merupakan satu topik yang cukup sering dibahas oleh pengguna IPhone. Ada yang pro dengan tindakan tersebut, namun tidak sedikit yang justru kontra dengan tindakan tersebut. Bagi anda yang baru saja merasakan ekosistem yang diciptakan oleh Apple, khususnya pada perangkat IPhone, mungkin saja anda masih bingung mengenai apa itu Jailbreak IPhone.

Mau tahu lebih banyak mengenai apa saja sebenarnya kegunaan atau tujuan dari melakukan jailbreak pada perangkat IPhone tersebut? Mau tahu juga apa saja risiko yang harus siap anda tanggung jika melakukan jailbreak tersebut? Jika anda mau tahu lebih banyak mengenai apa yang dimaksud dengan jailbreak pada perangkat IPhone, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Jailbreak IPhone Itu?

Banyak orang, terutama pengguna baru dari perangkat IPhone itu menganggap bahwa jailbreak adalah satu proses yang dilakukan agar pengguna bisa memakai berbagai macam aplikasi berbayar di App Store secara gratis.

Sayangnya, Jailbreak IPhone sebenarnya bukan ditujukan untuk hal tersebut. Yang dimaksud dengan jailbreak pada perangkat IPhone itu adalah membobol IOS agar anda bisa menggunakannya sesuka anda.

Perlu anda ketahui, IOS memang dibuat dengan batasan-batasan tertentu yang “katanya” dilakukan untuk menjaga keamanan penggunanya. Namun hal tersebut justru membuat beberapa pengguna IPhone merasa dibatasi.

Oleh sebab itu, muncullah proses yang disebut dengan jailbreak pada perangkat IPhone tersebut.

Apa Kelebihan Melakukan Jailbreak IPhone?

Ok, anda sudah cukup paham bukan dengan yang dimaksud dengan Jailbreak IPhone? Tentunya sebagian besar dari anda juga ingin tau bukan mengenai apa saja kelebihan menggunakan IPhone yang sudah selesai di-jailbreak.

Memang benar, ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda rasakan ketika menggunakan IPhone yang sudah melewati proses jailbreak tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Memiliki kontrol sepenuhnya pada perangkat IPhone anda

Sebelum melakukan jailbreak, anda memang sudah bisa menggunakan IPhone untuk melakukan beberapa hal. Namun sayangnya, anda sebenarnya tidak sedang memiliki IPhone tersebut.

Kenapa? Karena meskipun sudah anda beli, anda sama sekali tidak memiliki kontrol 100% pada IPhone tersebut. Anda tidak bisa melakukan apapun yang anda mau dengan menggunakan IPhone tersebut.

Setelah melakukan proses jailbreak, anda dipastikan bisa memiliki kontrol sepenuhnya pada perangkat IPhone yang anda miliki.

Salah satu contoh memiliki kontrol sepenuhnya pada IPhone yang anda miliki adalah seperti bisa eksplorasi file-file apa saja yang tersimpan di dalam memori internal IPhone anda. Bahkan andapun bisa dengan mudah melakukan eksplorasi pada file-file didalam iDevice anda.

  • Bisa memasang berbagai macam jenis aplikasi diluar App Store

Sebelum melakukan Jailbreak IPhone, anda sudah dapat dipastikan tidak akan bisa memasang aplikasi apapun diluar App Store.

Jadi bisa dikatakan IPhone yang anda beli hanya bisa memasang aplikasi yang ada di App Store saja. Padahal, ada banyak sekali aplikasi yang fungsinya lebih baik diluar App Store.

Hanya saja karena developer aplikasinya tidak bisa “menembus” App Store, hal tersebut membuat anda tidak bisa menggunakan aplikasinya yang sebenarnya justru punya fitur lebih baik.

Masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan jailbreak pada IPhone anda. Setelah berhasil melewati proses jailbreak, IPhone anda sudah bisa menerima aplikasi dari luar App Store.

  • Menghubungkan IPhone lebih mudah dengan perangkat diluar ekosistem Apple

Selain bisa memasang aplikasi dari luar App Store, proses jailbreak pada IPhone juga membuat anda lebih mudah menghubungkannya dengan perangkat lain yang berada di luar ekosistem Apple.

Seperti yang anda ketahui, Apple memang begitu membatasi perangkatnya untuk terhubung dengan perangkat lain. Alasan utamanya jelas adalah karena alasan keamanan.

