Jangan Asal Pasang Custom ROM Android di Smartphone, Awas Ini Resikonya!

171 views

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android memang jauh lebih popular di zaman sekarang. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan lebih banyak vendor smartphone yang mengeluarkan produk dengan bawaan sistem operasi Android.

Salah satu alasan banyak orang yang menyukai smartphone dengan sistem android adalah karena OS Android itu lebih mudah digunakan dan bahkan dimodifikasi. Berbicara mengenai modifikasi pada OS Android, makin banyak orang yang penasaran ingin mencoba memasang custom ROM Android di smartphonenya.

Sekilas memang custom ROM Android itu tampak dapat memberikan banyak sekali keuntungan jika dibandingkan dengan sistem operasi Android bawaan dari vendor smartphone. Namun jika diperhatikan lebih detail lagi, sebenarnya tidak sedikit pula risiko yang harus anda tanggung jika memasang custom ROM Android di smartphone.

Apakah anda belum mengetahui apa saja risiko memasang custom ROM Android di smartphone? Jika anda belum mengetahui risikonya, anda bisa pelajari lebih lanjut di artikel ini.

4 Macam Risiko Memasang Custom ROM Android di Smartphone

Ya, memang custom ROM Android itu ada yang jauh lebih baik dari sistem operasi Android bawaan dari vendor smartphone. Namun karena dibuat oleh pihak ketiga, jelas tidak sedikit pula custom ROM Android yang dapat menyebabkan banyak masalah ketika dipasang di smartphone tertentu.

Bagi anda yang berencana untuk mengganti OS Android di smartphone dengan versi custom OS, ada baiknya anda baca terlebih dahulu beberapa risikonya berikut ini:

1. Ada kemungkinan beberapa tombol fungsi di smartphone tidak bisa digunakan lagi

Risiko pertama memasang custom ROM Android di sebuah smartphone adalah adanya kemungkinan beberapa tombol fungsi smartphone tidak bisa berfungsi lagi seperti semula.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena memang custom ROM Android tidak dibuat khusus untuk tipe smartphone yang anda gunakan.

Sistem operasi Android yang paling tepat untuk digunakan di smartphone anda jelas adalah OS Android bawaan dari vendor.

Jika memang anda ingin mencoba memasang custom ROM Android di smartphone, sebaiknya benar-benar cermati bagaimana kualitas dari OS Android custom tersebut. Cermati juga apakah memang OS Android custom tersebut cocok dengan tipe smartphone anda.

2. Ada kemungkinan mengalami masalah pada sistem Android karena bug

Karena custom ROM Android bukan dibuat secara langsung oleh vendor smartphone namun dibuat oleh pihak ketiga, jelas ada kemungkinan yang sangat besar OS Android custom memiliki bug.

Jika memang ternyata custom ROM Android yang anda gunakan masih memiliki bug, mau tidak mau anda harus mencari OS Android custom lain yang lebih baik.

Ya, memang anda bisa melaporkan bug pada pembuat custom ROM Android yang anda gunakan. Namun karena hanya dibuat oleh pihak ketiga, jangan terlalu berharap bug tersebut akan segera diatasi oleh pembuatnya.

3. Ada kemungkinan fitur khusus di smartphone anda tidak bisa digunakan

Jika melihat perkembangan smartphone Android di jaman sekarang, mayoritas vendor selalu menyematkan fitur khusus di setiap produknya.

Fitur-fitur khusus di smartphone tersebut biasanya memang hanya bisa berjalan jika menggunakan sistem operasi Android bawaan dari vendor.

Jika anda ingin menggunakan custom ROM Android di smartphone anda, secara otomatis anda kemungkinan juga harus merelakan kehilangan fitur-fitur khusus di smartphone anda tersebut.

4. Ada kemungkinan smartphone anda mengalami kerusakan dan tidak bisa digunakan lagi

Risiko terakhir yang paling menakutkan dari memasang custom ROM Android di smartphone adalah adanya kemungkinan smartphone justru tidak bisa digunakan sama sekali karena mengalami kerusakan pada bagian hardware.

Kenapa penggunaan custom ROM Android bisa merusak hardware smartphone? Hal tersebut bisa terjadi karena cukup banyak OS Android custom yang membuat hardware smartphone bekerja lebih berat dari sebelumnya.

Setelah melihat apa saja risiko menggunakan custom ROM Android pada smartphone anda, apakah anda masih ingin mencoba memasang OS Android custom di smartphone yang anda miliki?

Jika anda memang tetap ingin menggunakan OS Android custom, sebenarnya apa yang membuat anda rela kehilangan smartphone yang saat ini anda miliki dengan menggunakan custom ROM Android?

Tags: #Custom ROM Android