Namun sayangnya, tidak semua orang suka dan membutuhkan pengamanan sedetail itu. Bahkan mulai banyak pengguna IPhone yang merasakan seperti sedang terisolasi ketika menggunakan IPhone.

Pasalnya terkadang untuk menghubungkan IPhone dengan perangkat lain lewat teknologi Bluetooth itu saja cukup sulit untuk dilakukan.

Namun semua itu hilang setelah anda melakukan Jailbreak IPhone. IPhone yang anda miliki bisa lebih mudah terhubung dengan perangkat lain diluar ekosistem Apple.

  • Melakukan personalisasi tampilan pada IPhone anda

Selain karena bisa memberikan kebebasan sepenuhnya, Jailbreak IPhone juga membuat anda bisa melakukan personalisasi pada tampilan IPhone yang anda miliki.

Jadi setelah selesai melakukan proses jailbreak, anda bisa mengubah tampilan IPhone anda dari segi apapun.

Anda bisa mengubah tampilan icon aplikasi di IPhone anda, anda bisa mengubah tema yang digunakan di IPhone anda, anda bisa mengubah font di IPhone anda, dan masih banyak lagi.

Jadi secara hematnya, setelah selesai di-jailbreak, IPhone anda tidak akan terlihat seperti barang pasaran lagi. Pasalnya, anda bisa melakukan personalisasi dengan lebih detail lagi pada tampilan IPhone anda.

Secara garis besar, memang proses Jailbreak IPhone itu bisa memberikan segudang kelebihan bagi pengguna. Namun karena hal tersebut tidak resmi, tentunya ada risiko yang harus siap ditanggung oleh siapapun yang melakukan jailbreak pada IPhone yang dimilikinya.

Macam-Macam Risiko Melakukan Jailbreak Pada IPhone

Seperti yang sudah dijelaskan, setelah melakukan jailbreak, memang IPhone anda bisa digunakan dengan lebih bebas lagi.

Namun dengan kebebasan tersebut, anda juga harus siap dengan beberapa risiko melakukan Jailbreak IPhone. Berikut ini adalah beberapa risikonya:

  1. Garansi resmi dari Apple hilang setelah anda melakukan jailbreak

Risiko pertama yang langsung anda terima ketika sukses melakukan jailbreak pada IPhone yang anda miliki adalah garansi resmi dari Apple akan hangus.

Jadi jika sewaktu-waktu setelah melakukan jailbreak itu ternyata IPhone anda mengalami masalah pada bagian hardware, maka anda tidak bisa meminta garansi pada Apple. Pasalnya, melakukan jailbreak sudah menyalahi aturan yang diberlakukan oleh Apple.

  1. Performa IPhone berpotensi tidak stabil

Ketika melakukan jailbreak pada IPhone, anda memang bisa mendapatkan kebebasan 100% untuk mengotak-atik sistem IPhone.

Hal tersebut sebenarnya tidak hanya menguntungkan namun juga bisa merugikan. Salah satu contoh kerugiannya adalah performa IPhone anda bisa saja tidak stabil.

Kenapa? Karena anda salah melakukan tweak pada IPhone setelah selesai menjalankan proses jailbreak. Jadi bisa saja IPhone yang awalnya lancar tiba-tiba jadi terasa lemot setelah di-jailbreak.

  1. Ada banyak virus dan malware yang siap menyerang perangkat IPhone anda

Karena proses jailbreak itu membuka proteksi atau sistem keamanan yang dimiliki oleh Apple, maka risiko berikutnya yang juga harus siap anda tanggung jika melakukan Jailbreak IPhone adalah ada banyak virus dan malware yang bisa menyerang IPhone anda.

Jika sudah terserang virus dan juga malware, sudah dapat dipastikan IPhone yang anda miliki tidak akan senyaman dulu lagi ketika digunakan.

  1. Tidak bisa lagi menikmati semua fitur di ekosistem Apple

Risiko terakhir yang harus siap anda tanggung jika melakukan jailbreak pada IPhone yang anda miliki adalah anda sudah tidak mungkin bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalam ekosistem Apple lagi.

Pasalnya, anda sudah dianggap keluar dari ekosistem yang sudah dibuat oleh Apple ketika melakukan jailbreak pada IPhone anda.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah menurut anda Jailbreak IPhone itu masih jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan risikonya? Ataukah anda justru beranggapan bahwa melakukan jailbreak pada IPhone itu sangat merugikan anda sendiri sebagai pemilik perangkat dari Apple?

Tags: #Jailbreak iPhone